Khanjadi | Kuliner Medan atau tempat wisata kuliner di kota Medan terkenal umumnya didominasi oleh restoran restoran berciri khas sajian masakan Melayu atau Minang seperti hanya di kota kota besar di Sumatera. Namun belakangan sejalan dengan perkembangan kota berbagai macam tempat makan wisata kuliner di Medan semakin beragam. Khanjadi blog akan berbagi tempat kuliner Medan yang menjadi favorit para pelancong khususnya yang datang dari luar kota atau luar pulau bahkan dari luar negeri, simak selengkapnya :

1. Merdeka Walk


Merdeka Walk lokasinya di jantung Kota Medan yaitu di lapangan Merdeka. Tempat ini asyik buat nongkrong bareng sambil menikmati aneka sajian kuliner lezat di malam hari.

Merdeka Walk diresmikan pada 14 April 2005. Lokasi yang dulunya area parkir Lapangan Merdeka itu diubah menjadi lokasi wisata kuliner lengkap buat warga setempat maupun turis.

Tempat makan yang luas ini berada di bawah rindangnya pohon-pohon yang ditanam sejak zaman Belanda. Di dahan dan batang pohon juga dilekatkan lampu hias dengan beragam model, yang membuat suasana malam di sini semakin tampak meriah.
Areal Merdeka Walk mencapai 6.600 m2 dengan sekitar 700 kursi yang ditata dengan rapi. Tersedia puluhan outlet makanan, dari yang menjual masakan lokal hingga sajian luar negeri. Seperti pancake durian, soto medan, sop buntut, sate Padang, nasi lemak, nasi goreng, Pizza hut, tomyam hingga sushi.

2. Mie Aceh Titi Bobrok, Jl. Setia Budi No. 17 D, Sei Sikambing B




Mie Aceh, seperti namanya, kuliner malam ini berasal dari provinsi bergelar Serambi Mekah , Naggroe Aceh Darussalam. Namun Anda tak perlu jauh jauh berkunjung ke Aceh, jika hanya sekedar ingin menikmati cita rasa mie Aceh yang yang sangat khas karena racikan bumbu rempahnya. Rasanya lezat dan kaya rasa rempah. Mie Aceh adalah jenis makanan yang terbuat dari mie kuning yang dimasak pedas dengan campuran bisa daging ataupun kepiting. Rasa kuah rempahnya bersatu dengan daging kepitingnya, kuahnya itu yang paking banyak digemari. Begitu pula rasa pedas yang pas. Mie Aceh Titi Bobrok menjadi salah satu pilihan Anda diantara sekian banyak jajanan malam Mie Aceh yang dijajakan di sepanjang jalan Kota Medan.
Tak jauh dari Rumah Makan Sipirok, Mie Aceh Titi Bobrok masih berada di lokasi Sei Sekambing B namun berada di Jalan Setiabudi. Dinamakan Titi Bobrok karena letaknya didekat titi (jembatan) Bobrok, sehingga ketika Anda sudah sampai di Jl. Setiabudi cukup mencari lokasi titi / jembatan Bobrok.
Jika Anda menelusuri jalan Setiabudi baik yang berasal dari jalur Jalan Sunggal maupun dari Ring Road atau dari Jl. Dr. Mansur. Kalau Anda tidak bisa melihat posisi persisnya menggunakan Google Maps, Jika bertanya kepada siapapun yang berada di sekitaran Jl. Setiabudi pasti mengetahui lokasinyaSetiap hari Mie Bobrok buka dari pukul 11.00 - 21.00 WIB. Menu andalan Mie Bobrok adalah mie dengan campuran kepiting, bisa mie goreng atau mie kuah.
Rasa kuah yang gurih dan wangi kaya akan rempah membuat rasa nikmat mie semakin menggugah selera. Disajikan bersanding dengan irisan acar bawang, jeruk nipis, emping melinjo dan irisan mentimun , membuat sajian Mie Aceh Spesial tiada tanding. Bahkan bagi Anda yang tidak khawatir dengan kolesterol, Anda juga bisa menambahkan kepiting, cumi, udang ataupun daging.dengan kisaran harga Rp 40 ribu, namun jika hanya Mie Aceh biasa, cukup dengan hanya Rp 10 ribu - Rp17.500 per porsi.

Mie Aceh Titi Bobrok ini juga bisa Anda sesuaikan rasa pedasnya sesuai selera baik mi goreng, basah atau yang berkuah.Jika malam sudah mulai tiba, bersiap siap Anda untuk mengantri mendapat giliran dilayani. Selain bisa Anda nikmati ditempat, Mie Aceh Titi Bobrok juga bisa dibungkus untuk oleh oleh.

3. Rumah Makan Sipirok, Jl. Sunggal No. 14, Sei Sikambing B, Medan Sunggal



Bagi Anda pecinta kuliner khas Mandailing maupun Sipirok, ada satu spot di Kota medan yang tidak boleh Anda lewatkan, Rumah Makan Sipirok. Tempatnya cukup sederhana, namun jika Anda berkunjung pada jam jam saat makan, bersiap siap untuk ngantri, karena saking padatnya pengunjung. Tempat yang mudah terjangkau, di Jalan Raya Sunggal, No 14 Simpang Tj. Medan Sunggal, Kota Medan dan menu utama sup tulang sumsum sapi membuat Anda seakan berada di tempat aslinya, Sipirok.
Tempatnya sangat setrategis, Anda bisa jangkau dari mana saja, jika Anda berada di jalur utama Medan -Binjai (Jalan Gatot Subroto ) cukup cari prempatan Sei Sikambing dan telusuri jalan Sunggal. Jika Anda berasal dari jalur lingkar luar (ring road) Anda cukup melalui simpang sepanjang Jl. Setiabudi sampai mendapatkan Jalan sunggal. 
Didirikan pada 2002 oleh pasangan suami-istri Zulfikar dan Yusniar Nasution, rumah makan ini mengandalkan resep yang diwariskan oleh ibu Yusniar sehingga keaslian rasa setiap makanan dalam menunya terjaga. Kuah dengan bumbu rempah yang sangat khas bisa membuat lidah orang yang melahapnya bergoyang, di tambah lagi dengan dagingnya yang sangat empuk tentu akan membuat kita tidak kesulitan untuk mengunyahnya. Yusniar masih menyiapkan bahan-bahan makanannya sendiri, sementara pegawai-pegawainya hanya ditugaskan memotong bawang merah. Karena alasan ini juga, mereka enggan membuka cabang baru.

Rumah Makan Sipirok menjadi sajian populer karena selain cita rasa yang khas juga harganya yang terjangkau. Sup tulang sumsumnya dibandrol Rp50.000, sedangkan sup iga cukup dengan Rp25.000 per porsinya. Yang tak kalah murahnya adalah daging panggangnya dengan saus asam-pedas, hanya dengan harga Rp13.000 per porsi. Untuk penawar sajian kolesterol ini, Anda bisa pesan memesan jus mentimun segar seharga Rp10.000. Rumah Makan ini buka dari jam 10 pagi hingga jam 3 sore.

4. Rumah Makan Nasrul Sibolga, Jl. Sisingamangaraja XII No.86-86A, Medan Kota



Bagi Anda penggila kuliner serba ikan khas pesisir Barat Sumatera, Rumah Makan Nasrul Sibolga adalah daftar wisata kuliner Medan yang harus Anda coba. Menu terkenal Rumah Makan Nasrul Sibolga adalah panggang geleng, panggang pacak, gulai ikan sale, sambal teri, balado ikan sale, arsik, dan sayur daun ubi tumbuk. Rumah makan Sibolga membawa cita rasa santapan khas Mandailing Pesisir.
Gulai ikan sale juga terkenal di tempat ini. Ikan sale adalah belut sawah yang diproses dengan cara diasap. Dimasak dengan santan dan diberi tambahan terung telunjuk. Rasanya pun gurih, yang ditimbulkan dari ikan sale dan terung terasa sangant nikmat menjadi santapan dengan menu daun ubi tumbuk.

Harga yang ditawarkan cukup menguras kantong , minimal Rp 50.000 - Rp 100.000 untuk makan kenyang karena bahan yang disajikan serba ikan dengan harga mahal, oleh karena itu pelanggannya adalah kelas atas walaupun rumah makannya terlihat sederhana.

5. Restoran Terapung Desa Bagan Percut Ujung



Restoran Terapung terletak di Desa Bagan Percut Ujung, Kecamatan Percut Sei Tuan, Deli Serdang. Perjalanan ke lokasi restoran sekitar satu jam dari pusat Kota Medan. Ketika anda sampai di Desa bagan Ujung Percut, singgah ke Tempat Pelelangan Ikan untuk membelikan ikan segar untuk digoreng atau di panggang dilokasi.

Karena pengelola restoran hanya menyediakan jasa memasak ikan yang dibawa wisatawan. Di TPI banyak tersedia ikan segar dengan harga relatif murah, dan sebagian ikan masih dalam keadaan hidup. Di lokasi pelelangan ikan terdapat pangkalan boat nelayan yang akan anda sewa untuk melanjutkan perjalanan ke lokasi restoran, harga sewa boat Rp. 60.000 sekali perjalanan.

Restoran terapung siap melayani anda untuk menggoreng atau memanggang ikan yang anda bawa dari Tempat pelelangan Ikan, ikan yang di masak akan disajikan dengan nasi beserta sambal kecapnya, biaya perporsi Rp. 30.000. Restoran menyediakan jasa memasak ikan seperti di panggang, digoreng, gulai dan berbagai macam masakan lainnya.

6. Restoran  Tip Top Kesawan



Jika berkunjung ke Kota Medan, singgahlah ke restoran Tip Top di kawasan Kesawan, Jalan Ahmad Yani, Medan.Tip-Top merupakan restoran tua di kota Medan yang menjadi saksi bisu betapa cepat kota ini berkembang.Bernilai sejarah, restauran Tip-Top juga menjadi tempat berkumpulnya orang-orang yang ingin mengingat kenangan indah masa lalu.Restoran ini konsisten pada dekorasi tempat konsep lawas dan proses pemasakan menu makanan juga, yaitu dengan menggunakan tungku kayu bakar sejak tahun 1930-an. Menu utama restoran ini adalah es krim dengan cita rasa tempo dulu menggunakan resep nenek moyang.Dari tekstur, es krim di restoran Tip-top terlihat sama dengan es krim kebanyakan.Tapi tidak rasanya. Karena, begitu sentuhan es sampai di lidah, baru bisa dibedakan apa yang membuatnya berbeda.

7. Sate Padang Al-Fresco



Sate Padang yang satu ini juga jangan sampai terlewatkan. Anda bisa menikmatinya bersama taburan keripik singkong pedas. Campuran citarasa gurih, pedas, dan suara kriuk-kriuknya membuat  selera makan bertambah. Kedai Sate Padang Al-Fresco berlokasi di Jln. Perniagaan (Pajak Ikan) dan buka mulai pukul 19.00 WIB-22.00 WIB.

8. Sate Memeng




Sate Memeng berada di Jalan Irian Barat, No 2, Gang Buntu, Kota Medan. Terletak di pinggir jalan, warung makan ini selalu ramai dikunjungi. Layaknya sate, Sate Memeng punya beberapa pilihan daging. Mulai dari daging ayam, sapi, hati dan usus ada di sini. Pilihan sambal untuk menjadi teman makannya juga beragam. Ada sambal kacang, kecap dan padang.Harga satu porsi sate adalah Rp 20.000 denga isi 5 tusuk sate. Belum termasuk lontong atau nasi. Kedai ini mulai buka pukul 18.00-01.00 WIB. Kamu yang mau makan bersama keluarga bisa menjadikan kuliner ini sebagai pilihan saat mudik ke Medan.

9. Kuliner Pagaruyung 




Pusat Kuliner Pagaruyung ini tidak jauh dari hotel Cambridge, Masjid Ghaudiyah, Kuil Shri Mariamman dan Sun Plaza. Hanya 5 – 8 menit jika ditempuh dengan jalan kaki Apabila anda naik taksi atau becak mesin 99% supir dan pun pengemudi becak mesin pasti tahu tempat ini. Meski kini sudah banyak bermunculan pusat-pusat kuliner baru di kota Medan namun Pagaruyung masih cukup favorit karena keragaman dan kekhasan makanannya.

Kawasan yang luasnya kurang lebih 10 hektare ini juga kerap disebut dengan Kampung Keling atau Kampung Madras. Kenapa dinamakan kampung keling karena mayoritas penduduknya orang yang berasal dari India. Di daerah ini juga ada sekolah Khalsa yang merupakan sekolah berbahasa Inggris pertama di Medan.

Sepanjang Jl. Pagaruyung Medan merupakan surga wisata kuliner di Kota Medan dari dulu sampai sekarang. Segala jenis makanan dan minuman dijual disana, dari mulai sate, martabak, gado-gado, bandrek, jus dan segala macam mie seperti mie rebus dan lainnya.

Tapi yang membuat unik, di pagaruyung ini memiliki makanan khas tersendiri yaitu martabak telur ala india dan mie keling alias mie rebus ala Medan. Kedua makanan ini rasanya sulit anda temukan di tempat lain. Untuk harga makanan dan minuman di Pagaruyung ini bervariasi, tergantung apa yang dipesan.

10.Wajir Seafood



Jika anda mencari tempat makan seafood di Medan, maka Wajir lah tempatnya. Kuliner Wajir beralamatkan di Jl. Kolonel Sugiono No.3 Medan. Aneka makanan dijual di warung-warung tenda disini. Para penjual makanan mulai buka malam hari hingga tengah malam. Menu yang ditawarkan pun beragam, ada Nasi Gurih, Lontong, Opor, dan berbagai lauk semisal krupuk, emping, hingga sate jengkol.

Walaupun harga yang ditawarkan terbilang cukup murah, namun rasa makanan disini tidak kalah dengan masakan restoran. Ada sebuah rumah makan di kawasan Wajir yang terkenal dengan seafood-nya, dimana lagi kalau bukan Wajir Seafood. Wajir Seafood menawarkan masakan khusus seafood dengan service yang berkualitas serta tetap menjaga cita rasa dari menu seafood yang disediakan. Beberapa menu yang laris manis antara lain Cumi Telur Asin, Ikan Steam Tiociu, Udang Goreng Telur Asin, Kangkung Belacan Seafood, dan Belut Cabai Hijau. Diantara sekian banyak menu andalan Wajir Seafood, yang paling digemari para pelancong adalah Belut Cabai Hijau. Masakan ini menjadi top menu karena rasa belut segar, yang digoreng dan dibalur dengan telur, disiram dengan kuah cabai hijau segar, siapkan tisu untuk mengelap air liur anda saat membayangkannya! rasa pedas dari cabai hijaunya sangat meresap ke dalam daging belut.

Harga yang ditawarkan rata-rata Rp. 20.000 hingga Rp. 30.000 per menu. Cukup terjangkau untuk makanan berkelas seperti Belut Cabai Hijau. Wajir Seafood buka dari pukul 16.30 hingga pukul 23.00 WIB setiap harinya, khusus di hari Sabtu, buka mulai pukul 11.00 siang.

11. Gardenia Tropical Garden Resto Medan




Tempat wisata kuliner medan yang satu ini adalah sebuah tempat yang wajib untuk anda kunjungi jika anda sedang berada di Kota Medan, tempat yang bernama Gardenia Tropical Garden Resto ini adalah salah satu tempat makan populer di Kota Medan. Dengan berdiri di Jalan STMK Dalam No. 2A, Medan tentu sudah siap untuk menggoyang lidah pelanggannya dengan menu makanan yang di sajikan. Terlebih lagi apabila anda ingin suasana yang romantis, ini adalah tempat wisata kuliner medan yang di rekomendasikan.

Banyak sekali makanan yang bisa anda pesan di tempat makan bernama Gardenia Tropical Garden Resto ini seperti misalkan saja chicken wings, cheese potato skin, durian tempura dan yang lainnya. Selain makanannya yang enak tempat wisata kuliner medan ini juga mempunyai tempat yang sangat indah tentu di padu dengan dekorasi yang sangat menarik. Untuk harga yang di tawarkan dengan makanan enaknya, tempat wisata kuliner medan ini membadrol makanannya mulai dari Rp. 35.000 saja.

12. Kampung Kuliner Jl. Medan Banda Aceh




Anda yang lagi melancong dari Medan menuju Binjai menggunakan kereta api akan menemukan lokasi ini dengan mudah, terletak tak jauh dari stasiun kereta api, Kampung Kuliner sesuai dengan namanya menawarkan berbagai macam jajanan penghilang lapar tanpa perlu menguras dompet. Dengan nuansa kafe terbuka, teman-teman juga bisa mengadakan pesta ultah kecil dengan sahabat terdekat dengan dekorasi yg tak terlalu meriah sebab tempat ini sudah didesain untuk tempat nongkrong remaja Binjai. Dimalam hari, lampu-lampu sekitaran lokasi akan menambah syahdu suasana

13. Budaya Resto




Budaya Resto, terletak di KM 12,5 Medan - Tanjung Morawa membuat resto ini cukup pas untuk kamu yang pingin makan rame rame yang agak jauh tapi ga terlalu jauh. suasana Jawa langsung terasa terlihat dari interior dan beberapa pondok lesehan yang disediakan di sisi kiri resto. Sempat tergoda untuk duduk di lesehan, tapi akhirnya kami memilih untuk duduk di bangunan resto utama mereka rumah Joglo, kami pilih di sisi kanan karena beda dengan sisi kirinya yang di kelilingi lesehan, di sisi kanan terdapat pendopo dengan beberapa alat musik jawa seperti Gamelan dan Kecapi, kami pilih agar bisa menikmati pertunjukan musik sambil makan.

Dari nama dan suasana resto ini, sudah pasti hidangan yang disediakan adalah makanan tradisional khas Jawa. Kami pesan beberapa menu yaitu Ayam Goreng Bumbu Kuning, Gurami Budaya, Sapi Balado, Cumi Telur Asin, Gado - gado, Sop Buntut, Genjer Belacan, Sayur Asem, Nasi Bakar, dan makanan ringan Tempe Mendoan.

14. Lembur Kuring JL.Tengku Aamir Hamzah No. 85 Heletia Timur



Restoran yang satu ini lumayan tersohor di kota Medan. Alamatnya di jalan Tengku Amir Hamzah No 85 Medan. Ini pertama kalinya saya makan di Lembur Kuring. Melewati gedung yang selalu terlihat dari jalan, terdapat area outdoor yang berisi kursi-kursi dan meja, ayunan, adan arena bermain anak. Di belakang, ada gedung lagi. Dan di sebelah kiri gedung, terdapat kolam berisi ikan koi yang besar-besar dan beraneka warna. Jujur ini di luar ekspektasi saya selama ini. Saya kira restoran ini hanya terdiri satu gedung yang terlihat dari luar saja. Ternyata meluas ke belakang.Kalau makan disini enaknya sih barengan keluarga maupun dengan para sahabat, karena rata-rata menu per porsi bisa untuk 4-5 Orang. Beberapa waktu lalu ada beberapa makanan yang saya pesan antara lain ada Sate Ayam, Sate Kambing, Tahu Telur, Gado-Gado. Ayam Goreng, Urap serta minumannya yang beragam pula. Untuk SeaFood nya, juga ada antara lain, Kepah,, Kepiting, Udang dan lainnya, Soal rasa, silahkan deh datang dan rasakan nikmatnya langsung di Lembur Kuring Medan ini. Rasakan suasana Santap Malam yang berbeda saat di Lembur Kuring.

15. Restoran Garuda 




Boleh dibilang Garuda termasuk dalam salah satu resto padang yang ngetop di Medan. Ada beberapa cabang restoran ini .Sajian ala Padang pun dihidangkan. Semua menu yang ada dihidangkan oleh salah satu karyawan, REstoran garuda mempunyai beberapa tempat di Medan seperti di Jl. H. Adam Malik No.40, Jl Gajah Mada,  Nibung Raya dan beberapa tempat lainnya di Medan

16. Coffee Box Medan



Tempat wisata kuliner medan yang selanjutnya adalah sebuah tempat wisata kuliner yang di namakan Coffee Box yang tentu sangat di rekomendasikan untuk anda. Merupakan sebuah tempat tongkrongan yang sangat asyik yang ada di Kota Medan. Tempat wisata kuliner medan Coffee Box ini berdiri di Jalan Palang Merah atau Suka Mulia Nomor A7, Medan. Rasanya para penggemar kopi nusantara wajib untuk mencicipi hidangan kopi yang ada di Coffee Box ini.

Mempunyai desain vintage rasanya akan memberikan sebuah pengalaman tersendiri bagi anda dan sepertinya banyak sekali makanan yang bisa anda coba di tempat ini mulai dari chinese food, western food hingga makanan indonesia bisa anda dapatkan di sini. Selain kopi juga terdapat jus, teh, shake dan yang lainnya. Jika anda sedang berkunjung ke tempat kuliner medan yang satu ini rasanya wajib untuk datang ke tempat ini, untuk harga mulai dari Rp. 15.000 saja.

17. Rumah Makan Tabona Medan




Tempat wisata kuliner medan yang selanjutnya adalah sebuah tempat wisata kuliner yang oleh pemiliknya di namakan Rumah Makan Tabona. Dan jika anda mengetahui faktanya adalah Rumah Makan Tabona ini merupakan salah satu tempat makan legendaris yang ada di Kota Medan. Rumah Makan Tabona juga telah berdiri kokoh di Jalan Mangkubumi No. 17 A U. R Medan Maimun, Kota Medan. Makanan andalan yang ada di Rumah Makan Tabona adalah kari lezatnya.

Rumah Makan Tabona juga menyajikan beberapa menu yang lainnya seperti misalkan saja sate, emping, kerupuk dan beberapa makanan lainnya. Jika anda berminat menu andalan berupa kari di tempat ini di sediakan beberapa jenis kari seperti misalkan saja kari bihun, kari ayam dan kari sapi. Rumah Makan Tabona buka mulai dari jam 7 pagi sampai dengan jam 10 malam dan untuk harga makanan di sini di banderol mulai dari Rp. 18.000 saja.

18. Jimbaran resto Jl. Babura Baru No.47 Medan




Mendengar kata Jimbaran, pasti pikiran Anda  langsung tertuju pada Bali, salah satu tujuan wisata paling populer di dunia. Namun siapa sangka tempatnya ada di Medan. Restoran bernuansa Bali ini.
Dihibur oleh live music hari Kamis, Sabtu, Minggu mulai jam 20:00 .Tersedia juga meeting room untuk acara ulang tahun, arisan. Menu spesial seperti ikan bakar, udang, cumi, kepiting, seafood, sayur, tumis, tauge, tauco, kangkung, ayam goreng, dll


19. Mie Ayam Jamur Mahmud



Satu lagi gerai makanan yang wajib Anda kunjungi terutama bagi Anda pecinta kuliner, yaitu Mie Ayam Mahmud. Berlokasi di Jalan Abdullah Lubis No 57/71 Medan, seperti namanya Mie Ayam merupakan menu spesial yang ada di Mie Ayam Jamur Mahmud.Mie Ayam Jamur Mahmud ada tiga menu khusus mi ayam yaitu Mie Ayam Jamur Spesial, Mie Ayam Biasa, dan Mie Ayam Pangsit.  Mie Ayam Jamur Mahmud ditawarkan dengan harga mulai Rp 14 ribu sampai Rp 20.500 saja.

20. Kuliner Kawasan Ring Road Medan




Di sepanjang Jalan Gagak Hitam/Ring Road ini banyak kita temukan aneka makanan yang sebagian besar berasal dari luar Medan.Berbagai macam kuliner seperti Ayam Penyet Joko Solo, Ayam Gebrug Citra Solo, Ayam Penyet Sidoarjo, Ayam Petis Cinde Laras, Ayam Kremes Bandung, Ayam Presto, Sop Konro/Coto Makasar/Konro Bakar Saudara, Sop/Sate Kambing Betawi, Iga-iga Bakso, Bakso Gepeng, Indonesia Bakso, Bakso Kepala Sapi (kepala sapi di sini, nama rumah makannya), Miranti Ayam Bakar Bumbu Bali, Ikan Bakar, Mie Ayam Jamur, Mie Goyang Joko Moro, Obonk Steak, Burung Goreng dan Nasi Goreng Mas Pur, Dimsum, Nasi Uduk dan Seafood model tenda, Nasi Uduk Gondangdia cabang Medan, Siomay Bandung, Pempek, Bubur Ayam Jakarta, Aneka Serabi Bandung, dan lain-lain. Tidak ketinggalan resto cepat saji Mc Donald dan KFC juga ditemukan di sini. Yang cukup ramai pengunjungnya adalah Ayam Petis Cinde Laras dan Iga-iga Bakso.

Tentu yang asli khas Medan, dapat kita temukan di sini, seperti Mie Aceh, Sate Padang Danguang-danguang, Regge Corner Lontong Malam, serta tak ketinggalan Bandrek Pak Said. Di sepanjang Jalan Gagak Hitam Ring Road ini juga kita bisa temukan penjual jagung . Semua ada mulai dari kelas kaki lima sampai kelas bintang lima


21. Ayam Goreng Kalasan




Restoran Ayam goreng Kalasan yang terletak di jalan Iskandar Muda No. 292 - 294 ini bisa menjadi pilihan makan malam Anda. Nasi sayur plus ayam goreng dan perkedel disini memang juara. Selain itu anda bisa merasakan kenikmatan yang tak tertandingi.
Ayam goreng kalasan ini menggunakan ayam kampung karna restaurant ini mementingkan rasa dan selera para pengunjung mereka,oleh sebab itu restaurant ini banyak peminat di kota medan. satu porsi untuk ayam kalasan ini harganya sangat terjangkau dan murah, karna di jual dengan harga Rp. 35.000, cocok buat kaum muda dan anda yang ingin menghemat keuangan anda. Saat ini banyak cabang yang ada di Kota Medan , Silahkan kunjungi lokasi terdekat dengan tempat tinggal Anda.

22. Ucok Durian




Tempat yang satu ini menjadi lokasi paling favorit bagi pelancong yang berkunjung ke kota Medan, Bahkan 2 petinggi Negeri ini Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden Joko Widodo juga pernah berkunjung ke tempat yang satu ini. Ucok Durian merupakan salah satu gerai durian di Medan. Sebenarnya ada banyak gerai durian di Medan. Bagaimana tidak banyak karena Medan sendiri termasuk salah satu “produsen” durian paling enak se-Indonesia! Sumber durian yang didapat dari berbagai daerah seperti Sibolga, Pematang Siantar dan durian dengan kualitas yang paling mantap berasal dari Sidikalang. Namun keunikan Ucok Durian ini adalah sudah menjadi semacam trade mark di kota Medan, oleh karenanya tempatnya paling ramai dikunjungi baik oleh warga Medan sendiri ataupun pendatang. Lokasinya berada di jl. Wahid Hasyim dan buka selama 24 jam.

23. Rumah Makan Soto Medan Sinar Pagi 





Rumah Makan Sinar Pagi berada di jalan Sei Deli No 2D, Silalas, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan. Soto di rumah makan ini sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan. Bahkan katanya mantan presiden Indonesia, Pak SBY dan Miss Universe sudah pernah makan soto di rumah makan ini.

Soto Medan di sini rasanya memang sangat nikmat dan maknyus. Rempah-rempahnya sangat terasa, sehingga sotonya memiliki ciri yang gurih, segar dan sekaligus menghangatkan tubuh karena rempah-rempahnya yang begitu mendominasi. Paling asyik menikmati sotonya bersama nasi panas dan pergedel kentang serta rempeyek udang.

Di sini juga disediakan agar-agar dingin yang disajikan di dalam gelas terbalik sebagai pencuci mulut. Selain soto, rumah makan sinar pagi juga menyediakan sop, nasi pecal, lontong sayur dan gado-gado.

Rumah makan Sinar pagi buka mulai dari jam 7.00 wib hingga jam 15.00 wib. Bila tertarik makan di sini, traveler harus sabar mengantri atau datanglah pagi-pagi sekali, karena rumah makan ini selalu ramai pengunjungnya apalagi menjelang jam makan siang, bisa-bisa tidak dapat meja. Selamat wisata kuliner di Medan

24. Lontong kak Lin



Sarapan pagi, enaknya dengan lontong sayur ini. Warung lontong Medan Kak Lin ini sudah terkenal, lokasinya berada di depan SMAN 1 Medan atau di Jalan Teuku Cik Ditiro. Tidak di warung tenda, lontong Kak Lin ini berada di sebuah ruko yang nyaman. Rumah makan ini sudah berdiri sejak tahun 1994. Salah satu menu lontong yang wajib Anda coba adalah lontong pecal. Tampilannya mirip seperti pecel atau gado-gado dengan paduan kuah gurih dan tidak encer.

Rasanya yang gurih dan pedas, makin enak dipadu dengan sate kerang. Selain menu lontong pecal, ada juga lontong sayur biasa, lupis hingga nasi gurih yang enak dinikmati untuk sarapan pagi ataupun makan siang. Kalau mau ke sini, sebaiknya jangan datang malam. Kak Lin membuat rumah makannya sejak pagi pukul 06.30 hingga sore hari pukul 18.00.

25. Lontong Terenak di Dunia




Begitulah nama sekaligus gambaran rasa dari semangkuk lontong Medan ini. Konon, nama ini diberikan oleh wakil presiden Jusuf Kalla saat mampir dan mencicip lontong di sini. Walaupun warungnya hanya beratapkan tenda, namun yang datang dari semua kalangan. Lontong nasinya dipadukan dengan kuah santan kental dengan warna oranye dan bisa Anda pilih lauknya sesuai dengan selera.

Selain lontong dan kuah yang gurih, Anda juga bisa menambahkan kentang kecil yang dibumbui rendang gurih yang agak pedas. Selain itu ada juga ikan balado dan jengkol yang sedap untuk teman makan nasi gurih.Buka di jam makan siang yaitu pukul 12.00 hingga 17.00, sebaiknya datang lebih awal ya. Karena menurut banyak sumber, warung ini cepat habis karena ramai. Lokasinya ada di Jalan S. Parman tepat di parkiran Harley Davidson, Medan.

26. Warkop Elisabeth




Terletak tepat di depan Rumah Sakit Santa Elisabeth di Jalan H Misbah, Warkop Elisabeth hampir tak pernah sepi pengunjung. Menu yang ditawarkan cukup sederhana, mulai dari kopi, teh, hingga mi goreng. Meski begitu, tempat ini kerap dijadikan lokasi nongkrong para pengunjung.

Menu andalannya bernama nasi perang, yakni semacam nasi kucing dengan lauk telur, ikan, atau ayam yang biasa dipesan sebagai makanan pembuka. Buka selama 24 jam, kamu bebas datang ke Warkop Elisabeth kapan pun untuk mengisi perut atau sekadar berkumpul bersama orang-orang terdekat.

27. Mie Balap Wahidin




Kuliner khas Kota Medan lainnya bisa kamu temukan di Jalan Wahidin, simpang Jalan Gajah, yaitu Mie Balap Wahidin. Menggunakan mi sebagai menu utama, warung makan ini memiliki menu andalan berupa bihun goreng dan kwetiau goreng. Penamaan “Mie Balap” sendiri diambil dari teknik memasak dan penyajian para penjual yang amat cepat.

Cara pembuatan Mie Balap Wahidin pun unik, yakni digoreng di atas kuali dengan menggunakan kayu bakar. Proses masak inilah yang membuat cita rasa Mie Balap Wahidin cukup khas. Kamu juga bebas memilih lauk apa yang ingin digunakan, mulai dari telur, bakso ikan, hingga cumi-cumi.

28. Jambul Seafood




Anda penyuka kuliner laut, Jambul seafood juga bisa menjadi pilihan mencoba seafood cita rasa seafood medan. Dengan menu andalan kepiting asap, kepiting saos Padang dan udang telur asin, dijamin Anda akan mendapatkan kepuasan olahan seafood yang ini. Lokasinya di jalan Dr. Cipto No.8 Kampung Anggrung Medan.

29. Sop Sumsum Langsa




Ingin mencoba sup sumsum terkenal di Medan? Kalau begitu, Sop Sumsum Langsa di Jalan Yos Sudarso No 73 patut kamu coba. Dengan harga Rp47.000, kamu akan mendapatkan seporsi tulang sumsum besar dengan isi sumsum yang bisa dimakan menggunakan sedotan. Rasa kuahnya pas, gurih dan tidak terlalu asin. Ditambah dengan perasan jeruk nipis dan sambal merah, rasanya semakin sedap. Kamu pasti ketagihan

30. Kuliner jalan Semarang




Jalan Semarang merupakan salah satu kawasan di kota Medan yang memiliki dua fungsi yang berbeda. Jika di siang hari dijadikan sentra penjualan onderdil kendaraan di Medan. Namun pada malam harinya, kawasan sepanjang 200 meter ini disulap menjadi sebuah pasar malam dan tempat wisata kuliner favorit di Medan. Terletak di kawasan pecinan kota Medan, tempat kuliner yang satu ini telah populer sejak tahun 1960 lalu sebagai salah satu pusat hiburan yang ada di kota Medan. Ada berbagai menu pilihan yang bisa Dolaners cicipi di sini. Mulai dari makanan berat hingga aneka janana semua dijual di kawasa Jalan Semarang ini. Salah satu menu favorite yang ada di sini adalah nasi bebek Hainan. Bagaimana penasaran ingin mencoba? Silahkan saja datang langsung pada jam 6 sore hingga 1 dini hari.

31. Restoran Bambu Hijau 




Sangat mudah orang mengenal resto yang satu ini. Bukan Cuma lokasinya yang strategis, di lintas jalan besar utama di Kota Medan, yakni di Jalan T.Amir Hamzah Medan No. 9. Di suguh dengan nuansa Bali yang kental tergambar saat kita memasuki halaman depan, disambut sepasang gapura dan payung ala Bali. Nah, sesuai dengan namanya “Bamboe Hijau Seafood”, ciri khas lain yang tergambar setiap ruangan dan sudut resto ini adalah bahan kontruksinya didominasi oleh bambu, dan pastinya aneka menu yang dihidangkan umumnya seafood. Berikut daftar menunya :Sop Ikan Gurami (Rp65.000,-/porsi), Ayam Bamboe Hijau dengan khas pedas dan aroma cabe hijaunya. Ayam goreng ini untuk satu porsi ada 10 potong (Rp38.000,- ).Kemudian ada(Ayam Bamboe Hijau) Saos padang kepiting dan ikan Gerapu (Rp35.000,-/ons dan Rp15.000/ ons), Kepah Tauco (Rp35.000,-/porsi), Cumi Pete Cabe Hijau (Rp37.000,-/porsi), Ikan Aji-aji Bakar (Rp15.000,-/ons), Ikan Gurami Asam Manis (Rp65.000/ekor), Ikan Patin Bakar (Rp10.000,-/ons), Gerapu Asam Manis (Rp15.000,-/ons). Ada juga menu aneka belut, Belut Cabe Hijau, Belut Lada Hitam, dan lainnya.

32. Martabak Gapa Perniagaan




Tidak tahu mengapa diberi julukan Martabak Gapa, namun kuliner yang satu ini sudah cukup terkenal dulu di beberapa media sosial dan itulah yang membuat tertarik untuk mencari dimana lokasi gerai ini. Ternyata tidak jauh dari lapangan merdeka yaitu tepatnya di Jl. Perniagaan (pajak ikan lama). Martabak Gapa Perniagaan punya empat menu yaitu Martabak Mesir, Martabak Telur, Roti Cane, Nasi Goreng Bombay, dan Roti Cane.

33. Rujak Kolam



Rujak Kolam berlokasi diantara persimpangan tiga jalan Mahkamah-jalan Mesjid Raya Medan. Ada sekitar sepuluh lapak pedagang berdagang rujak. Disana bisa menikmati lezatnya rujak sambil duduk dipinggir kolam yang dulunya tempat pemandian putri Sultan Deli.Satu porsi rujak disana dihargai Rp 12 ribu. Tinggal pesan mau biasa, pedas dan sangat pedas. Tidak terlalu lama menunggu pesanan datang dan diantar. Rujak Kolam diolah secara manual dengan menggiling bumbunya hingga memotong buahnya. Rujak dengan bumbu kacang yang digiling bersama pisang batu terdiri dari ragam buah, seperti mentimun, bengkuang, jambu biji, jambu air, nenas, dan kedondong yang dihidangkan dalam piring pelastik kecil bersama buliran kacang tanah diatasnya cukup menggugah selera.Umumnya, setiap hari libur warga yang bersantai bersama keluarga atau pun pasangannya sambil bersantai menikmati rujak Kolam. Suasana yang tidak ada di kota lain.

34. Rujak Simpang Jodoh




Tentu belum nikmat rasanya kalau belum menyicipi Rasa Rujak Simpang Jodoh. Kalian Anak Medan khususnya pasti sering mendengar tentang Rujak Simpang Jodoh ini. Tembung kini berubah menjadi sebuah kota yang telah berkembang cukup pesat, terlihat dari berbagai bangunan mewah yang telah berdiri disini. Tidak seperti dulu yang sepi dan jauh dari keramaian, jalanan yang rusak . Simpang Jodoh, merupakan sebuah persimpangan pasar 7 Tembung. Sebutan Simpang Jodoh pun tercipta karena keberadaan para penjual Rujak yang ada di Persimpangan ini. aktivitas berjualan rujak sudah ada sejak tahun 1950-an. Daerah tersebut diapit oleh PTPN IX (sekarang PTPN II). Para pedagang yang mulai berjualan dari sore hingga malam ini banyak diminati para pekerja di PTPN. Dulunya persimpangan ini gelap, dan para penjual rujak menggunakan lampu sentir untuk penerangannya. Karena suasana malam yang demikian, tempat ini menjadi lokasi pertemuan janda dan duda yang tinggal di daerah perkebunan dulunya. Dari pertemuan ini mereka berlanjut hingga kepelaminan.

35. Waringin Seafood Jl. Waringin




Waringin Seafood terletak di Jl. Mayang No. 2, Medan Petisah, Sekip, Medan, Kota Medan, Sumatera Utara. Waringin Seafood terkenal dengan kesegaran ikannya dan memiliki cita rasa yang sangat lezat. Seafood yang di rekomendasi disini adalah ikan bakar dan kangkung belacannya. Memiliki tekstur daging ikan yang sangat lembut. Sangat cocok untuk dikunjungi dengan keluarga, teman, pasangan, tamu ataupun kolega.

36. Bolu Gulung Meranti




Bagi petualang oleh oleh khas medan, Bolu meranti bisa menjadi pilihan. Lokasinya tidak jauh jaraknya dari Plaza Medan fair tepatnya di Jl. Kruing No.2k medan. Berbagai rasa bolu gulung tersedia mulai rasa coklat, bluberry, keju,capucino, nanas, kacang , moca. dan lain lain.

37.Bika Ambon Zulaikha




Meskipun memakai nama Ambon, kue Bika Ambon aslinya berasal dari Medan. Kue berwarna kuning dengan tekstur berserat dan berlubang ini sudah cukup lama menjadi pilihan oleh-oleh favorit wisatawan yang berkunjung ke Medan. Selain rasa original, kue Bika Ambon juga memiliki beberapa rasa lainnya seperti rasa pandan, mocca, dan keju. Ada banyak penjual kue bika Ambon di Medan, salah satu yang paling terkenal adalah Bika Ambon Zulaikha di Jalan Mojopahit No. 62.  Harga Bika Ambon ukuran besar antara Rp 60 - 70 ribu dan ukuran kecil antara Rp 35 - 43 ribu dengan daya tahan hingga empat hari.

38. Teri Bajak Medan



Seiring dengan semakin pesatnya perkembangan industri pariwisata di kota Medan, oleh-oleh khas dari kota kita ini juga mengalami pengayaan. Mulai dari kuliner yang berupa kue, kerajinan tangan sampai ikan teri. Ikan teri dari tangan dingin seorang pengusaha muda Windi Septia Dewi, ikan teri yang kaya akan kandungan kalsium ini, disulap menjadi oleh-oleh khas kota Medan. Dengan menggunakan brand Teri Bajak Medan, Windi mengemas ikan teri nasi (teri medan) menjadi cemilan berupa sambal teri dengan berbagai pilihan, diantaranya : teri medan dengan sambal merah atau sambal rawit, teri medan dengan sambal merah / rawit + kacang, teri belah sambal merah atau rawit dan teri belah dengan sambal merah / rawit + kacang. Selain dalam bentuk produk olahan, Teri Bajak Medan juga dapat dibeli berupa Teri Medan mentah atau yang belum diolah.

Dengan menggunakan kemasan zip lock, teri bajak medan ini terlihat menjadi produk tradisional dengan kemasan modern. Selain praktis, dengan kemasan seperti ini memudahkan kita dalam menyimpannya kembali tanpa takut menjadi rusak / tidak gurih lagi. Selain ikan teri dalam bentuk olahan sambal, Teri Bajak Medan juga melakukan inovasi produk, dengan membuat kue bawang. Kue Bawang Teri Bajak Medan ini dibuat dari bahan-bahan yang terbaik sehingga menghasilkan cita rasa yang asin dan gurih sempurna. Untuk pemesanan produk Teri Bajak Medan, Windi menggunakan media sosial line dengan nama teribajak, melalui BBM dengan nomor 754233C9 atau melalui SMS 08116155866. Selain pemesanan secara online, sekarang teri bajak medan sudah bisa didapatkan di Toko NUSANTARA, pusat jajanan dan oleh-oleh khas kota Medan yang terletak di Jalan T.Amir Hamzah no. 17 (sekitar Jl. Karya menuju kompleks Griya Riatur).
Teri Bajak Medan menyediakan Sambel Teri medan siap saji dan langsung bisa di konsumsi :

1. Teri Medan sambel merah / rawit = 30rb/150gr
2. Teri Medan + Kacang sambel merah / rawit = 30 rb/150gr
3. Teri Belah sambel merah / rawit = 30 rb/150gr
4. Teri Belah + Kacang sambel merah / rawit = 30 rb/150gr

Bisa pilih sendiri sambelnya, sambel cabe MERAH atau sambel cabe RAWIT. Sambel langsung di campur dengan teri. Teri Bajak Medan tidak memakai bahan pengawet. Ketahanan 1 bulan di dalam kemasan. Lebih baik di masukkan ke dalam toples.
Teri Bajak Medan jg menyediakan Teri Mentah :
1. 25rb / 200gr
2. 60rb / 500gr
3. 110rb / 1kg

39. Lemang Pak Tanjung Jl. Setiabudi




Lemang adalah makanan yang terbuat dari beras pulut yang dibakar di dalam sepotong bambu. Lemang Medan sudah terkenal sejak tahun 1970an dan banyak dijadikan oleh-oleh. Penjual lemang bisa ditemukan di Jalan Flamboyan, Jalan Gatot Subroto dan Jalan Bromo Medan. Harganya sekitar Rp 20-25 ribu per bambu atau Rp 5 ribu per porsi. Lemang dalam bambu yang belum dibelah tahan dua hari sedangkan yang sudah dibuka hanya tahan satu malam. Salah satu yang terkenal di Medan adalah lemang Pak Tanjung. Nama lengkap Hidayat Tanjung telah sepuluh tahun lamanya berjualan lemang panas. Berdagang lemang panas khas leluhurnya dari Mandailing telah menghidupi istri dan tiga anaknya.Saat ditanyai resep khas, Pak Tanjung  bilang ada resep spesial lemang buatannya. Katanya lemang miliknya dibakar dengan bara dari batok kelapa.

40. Pancake Durian Maidanii




Pancake durian adalah salah satu dari sekian oleh-oleh khas Medan yang populer dan pancake durian ini telah dinikmati kekhasan rasanya di seluruh Indonesia.  Maidanii Pancake Durian dengan slogan “Lumer di Mulut, Pecah di Lidah” siap menjadi buah tangan atau oleh oleh yang bisa Anda bawa jika berkunjung ke Medan.
Selain pancake durian kami juga menyediakan:Durian Kupas Box, Durian Goreng (Frozen dan siap digoreng),Durian Cup,Daging Durian Beku, Aneka Dimsum Frozen dll.

41.  Sirup Markisa Noerlen 




Sirup Markisa Noerlen adalah salah satu pusat oleh-oleh paling inovatif di Medan. Grup-grup wisata mancanegara sudah menjadikan pusat pengolahan makanan yang berlokasi di Jalan Sei Tuan ini sebagai tujuan wisata belanja oleh-oleh di Medan. Produk utamanya adalah aneka sirup olahan markisa segar, tanpa pengawet dan tanpa pewarna. Pemiliknya Rachmi Novianti adalah penerus warisan almarhumah ibunya, yang telah merintis usaha ini sebagai legacy keluarga.Selain aneka minuman olahan dari buah markisa lokal, Rachmi juga mengoleksi dan menyeleksi berbagai produk kerajinan lokal di tokonya. Mereka sangat ketat dalam persyaratan produk, terutama menyangkut faktor kesehatan dan mutu yang tinggi.Rachmi sebelumnya tinggal di Singapura bersama anaknya, dan kini ia bertekad mengembangkan warisan usaha ibundanya dan menjaga nama baik Sirup Markisa Noerlen.

42. Restoran pohon Pisang




Rumah makan pertama yang dapat Anda kunjungi adalah Rumah Makan Pohon Pisang. Namanya memang cukup unik, namun menu makanan yang disajikan di tempat ini sangat enak, dengan harga yang terjangkau. Berada di kompleks The Crown. Jl. S Parman, Medan Baru Blok A no 16-17 Medan, Sumatra Utara ini memang memiliki beberapa varian menu yang harus Anda coba, salah satu yang paling difavoritkan adalah Ayam Tangkap, yang disajikan dengan bumbu khas dan juga daun pandan. Aromanya tentu sangat menggugah selera makan Anda. Untuk masalah harga tidak pelru khawatir, menu makanan di tempat ini, dihargai sekitar RP 30.000 hingga Rp 50.000.

43. Pusat Oleh Oleh Jl. Mojopahit




Makanan khas suatu kota menjadi hal yang paling diburu wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh saat menyambangi sebuah tempat. Entah itu makanan dan minuman, setiap kota memiliki tujuan wisata yang menawarkan produk unggulan  sebagai oleh-oleh yang menjadi trade mark dari kota tersebut.Untuk membeli beberapa oleh-oleh tersebut, wisatawan hanya perlu  mengunjungi jalan Majapahit.Pasalnya, sepanjang jalan tersebut menawarkan aneka oleh-oleh yang menjadi trademark-nya Medan.Tiap ruko menawarkan hal yang berbeda sehingga wisatawan dibuat puas memilih dan belanja apa saja yang ingin dibawa.Aneka jenis makanan, kue-kue, minuman dan kopi khas Sumut rapi terpajang dalam etalase.Harga untuk tiap jenis oleh-oleh pun beragam, seperti sirup marqisa dibandrol Rp 25 hingga Rp 55 ribu tergantung ukuran, aneka kripik pisang, ubi dan lain-lain Rp 8 ribu hingga Rp 15 ribu tergantung ukuran.Selain itu, ada juga kopi sipirok pergram 25 ribuan, ikan teri Medan Rp 35 seperempat dan tauco perbungkusnya Rp 15 ribu.

44. Medan Napoleon



Medan Napoleon merupakan sebuah cake yang kini menjadi Oleh-oleh baru khas kota Medan. Medan Napoleon sendiri merupakan sebuah bisnis cake dari artis Irwansyah. Cake Medan Napoleon hadir dalam 5 Varian Rasa yaitu ada Banana Crezy, Caramel, Cheese, Green Tea, dan satu lagi yang istimewa yaitu rasa Durian. Cake ini berbentuk persegi panjang dan berukuran 25 x 9 cm. Alamat : Jl. Wahid Hasyim no.46/35 (samping Chirurgie Cafe) Medan 
Telepon. 061-88814431

45. Lontong Warung Bu' Tom




Tempatnya ada di Jalan Kelambir V, dekat pasar (pajak) Kampung Lalang Medan. Sejak pagi sekitar pukul 06.30, warung ini sudah buka. Kuah santan yang gurih sedap makin enak ketika ditambahkan dengan tauco pedas, sambal kering kentang dan bihun. Makin enak disantap dengan kerupuk dan balao telur. Dijamin bikin kenyang

46. Kia Cake



Satu lagi oleh-oleh yang wajib Anda kunjungi ketika berada di Kota Medan yaitu Kia Cake. Pemilik Kia cake adalah Zaskia Sungkar dan Irwansyah yang juga pemilik Medan Napoleon. Beralamat di Jalan Sisingamangaraja Medan, Kia Cake  menawarkan beragam varian kue berbahan pisang barangan.Ada beberapa varian kue berbahan pisang barangan yang bisa didapatkan di Kia Cake yang salah satunya adalah Cheese Delight.Harga Kue Its Kia Cake Cookies Cream - Rp 65.000, Strawberry Silky - Rp 68.00, Cheese Delight - Rp 65.000,Macha Torte - Rp 68.000,Cake Durian - Rp 68.000, Sweet Chocolate - Rp 68.000

47. Kuenya Ayu



Yang ini adalah kue milik Ayu Ting Ting. ada 3 gerai di medan diantaranya di pasar 4 Martelan, BINJAI (Jalan Soekarno Hatta No.2 Binjai)dan di Jalan Sisingamangaraja No.9 Medan Kota). Daftar harga dan varian kuenya Ayu : Kuenya Ayu Original Cheese IDR 35.000, Blueberry IDR 35.000, Nutella IDR 40.000, Chocolate IDR 35.000, Pandan IDR 29.000, Mango IDR 35.000, Choco Crunchy IDR 40.000,  Milo Cheese IDR 38.000  dan rasa Durian IDR 40.000 

48. Chruncy Banana Medan




Saat ini ada dua outlet Crunchy Banana Medan yang berada di Jalan Kapten Muslim No F4 dan Jalan Veteran No 103. Respon masyarakat cukup positif dengan kehadiran Crunchy Banana Medan. Hal tersebut terlihat dari jumlah penjualan setiap harinya mencapai 700 kotak per hari . Selain rasa tiramisu oreo, ada juga varian lainya seperti  cocomaltine, Green Tea, Coklat Keju. harga pastinya tidak menguras kantong cukup Rp 26.000 per paket cocok untuk oleh oleh jika Anda berkunjung ke Medan.

49. Medan Par Par




Setelah sukses dengan Surabaya Patata yang bekerja sama dengan adiknya, Ria Ricis, Artis dan ustadzah Oki Setiana Dewi membuka bisnis kue kekinian dan oleh-oleh kekinian di Kota Medan. Namanya Medan Par Par. Hal ini dilatarbelakangi, seringnya Oki Setiana Dewi ke Medan karena di Medan telah memulai usaha bisnis butik do Kota Medan. Nama Medan Par Par sendiri diambil dari Bahasa Batak yaitu Par Par yang arti nya adalah berlipat ganda atau beranak pinak dan berharap Medan Par Par ini bisa berlipat ganda dan semakin banyak atau bisa menghadirkan cabang Medan Par Par di mana-mana tetapi masih di wilayah Medan. karena Medan Par Par ini mempunyai konsep dan tujuan menjadi oleh-oleh Khas Medan. Harga Medan Par Par Pastry rasa Heavy Chocolate - Rp 75.000, rasa Olehloh - Rp 75.000, rasa Durian Nougatine - Rp 70.000, rasa Blueberry Cheese - Rp 70.000, rasa Mocca Tiramisu - Rp 70.000, rasa Greentea Darkness - Rp 65.000, rasa Talas Chocolate - Rp 65.000, rasa Creamy Cheese - Rp 65.000.

50. Bolu Toba




Satu lagi toko kue  di Kota Medan. Bolu Toba akan menambah deretan kue-kue kekinian artis milik Andika Pratama dan Ussy Sulistiawati . Bertempat di Jalan Abdullah Lubis No.63/77 Medan, Bolu Toba Medan, oleh-oleh kekinian resmi dibuka pada Minggu, 4 Februari 2018.

Wisata Kuliner Di Medan : 50 Restoran Tempat Makan Sarapan Pagi Jajanan Malam Seafood Halal Dan Pusat Oleh Oleh Khas Medan Cocok Bagi Wisatawan Yang Berkunjung Ke Medan

Khanjadi | Kuliner Medan atau tempat wisata kuliner di kota Medan terkenal umumnya didominasi oleh restoran restoran berciri khas sajian masakan Melayu atau Minang seperti hanya di kota kota besar di Sumatera. Namun belakangan sejalan dengan perkembangan kota berbagai macam tempat makan wisata kuliner di Medan semakin beragam. Khanjadi blog akan berbagi tempat kuliner Medan yang menjadi favorit para pelancong khususnya yang datang dari luar kota atau luar pulau bahkan dari luar negeri, simak selengkapnya :

1. Merdeka Walk


Merdeka Walk lokasinya di jantung Kota Medan yaitu di lapangan Merdeka. Tempat ini asyik buat nongkrong bareng sambil menikmati aneka sajian kuliner lezat di malam hari.

Merdeka Walk diresmikan pada 14 April 2005. Lokasi yang dulunya area parkir Lapangan Merdeka itu diubah menjadi lokasi wisata kuliner lengkap buat warga setempat maupun turis.

Tempat makan yang luas ini berada di bawah rindangnya pohon-pohon yang ditanam sejak zaman Belanda. Di dahan dan batang pohon juga dilekatkan lampu hias dengan beragam model, yang membuat suasana malam di sini semakin tampak meriah.
Areal Merdeka Walk mencapai 6.600 m2 dengan sekitar 700 kursi yang ditata dengan rapi. Tersedia puluhan outlet makanan, dari yang menjual masakan lokal hingga sajian luar negeri. Seperti pancake durian, soto medan, sop buntut, sate Padang, nasi lemak, nasi goreng, Pizza hut, tomyam hingga sushi.

2. Mie Aceh Titi Bobrok, Jl. Setia Budi No. 17 D, Sei Sikambing B




Mie Aceh, seperti namanya, kuliner malam ini berasal dari provinsi bergelar Serambi Mekah , Naggroe Aceh Darussalam. Namun Anda tak perlu jauh jauh berkunjung ke Aceh, jika hanya sekedar ingin menikmati cita rasa mie Aceh yang yang sangat khas karena racikan bumbu rempahnya. Rasanya lezat dan kaya rasa rempah. Mie Aceh adalah jenis makanan yang terbuat dari mie kuning yang dimasak pedas dengan campuran bisa daging ataupun kepiting. Rasa kuah rempahnya bersatu dengan daging kepitingnya, kuahnya itu yang paking banyak digemari. Begitu pula rasa pedas yang pas. Mie Aceh Titi Bobrok menjadi salah satu pilihan Anda diantara sekian banyak jajanan malam Mie Aceh yang dijajakan di sepanjang jalan Kota Medan.
Tak jauh dari Rumah Makan Sipirok, Mie Aceh Titi Bobrok masih berada di lokasi Sei Sekambing B namun berada di Jalan Setiabudi. Dinamakan Titi Bobrok karena letaknya didekat titi (jembatan) Bobrok, sehingga ketika Anda sudah sampai di Jl. Setiabudi cukup mencari lokasi titi / jembatan Bobrok.
Jika Anda menelusuri jalan Setiabudi baik yang berasal dari jalur Jalan Sunggal maupun dari Ring Road atau dari Jl. Dr. Mansur. Kalau Anda tidak bisa melihat posisi persisnya menggunakan Google Maps, Jika bertanya kepada siapapun yang berada di sekitaran Jl. Setiabudi pasti mengetahui lokasinyaSetiap hari Mie Bobrok buka dari pukul 11.00 - 21.00 WIB. Menu andalan Mie Bobrok adalah mie dengan campuran kepiting, bisa mie goreng atau mie kuah.
Rasa kuah yang gurih dan wangi kaya akan rempah membuat rasa nikmat mie semakin menggugah selera. Disajikan bersanding dengan irisan acar bawang, jeruk nipis, emping melinjo dan irisan mentimun , membuat sajian Mie Aceh Spesial tiada tanding. Bahkan bagi Anda yang tidak khawatir dengan kolesterol, Anda juga bisa menambahkan kepiting, cumi, udang ataupun daging.dengan kisaran harga Rp 40 ribu, namun jika hanya Mie Aceh biasa, cukup dengan hanya Rp 10 ribu - Rp17.500 per porsi.

Mie Aceh Titi Bobrok ini juga bisa Anda sesuaikan rasa pedasnya sesuai selera baik mi goreng, basah atau yang berkuah.Jika malam sudah mulai tiba, bersiap siap Anda untuk mengantri mendapat giliran dilayani. Selain bisa Anda nikmati ditempat, Mie Aceh Titi Bobrok juga bisa dibungkus untuk oleh oleh.

3. Rumah Makan Sipirok, Jl. Sunggal No. 14, Sei Sikambing B, Medan Sunggal



Bagi Anda pecinta kuliner khas Mandailing maupun Sipirok, ada satu spot di Kota medan yang tidak boleh Anda lewatkan, Rumah Makan Sipirok. Tempatnya cukup sederhana, namun jika Anda berkunjung pada jam jam saat makan, bersiap siap untuk ngantri, karena saking padatnya pengunjung. Tempat yang mudah terjangkau, di Jalan Raya Sunggal, No 14 Simpang Tj. Medan Sunggal, Kota Medan dan menu utama sup tulang sumsum sapi membuat Anda seakan berada di tempat aslinya, Sipirok.
Tempatnya sangat setrategis, Anda bisa jangkau dari mana saja, jika Anda berada di jalur utama Medan -Binjai (Jalan Gatot Subroto ) cukup cari prempatan Sei Sikambing dan telusuri jalan Sunggal. Jika Anda berasal dari jalur lingkar luar (ring road) Anda cukup melalui simpang sepanjang Jl. Setiabudi sampai mendapatkan Jalan sunggal. 
Didirikan pada 2002 oleh pasangan suami-istri Zulfikar dan Yusniar Nasution, rumah makan ini mengandalkan resep yang diwariskan oleh ibu Yusniar sehingga keaslian rasa setiap makanan dalam menunya terjaga. Kuah dengan bumbu rempah yang sangat khas bisa membuat lidah orang yang melahapnya bergoyang, di tambah lagi dengan dagingnya yang sangat empuk tentu akan membuat kita tidak kesulitan untuk mengunyahnya. Yusniar masih menyiapkan bahan-bahan makanannya sendiri, sementara pegawai-pegawainya hanya ditugaskan memotong bawang merah. Karena alasan ini juga, mereka enggan membuka cabang baru.

Rumah Makan Sipirok menjadi sajian populer karena selain cita rasa yang khas juga harganya yang terjangkau. Sup tulang sumsumnya dibandrol Rp50.000, sedangkan sup iga cukup dengan Rp25.000 per porsinya. Yang tak kalah murahnya adalah daging panggangnya dengan saus asam-pedas, hanya dengan harga Rp13.000 per porsi. Untuk penawar sajian kolesterol ini, Anda bisa pesan memesan jus mentimun segar seharga Rp10.000. Rumah Makan ini buka dari jam 10 pagi hingga jam 3 sore.

4. Rumah Makan Nasrul Sibolga, Jl. Sisingamangaraja XII No.86-86A, Medan Kota



Bagi Anda penggila kuliner serba ikan khas pesisir Barat Sumatera, Rumah Makan Nasrul Sibolga adalah daftar wisata kuliner Medan yang harus Anda coba. Menu terkenal Rumah Makan Nasrul Sibolga adalah panggang geleng, panggang pacak, gulai ikan sale, sambal teri, balado ikan sale, arsik, dan sayur daun ubi tumbuk. Rumah makan Sibolga membawa cita rasa santapan khas Mandailing Pesisir.
Gulai ikan sale juga terkenal di tempat ini. Ikan sale adalah belut sawah yang diproses dengan cara diasap. Dimasak dengan santan dan diberi tambahan terung telunjuk. Rasanya pun gurih, yang ditimbulkan dari ikan sale dan terung terasa sangant nikmat menjadi santapan dengan menu daun ubi tumbuk.

Harga yang ditawarkan cukup menguras kantong , minimal Rp 50.000 - Rp 100.000 untuk makan kenyang karena bahan yang disajikan serba ikan dengan harga mahal, oleh karena itu pelanggannya adalah kelas atas walaupun rumah makannya terlihat sederhana.

5. Restoran Terapung Desa Bagan Percut Ujung



Restoran Terapung terletak di Desa Bagan Percut Ujung, Kecamatan Percut Sei Tuan, Deli Serdang. Perjalanan ke lokasi restoran sekitar satu jam dari pusat Kota Medan. Ketika anda sampai di Desa bagan Ujung Percut, singgah ke Tempat Pelelangan Ikan untuk membelikan ikan segar untuk digoreng atau di panggang dilokasi.

Karena pengelola restoran hanya menyediakan jasa memasak ikan yang dibawa wisatawan. Di TPI banyak tersedia ikan segar dengan harga relatif murah, dan sebagian ikan masih dalam keadaan hidup. Di lokasi pelelangan ikan terdapat pangkalan boat nelayan yang akan anda sewa untuk melanjutkan perjalanan ke lokasi restoran, harga sewa boat Rp. 60.000 sekali perjalanan.

Restoran terapung siap melayani anda untuk menggoreng atau memanggang ikan yang anda bawa dari Tempat pelelangan Ikan, ikan yang di masak akan disajikan dengan nasi beserta sambal kecapnya, biaya perporsi Rp. 30.000. Restoran menyediakan jasa memasak ikan seperti di panggang, digoreng, gulai dan berbagai macam masakan lainnya.

6. Restoran  Tip Top Kesawan



Jika berkunjung ke Kota Medan, singgahlah ke restoran Tip Top di kawasan Kesawan, Jalan Ahmad Yani, Medan.Tip-Top merupakan restoran tua di kota Medan yang menjadi saksi bisu betapa cepat kota ini berkembang.Bernilai sejarah, restauran Tip-Top juga menjadi tempat berkumpulnya orang-orang yang ingin mengingat kenangan indah masa lalu.Restoran ini konsisten pada dekorasi tempat konsep lawas dan proses pemasakan menu makanan juga, yaitu dengan menggunakan tungku kayu bakar sejak tahun 1930-an. Menu utama restoran ini adalah es krim dengan cita rasa tempo dulu menggunakan resep nenek moyang.Dari tekstur, es krim di restoran Tip-top terlihat sama dengan es krim kebanyakan.Tapi tidak rasanya. Karena, begitu sentuhan es sampai di lidah, baru bisa dibedakan apa yang membuatnya berbeda.

7. Sate Padang Al-Fresco



Sate Padang yang satu ini juga jangan sampai terlewatkan. Anda bisa menikmatinya bersama taburan keripik singkong pedas. Campuran citarasa gurih, pedas, dan suara kriuk-kriuknya membuat  selera makan bertambah. Kedai Sate Padang Al-Fresco berlokasi di Jln. Perniagaan (Pajak Ikan) dan buka mulai pukul 19.00 WIB-22.00 WIB.

8. Sate Memeng




Sate Memeng berada di Jalan Irian Barat, No 2, Gang Buntu, Kota Medan. Terletak di pinggir jalan, warung makan ini selalu ramai dikunjungi. Layaknya sate, Sate Memeng punya beberapa pilihan daging. Mulai dari daging ayam, sapi, hati dan usus ada di sini. Pilihan sambal untuk menjadi teman makannya juga beragam. Ada sambal kacang, kecap dan padang.Harga satu porsi sate adalah Rp 20.000 denga isi 5 tusuk sate. Belum termasuk lontong atau nasi. Kedai ini mulai buka pukul 18.00-01.00 WIB. Kamu yang mau makan bersama keluarga bisa menjadikan kuliner ini sebagai pilihan saat mudik ke Medan.

9. Kuliner Pagaruyung 




Pusat Kuliner Pagaruyung ini tidak jauh dari hotel Cambridge, Masjid Ghaudiyah, Kuil Shri Mariamman dan Sun Plaza. Hanya 5 – 8 menit jika ditempuh dengan jalan kaki Apabila anda naik taksi atau becak mesin 99% supir dan pun pengemudi becak mesin pasti tahu tempat ini. Meski kini sudah banyak bermunculan pusat-pusat kuliner baru di kota Medan namun Pagaruyung masih cukup favorit karena keragaman dan kekhasan makanannya.

Kawasan yang luasnya kurang lebih 10 hektare ini juga kerap disebut dengan Kampung Keling atau Kampung Madras. Kenapa dinamakan kampung keling karena mayoritas penduduknya orang yang berasal dari India. Di daerah ini juga ada sekolah Khalsa yang merupakan sekolah berbahasa Inggris pertama di Medan.

Sepanjang Jl. Pagaruyung Medan merupakan surga wisata kuliner di Kota Medan dari dulu sampai sekarang. Segala jenis makanan dan minuman dijual disana, dari mulai sate, martabak, gado-gado, bandrek, jus dan segala macam mie seperti mie rebus dan lainnya.

Tapi yang membuat unik, di pagaruyung ini memiliki makanan khas tersendiri yaitu martabak telur ala india dan mie keling alias mie rebus ala Medan. Kedua makanan ini rasanya sulit anda temukan di tempat lain. Untuk harga makanan dan minuman di Pagaruyung ini bervariasi, tergantung apa yang dipesan.

10.Wajir Seafood



Jika anda mencari tempat makan seafood di Medan, maka Wajir lah tempatnya. Kuliner Wajir beralamatkan di Jl. Kolonel Sugiono No.3 Medan. Aneka makanan dijual di warung-warung tenda disini. Para penjual makanan mulai buka malam hari hingga tengah malam. Menu yang ditawarkan pun beragam, ada Nasi Gurih, Lontong, Opor, dan berbagai lauk semisal krupuk, emping, hingga sate jengkol.

Walaupun harga yang ditawarkan terbilang cukup murah, namun rasa makanan disini tidak kalah dengan masakan restoran. Ada sebuah rumah makan di kawasan Wajir yang terkenal dengan seafood-nya, dimana lagi kalau bukan Wajir Seafood. Wajir Seafood menawarkan masakan khusus seafood dengan service yang berkualitas serta tetap menjaga cita rasa dari menu seafood yang disediakan. Beberapa menu yang laris manis antara lain Cumi Telur Asin, Ikan Steam Tiociu, Udang Goreng Telur Asin, Kangkung Belacan Seafood, dan Belut Cabai Hijau. Diantara sekian banyak menu andalan Wajir Seafood, yang paling digemari para pelancong adalah Belut Cabai Hijau. Masakan ini menjadi top menu karena rasa belut segar, yang digoreng dan dibalur dengan telur, disiram dengan kuah cabai hijau segar, siapkan tisu untuk mengelap air liur anda saat membayangkannya! rasa pedas dari cabai hijaunya sangat meresap ke dalam daging belut.

Harga yang ditawarkan rata-rata Rp. 20.000 hingga Rp. 30.000 per menu. Cukup terjangkau untuk makanan berkelas seperti Belut Cabai Hijau. Wajir Seafood buka dari pukul 16.30 hingga pukul 23.00 WIB setiap harinya, khusus di hari Sabtu, buka mulai pukul 11.00 siang.

11. Gardenia Tropical Garden Resto Medan




Tempat wisata kuliner medan yang satu ini adalah sebuah tempat yang wajib untuk anda kunjungi jika anda sedang berada di Kota Medan, tempat yang bernama Gardenia Tropical Garden Resto ini adalah salah satu tempat makan populer di Kota Medan. Dengan berdiri di Jalan STMK Dalam No. 2A, Medan tentu sudah siap untuk menggoyang lidah pelanggannya dengan menu makanan yang di sajikan. Terlebih lagi apabila anda ingin suasana yang romantis, ini adalah tempat wisata kuliner medan yang di rekomendasikan.

Banyak sekali makanan yang bisa anda pesan di tempat makan bernama Gardenia Tropical Garden Resto ini seperti misalkan saja chicken wings, cheese potato skin, durian tempura dan yang lainnya. Selain makanannya yang enak tempat wisata kuliner medan ini juga mempunyai tempat yang sangat indah tentu di padu dengan dekorasi yang sangat menarik. Untuk harga yang di tawarkan dengan makanan enaknya, tempat wisata kuliner medan ini membadrol makanannya mulai dari Rp. 35.000 saja.

12. Kampung Kuliner Jl. Medan Banda Aceh




Anda yang lagi melancong dari Medan menuju Binjai menggunakan kereta api akan menemukan lokasi ini dengan mudah, terletak tak jauh dari stasiun kereta api, Kampung Kuliner sesuai dengan namanya menawarkan berbagai macam jajanan penghilang lapar tanpa perlu menguras dompet. Dengan nuansa kafe terbuka, teman-teman juga bisa mengadakan pesta ultah kecil dengan sahabat terdekat dengan dekorasi yg tak terlalu meriah sebab tempat ini sudah didesain untuk tempat nongkrong remaja Binjai. Dimalam hari, lampu-lampu sekitaran lokasi akan menambah syahdu suasana

13. Budaya Resto




Budaya Resto, terletak di KM 12,5 Medan - Tanjung Morawa membuat resto ini cukup pas untuk kamu yang pingin makan rame rame yang agak jauh tapi ga terlalu jauh. suasana Jawa langsung terasa terlihat dari interior dan beberapa pondok lesehan yang disediakan di sisi kiri resto. Sempat tergoda untuk duduk di lesehan, tapi akhirnya kami memilih untuk duduk di bangunan resto utama mereka rumah Joglo, kami pilih di sisi kanan karena beda dengan sisi kirinya yang di kelilingi lesehan, di sisi kanan terdapat pendopo dengan beberapa alat musik jawa seperti Gamelan dan Kecapi, kami pilih agar bisa menikmati pertunjukan musik sambil makan.

Dari nama dan suasana resto ini, sudah pasti hidangan yang disediakan adalah makanan tradisional khas Jawa. Kami pesan beberapa menu yaitu Ayam Goreng Bumbu Kuning, Gurami Budaya, Sapi Balado, Cumi Telur Asin, Gado - gado, Sop Buntut, Genjer Belacan, Sayur Asem, Nasi Bakar, dan makanan ringan Tempe Mendoan.

14. Lembur Kuring JL.Tengku Aamir Hamzah No. 85 Heletia Timur



Restoran yang satu ini lumayan tersohor di kota Medan. Alamatnya di jalan Tengku Amir Hamzah No 85 Medan. Ini pertama kalinya saya makan di Lembur Kuring. Melewati gedung yang selalu terlihat dari jalan, terdapat area outdoor yang berisi kursi-kursi dan meja, ayunan, adan arena bermain anak. Di belakang, ada gedung lagi. Dan di sebelah kiri gedung, terdapat kolam berisi ikan koi yang besar-besar dan beraneka warna. Jujur ini di luar ekspektasi saya selama ini. Saya kira restoran ini hanya terdiri satu gedung yang terlihat dari luar saja. Ternyata meluas ke belakang.Kalau makan disini enaknya sih barengan keluarga maupun dengan para sahabat, karena rata-rata menu per porsi bisa untuk 4-5 Orang. Beberapa waktu lalu ada beberapa makanan yang saya pesan antara lain ada Sate Ayam, Sate Kambing, Tahu Telur, Gado-Gado. Ayam Goreng, Urap serta minumannya yang beragam pula. Untuk SeaFood nya, juga ada antara lain, Kepah,, Kepiting, Udang dan lainnya, Soal rasa, silahkan deh datang dan rasakan nikmatnya langsung di Lembur Kuring Medan ini. Rasakan suasana Santap Malam yang berbeda saat di Lembur Kuring.

15. Restoran Garuda 




Boleh dibilang Garuda termasuk dalam salah satu resto padang yang ngetop di Medan. Ada beberapa cabang restoran ini .Sajian ala Padang pun dihidangkan. Semua menu yang ada dihidangkan oleh salah satu karyawan, REstoran garuda mempunyai beberapa tempat di Medan seperti di Jl. H. Adam Malik No.40, Jl Gajah Mada,  Nibung Raya dan beberapa tempat lainnya di Medan

16. Coffee Box Medan



Tempat wisata kuliner medan yang selanjutnya adalah sebuah tempat wisata kuliner yang di namakan Coffee Box yang tentu sangat di rekomendasikan untuk anda. Merupakan sebuah tempat tongkrongan yang sangat asyik yang ada di Kota Medan. Tempat wisata kuliner medan Coffee Box ini berdiri di Jalan Palang Merah atau Suka Mulia Nomor A7, Medan. Rasanya para penggemar kopi nusantara wajib untuk mencicipi hidangan kopi yang ada di Coffee Box ini.

Mempunyai desain vintage rasanya akan memberikan sebuah pengalaman tersendiri bagi anda dan sepertinya banyak sekali makanan yang bisa anda coba di tempat ini mulai dari chinese food, western food hingga makanan indonesia bisa anda dapatkan di sini. Selain kopi juga terdapat jus, teh, shake dan yang lainnya. Jika anda sedang berkunjung ke tempat kuliner medan yang satu ini rasanya wajib untuk datang ke tempat ini, untuk harga mulai dari Rp. 15.000 saja.

17. Rumah Makan Tabona Medan




Tempat wisata kuliner medan yang selanjutnya adalah sebuah tempat wisata kuliner yang oleh pemiliknya di namakan Rumah Makan Tabona. Dan jika anda mengetahui faktanya adalah Rumah Makan Tabona ini merupakan salah satu tempat makan legendaris yang ada di Kota Medan. Rumah Makan Tabona juga telah berdiri kokoh di Jalan Mangkubumi No. 17 A U. R Medan Maimun, Kota Medan. Makanan andalan yang ada di Rumah Makan Tabona adalah kari lezatnya.

Rumah Makan Tabona juga menyajikan beberapa menu yang lainnya seperti misalkan saja sate, emping, kerupuk dan beberapa makanan lainnya. Jika anda berminat menu andalan berupa kari di tempat ini di sediakan beberapa jenis kari seperti misalkan saja kari bihun, kari ayam dan kari sapi. Rumah Makan Tabona buka mulai dari jam 7 pagi sampai dengan jam 10 malam dan untuk harga makanan di sini di banderol mulai dari Rp. 18.000 saja.

18. Jimbaran resto Jl. Babura Baru No.47 Medan




Mendengar kata Jimbaran, pasti pikiran Anda  langsung tertuju pada Bali, salah satu tujuan wisata paling populer di dunia. Namun siapa sangka tempatnya ada di Medan. Restoran bernuansa Bali ini.
Dihibur oleh live music hari Kamis, Sabtu, Minggu mulai jam 20:00 .Tersedia juga meeting room untuk acara ulang tahun, arisan. Menu spesial seperti ikan bakar, udang, cumi, kepiting, seafood, sayur, tumis, tauge, tauco, kangkung, ayam goreng, dll


19. Mie Ayam Jamur Mahmud



Satu lagi gerai makanan yang wajib Anda kunjungi terutama bagi Anda pecinta kuliner, yaitu Mie Ayam Mahmud. Berlokasi di Jalan Abdullah Lubis No 57/71 Medan, seperti namanya Mie Ayam merupakan menu spesial yang ada di Mie Ayam Jamur Mahmud.Mie Ayam Jamur Mahmud ada tiga menu khusus mi ayam yaitu Mie Ayam Jamur Spesial, Mie Ayam Biasa, dan Mie Ayam Pangsit.  Mie Ayam Jamur Mahmud ditawarkan dengan harga mulai Rp 14 ribu sampai Rp 20.500 saja.

20. Kuliner Kawasan Ring Road Medan




Di sepanjang Jalan Gagak Hitam/Ring Road ini banyak kita temukan aneka makanan yang sebagian besar berasal dari luar Medan.Berbagai macam kuliner seperti Ayam Penyet Joko Solo, Ayam Gebrug Citra Solo, Ayam Penyet Sidoarjo, Ayam Petis Cinde Laras, Ayam Kremes Bandung, Ayam Presto, Sop Konro/Coto Makasar/Konro Bakar Saudara, Sop/Sate Kambing Betawi, Iga-iga Bakso, Bakso Gepeng, Indonesia Bakso, Bakso Kepala Sapi (kepala sapi di sini, nama rumah makannya), Miranti Ayam Bakar Bumbu Bali, Ikan Bakar, Mie Ayam Jamur, Mie Goyang Joko Moro, Obonk Steak, Burung Goreng dan Nasi Goreng Mas Pur, Dimsum, Nasi Uduk dan Seafood model tenda, Nasi Uduk Gondangdia cabang Medan, Siomay Bandung, Pempek, Bubur Ayam Jakarta, Aneka Serabi Bandung, dan lain-lain. Tidak ketinggalan resto cepat saji Mc Donald dan KFC juga ditemukan di sini. Yang cukup ramai pengunjungnya adalah Ayam Petis Cinde Laras dan Iga-iga Bakso.

Tentu yang asli khas Medan, dapat kita temukan di sini, seperti Mie Aceh, Sate Padang Danguang-danguang, Regge Corner Lontong Malam, serta tak ketinggalan Bandrek Pak Said. Di sepanjang Jalan Gagak Hitam Ring Road ini juga kita bisa temukan penjual jagung . Semua ada mulai dari kelas kaki lima sampai kelas bintang lima


21. Ayam Goreng Kalasan




Restoran Ayam goreng Kalasan yang terletak di jalan Iskandar Muda No. 292 - 294 ini bisa menjadi pilihan makan malam Anda. Nasi sayur plus ayam goreng dan perkedel disini memang juara. Selain itu anda bisa merasakan kenikmatan yang tak tertandingi.
Ayam goreng kalasan ini menggunakan ayam kampung karna restaurant ini mementingkan rasa dan selera para pengunjung mereka,oleh sebab itu restaurant ini banyak peminat di kota medan. satu porsi untuk ayam kalasan ini harganya sangat terjangkau dan murah, karna di jual dengan harga Rp. 35.000, cocok buat kaum muda dan anda yang ingin menghemat keuangan anda. Saat ini banyak cabang yang ada di Kota Medan , Silahkan kunjungi lokasi terdekat dengan tempat tinggal Anda.

22. Ucok Durian




Tempat yang satu ini menjadi lokasi paling favorit bagi pelancong yang berkunjung ke kota Medan, Bahkan 2 petinggi Negeri ini Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden Joko Widodo juga pernah berkunjung ke tempat yang satu ini. Ucok Durian merupakan salah satu gerai durian di Medan. Sebenarnya ada banyak gerai durian di Medan. Bagaimana tidak banyak karena Medan sendiri termasuk salah satu “produsen” durian paling enak se-Indonesia! Sumber durian yang didapat dari berbagai daerah seperti Sibolga, Pematang Siantar dan durian dengan kualitas yang paling mantap berasal dari Sidikalang. Namun keunikan Ucok Durian ini adalah sudah menjadi semacam trade mark di kota Medan, oleh karenanya tempatnya paling ramai dikunjungi baik oleh warga Medan sendiri ataupun pendatang. Lokasinya berada di jl. Wahid Hasyim dan buka selama 24 jam.

23. Rumah Makan Soto Medan Sinar Pagi 





Rumah Makan Sinar Pagi berada di jalan Sei Deli No 2D, Silalas, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan. Soto di rumah makan ini sudah sangat terkenal di kalangan wisatawan. Bahkan katanya mantan presiden Indonesia, Pak SBY dan Miss Universe sudah pernah makan soto di rumah makan ini.

Soto Medan di sini rasanya memang sangat nikmat dan maknyus. Rempah-rempahnya sangat terasa, sehingga sotonya memiliki ciri yang gurih, segar dan sekaligus menghangatkan tubuh karena rempah-rempahnya yang begitu mendominasi. Paling asyik menikmati sotonya bersama nasi panas dan pergedel kentang serta rempeyek udang.

Di sini juga disediakan agar-agar dingin yang disajikan di dalam gelas terbalik sebagai pencuci mulut. Selain soto, rumah makan sinar pagi juga menyediakan sop, nasi pecal, lontong sayur dan gado-gado.

Rumah makan Sinar pagi buka mulai dari jam 7.00 wib hingga jam 15.00 wib. Bila tertarik makan di sini, traveler harus sabar mengantri atau datanglah pagi-pagi sekali, karena rumah makan ini selalu ramai pengunjungnya apalagi menjelang jam makan siang, bisa-bisa tidak dapat meja. Selamat wisata kuliner di Medan

24. Lontong kak Lin



Sarapan pagi, enaknya dengan lontong sayur ini. Warung lontong Medan Kak Lin ini sudah terkenal, lokasinya berada di depan SMAN 1 Medan atau di Jalan Teuku Cik Ditiro. Tidak di warung tenda, lontong Kak Lin ini berada di sebuah ruko yang nyaman. Rumah makan ini sudah berdiri sejak tahun 1994. Salah satu menu lontong yang wajib Anda coba adalah lontong pecal. Tampilannya mirip seperti pecel atau gado-gado dengan paduan kuah gurih dan tidak encer.

Rasanya yang gurih dan pedas, makin enak dipadu dengan sate kerang. Selain menu lontong pecal, ada juga lontong sayur biasa, lupis hingga nasi gurih yang enak dinikmati untuk sarapan pagi ataupun makan siang. Kalau mau ke sini, sebaiknya jangan datang malam. Kak Lin membuat rumah makannya sejak pagi pukul 06.30 hingga sore hari pukul 18.00.

25. Lontong Terenak di Dunia




Begitulah nama sekaligus gambaran rasa dari semangkuk lontong Medan ini. Konon, nama ini diberikan oleh wakil presiden Jusuf Kalla saat mampir dan mencicip lontong di sini. Walaupun warungnya hanya beratapkan tenda, namun yang datang dari semua kalangan. Lontong nasinya dipadukan dengan kuah santan kental dengan warna oranye dan bisa Anda pilih lauknya sesuai dengan selera.

Selain lontong dan kuah yang gurih, Anda juga bisa menambahkan kentang kecil yang dibumbui rendang gurih yang agak pedas. Selain itu ada juga ikan balado dan jengkol yang sedap untuk teman makan nasi gurih.Buka di jam makan siang yaitu pukul 12.00 hingga 17.00, sebaiknya datang lebih awal ya. Karena menurut banyak sumber, warung ini cepat habis karena ramai. Lokasinya ada di Jalan S. Parman tepat di parkiran Harley Davidson, Medan.

26. Warkop Elisabeth




Terletak tepat di depan Rumah Sakit Santa Elisabeth di Jalan H Misbah, Warkop Elisabeth hampir tak pernah sepi pengunjung. Menu yang ditawarkan cukup sederhana, mulai dari kopi, teh, hingga mi goreng. Meski begitu, tempat ini kerap dijadikan lokasi nongkrong para pengunjung.

Menu andalannya bernama nasi perang, yakni semacam nasi kucing dengan lauk telur, ikan, atau ayam yang biasa dipesan sebagai makanan pembuka. Buka selama 24 jam, kamu bebas datang ke Warkop Elisabeth kapan pun untuk mengisi perut atau sekadar berkumpul bersama orang-orang terdekat.

27. Mie Balap Wahidin




Kuliner khas Kota Medan lainnya bisa kamu temukan di Jalan Wahidin, simpang Jalan Gajah, yaitu Mie Balap Wahidin. Menggunakan mi sebagai menu utama, warung makan ini memiliki menu andalan berupa bihun goreng dan kwetiau goreng. Penamaan “Mie Balap” sendiri diambil dari teknik memasak dan penyajian para penjual yang amat cepat.

Cara pembuatan Mie Balap Wahidin pun unik, yakni digoreng di atas kuali dengan menggunakan kayu bakar. Proses masak inilah yang membuat cita rasa Mie Balap Wahidin cukup khas. Kamu juga bebas memilih lauk apa yang ingin digunakan, mulai dari telur, bakso ikan, hingga cumi-cumi.

28. Jambul Seafood




Anda penyuka kuliner laut, Jambul seafood juga bisa menjadi pilihan mencoba seafood cita rasa seafood medan. Dengan menu andalan kepiting asap, kepiting saos Padang dan udang telur asin, dijamin Anda akan mendapatkan kepuasan olahan seafood yang ini. Lokasinya di jalan Dr. Cipto No.8 Kampung Anggrung Medan.

29. Sop Sumsum Langsa




Ingin mencoba sup sumsum terkenal di Medan? Kalau begitu, Sop Sumsum Langsa di Jalan Yos Sudarso No 73 patut kamu coba. Dengan harga Rp47.000, kamu akan mendapatkan seporsi tulang sumsum besar dengan isi sumsum yang bisa dimakan menggunakan sedotan. Rasa kuahnya pas, gurih dan tidak terlalu asin. Ditambah dengan perasan jeruk nipis dan sambal merah, rasanya semakin sedap. Kamu pasti ketagihan

30. Kuliner jalan Semarang




Jalan Semarang merupakan salah satu kawasan di kota Medan yang memiliki dua fungsi yang berbeda. Jika di siang hari dijadikan sentra penjualan onderdil kendaraan di Medan. Namun pada malam harinya, kawasan sepanjang 200 meter ini disulap menjadi sebuah pasar malam dan tempat wisata kuliner favorit di Medan. Terletak di kawasan pecinan kota Medan, tempat kuliner yang satu ini telah populer sejak tahun 1960 lalu sebagai salah satu pusat hiburan yang ada di kota Medan. Ada berbagai menu pilihan yang bisa Dolaners cicipi di sini. Mulai dari makanan berat hingga aneka janana semua dijual di kawasa Jalan Semarang ini. Salah satu menu favorite yang ada di sini adalah nasi bebek Hainan. Bagaimana penasaran ingin mencoba? Silahkan saja datang langsung pada jam 6 sore hingga 1 dini hari.

31. Restoran Bambu Hijau 




Sangat mudah orang mengenal resto yang satu ini. Bukan Cuma lokasinya yang strategis, di lintas jalan besar utama di Kota Medan, yakni di Jalan T.Amir Hamzah Medan No. 9. Di suguh dengan nuansa Bali yang kental tergambar saat kita memasuki halaman depan, disambut sepasang gapura dan payung ala Bali. Nah, sesuai dengan namanya “Bamboe Hijau Seafood”, ciri khas lain yang tergambar setiap ruangan dan sudut resto ini adalah bahan kontruksinya didominasi oleh bambu, dan pastinya aneka menu yang dihidangkan umumnya seafood. Berikut daftar menunya :Sop Ikan Gurami (Rp65.000,-/porsi), Ayam Bamboe Hijau dengan khas pedas dan aroma cabe hijaunya. Ayam goreng ini untuk satu porsi ada 10 potong (Rp38.000,- ).Kemudian ada(Ayam Bamboe Hijau) Saos padang kepiting dan ikan Gerapu (Rp35.000,-/ons dan Rp15.000/ ons), Kepah Tauco (Rp35.000,-/porsi), Cumi Pete Cabe Hijau (Rp37.000,-/porsi), Ikan Aji-aji Bakar (Rp15.000,-/ons), Ikan Gurami Asam Manis (Rp65.000/ekor), Ikan Patin Bakar (Rp10.000,-/ons), Gerapu Asam Manis (Rp15.000,-/ons). Ada juga menu aneka belut, Belut Cabe Hijau, Belut Lada Hitam, dan lainnya.

32. Martabak Gapa Perniagaan




Tidak tahu mengapa diberi julukan Martabak Gapa, namun kuliner yang satu ini sudah cukup terkenal dulu di beberapa media sosial dan itulah yang membuat tertarik untuk mencari dimana lokasi gerai ini. Ternyata tidak jauh dari lapangan merdeka yaitu tepatnya di Jl. Perniagaan (pajak ikan lama). Martabak Gapa Perniagaan punya empat menu yaitu Martabak Mesir, Martabak Telur, Roti Cane, Nasi Goreng Bombay, dan Roti Cane.

33. Rujak Kolam



Rujak Kolam berlokasi diantara persimpangan tiga jalan Mahkamah-jalan Mesjid Raya Medan. Ada sekitar sepuluh lapak pedagang berdagang rujak. Disana bisa menikmati lezatnya rujak sambil duduk dipinggir kolam yang dulunya tempat pemandian putri Sultan Deli.Satu porsi rujak disana dihargai Rp 12 ribu. Tinggal pesan mau biasa, pedas dan sangat pedas. Tidak terlalu lama menunggu pesanan datang dan diantar. Rujak Kolam diolah secara manual dengan menggiling bumbunya hingga memotong buahnya. Rujak dengan bumbu kacang yang digiling bersama pisang batu terdiri dari ragam buah, seperti mentimun, bengkuang, jambu biji, jambu air, nenas, dan kedondong yang dihidangkan dalam piring pelastik kecil bersama buliran kacang tanah diatasnya cukup menggugah selera.Umumnya, setiap hari libur warga yang bersantai bersama keluarga atau pun pasangannya sambil bersantai menikmati rujak Kolam. Suasana yang tidak ada di kota lain.

34. Rujak Simpang Jodoh




Tentu belum nikmat rasanya kalau belum menyicipi Rasa Rujak Simpang Jodoh. Kalian Anak Medan khususnya pasti sering mendengar tentang Rujak Simpang Jodoh ini. Tembung kini berubah menjadi sebuah kota yang telah berkembang cukup pesat, terlihat dari berbagai bangunan mewah yang telah berdiri disini. Tidak seperti dulu yang sepi dan jauh dari keramaian, jalanan yang rusak . Simpang Jodoh, merupakan sebuah persimpangan pasar 7 Tembung. Sebutan Simpang Jodoh pun tercipta karena keberadaan para penjual Rujak yang ada di Persimpangan ini. aktivitas berjualan rujak sudah ada sejak tahun 1950-an. Daerah tersebut diapit oleh PTPN IX (sekarang PTPN II). Para pedagang yang mulai berjualan dari sore hingga malam ini banyak diminati para pekerja di PTPN. Dulunya persimpangan ini gelap, dan para penjual rujak menggunakan lampu sentir untuk penerangannya. Karena suasana malam yang demikian, tempat ini menjadi lokasi pertemuan janda dan duda yang tinggal di daerah perkebunan dulunya. Dari pertemuan ini mereka berlanjut hingga kepelaminan.

35. Waringin Seafood Jl. Waringin




Waringin Seafood terletak di Jl. Mayang No. 2, Medan Petisah, Sekip, Medan, Kota Medan, Sumatera Utara. Waringin Seafood terkenal dengan kesegaran ikannya dan memiliki cita rasa yang sangat lezat. Seafood yang di rekomendasi disini adalah ikan bakar dan kangkung belacannya. Memiliki tekstur daging ikan yang sangat lembut. Sangat cocok untuk dikunjungi dengan keluarga, teman, pasangan, tamu ataupun kolega.

36. Bolu Gulung Meranti




Bagi petualang oleh oleh khas medan, Bolu meranti bisa menjadi pilihan. Lokasinya tidak jauh jaraknya dari Plaza Medan fair tepatnya di Jl. Kruing No.2k medan. Berbagai rasa bolu gulung tersedia mulai rasa coklat, bluberry, keju,capucino, nanas, kacang , moca. dan lain lain.

37.Bika Ambon Zulaikha




Meskipun memakai nama Ambon, kue Bika Ambon aslinya berasal dari Medan. Kue berwarna kuning dengan tekstur berserat dan berlubang ini sudah cukup lama menjadi pilihan oleh-oleh favorit wisatawan yang berkunjung ke Medan. Selain rasa original, kue Bika Ambon juga memiliki beberapa rasa lainnya seperti rasa pandan, mocca, dan keju. Ada banyak penjual kue bika Ambon di Medan, salah satu yang paling terkenal adalah Bika Ambon Zulaikha di Jalan Mojopahit No. 62.  Harga Bika Ambon ukuran besar antara Rp 60 - 70 ribu dan ukuran kecil antara Rp 35 - 43 ribu dengan daya tahan hingga empat hari.

38. Teri Bajak Medan



Seiring dengan semakin pesatnya perkembangan industri pariwisata di kota Medan, oleh-oleh khas dari kota kita ini juga mengalami pengayaan. Mulai dari kuliner yang berupa kue, kerajinan tangan sampai ikan teri. Ikan teri dari tangan dingin seorang pengusaha muda Windi Septia Dewi, ikan teri yang kaya akan kandungan kalsium ini, disulap menjadi oleh-oleh khas kota Medan. Dengan menggunakan brand Teri Bajak Medan, Windi mengemas ikan teri nasi (teri medan) menjadi cemilan berupa sambal teri dengan berbagai pilihan, diantaranya : teri medan dengan sambal merah atau sambal rawit, teri medan dengan sambal merah / rawit + kacang, teri belah sambal merah atau rawit dan teri belah dengan sambal merah / rawit + kacang. Selain dalam bentuk produk olahan, Teri Bajak Medan juga dapat dibeli berupa Teri Medan mentah atau yang belum diolah.

Dengan menggunakan kemasan zip lock, teri bajak medan ini terlihat menjadi produk tradisional dengan kemasan modern. Selain praktis, dengan kemasan seperti ini memudahkan kita dalam menyimpannya kembali tanpa takut menjadi rusak / tidak gurih lagi. Selain ikan teri dalam bentuk olahan sambal, Teri Bajak Medan juga melakukan inovasi produk, dengan membuat kue bawang. Kue Bawang Teri Bajak Medan ini dibuat dari bahan-bahan yang terbaik sehingga menghasilkan cita rasa yang asin dan gurih sempurna. Untuk pemesanan produk Teri Bajak Medan, Windi menggunakan media sosial line dengan nama teribajak, melalui BBM dengan nomor 754233C9 atau melalui SMS 08116155866. Selain pemesanan secara online, sekarang teri bajak medan sudah bisa didapatkan di Toko NUSANTARA, pusat jajanan dan oleh-oleh khas kota Medan yang terletak di Jalan T.Amir Hamzah no. 17 (sekitar Jl. Karya menuju kompleks Griya Riatur).
Teri Bajak Medan menyediakan Sambel Teri medan siap saji dan langsung bisa di konsumsi :

1. Teri Medan sambel merah / rawit = 30rb/150gr
2. Teri Medan + Kacang sambel merah / rawit = 30 rb/150gr
3. Teri Belah sambel merah / rawit = 30 rb/150gr
4. Teri Belah + Kacang sambel merah / rawit = 30 rb/150gr

Bisa pilih sendiri sambelnya, sambel cabe MERAH atau sambel cabe RAWIT. Sambel langsung di campur dengan teri. Teri Bajak Medan tidak memakai bahan pengawet. Ketahanan 1 bulan di dalam kemasan. Lebih baik di masukkan ke dalam toples.
Teri Bajak Medan jg menyediakan Teri Mentah :
1. 25rb / 200gr
2. 60rb / 500gr
3. 110rb / 1kg

39. Lemang Pak Tanjung Jl. Setiabudi




Lemang adalah makanan yang terbuat dari beras pulut yang dibakar di dalam sepotong bambu. Lemang Medan sudah terkenal sejak tahun 1970an dan banyak dijadikan oleh-oleh. Penjual lemang bisa ditemukan di Jalan Flamboyan, Jalan Gatot Subroto dan Jalan Bromo Medan. Harganya sekitar Rp 20-25 ribu per bambu atau Rp 5 ribu per porsi. Lemang dalam bambu yang belum dibelah tahan dua hari sedangkan yang sudah dibuka hanya tahan satu malam. Salah satu yang terkenal di Medan adalah lemang Pak Tanjung. Nama lengkap Hidayat Tanjung telah sepuluh tahun lamanya berjualan lemang panas. Berdagang lemang panas khas leluhurnya dari Mandailing telah menghidupi istri dan tiga anaknya.Saat ditanyai resep khas, Pak Tanjung  bilang ada resep spesial lemang buatannya. Katanya lemang miliknya dibakar dengan bara dari batok kelapa.

40. Pancake Durian Maidanii




Pancake durian adalah salah satu dari sekian oleh-oleh khas Medan yang populer dan pancake durian ini telah dinikmati kekhasan rasanya di seluruh Indonesia.  Maidanii Pancake Durian dengan slogan “Lumer di Mulut, Pecah di Lidah” siap menjadi buah tangan atau oleh oleh yang bisa Anda bawa jika berkunjung ke Medan.
Selain pancake durian kami juga menyediakan:Durian Kupas Box, Durian Goreng (Frozen dan siap digoreng),Durian Cup,Daging Durian Beku, Aneka Dimsum Frozen dll.

41.  Sirup Markisa Noerlen 




Sirup Markisa Noerlen adalah salah satu pusat oleh-oleh paling inovatif di Medan. Grup-grup wisata mancanegara sudah menjadikan pusat pengolahan makanan yang berlokasi di Jalan Sei Tuan ini sebagai tujuan wisata belanja oleh-oleh di Medan. Produk utamanya adalah aneka sirup olahan markisa segar, tanpa pengawet dan tanpa pewarna. Pemiliknya Rachmi Novianti adalah penerus warisan almarhumah ibunya, yang telah merintis usaha ini sebagai legacy keluarga.Selain aneka minuman olahan dari buah markisa lokal, Rachmi juga mengoleksi dan menyeleksi berbagai produk kerajinan lokal di tokonya. Mereka sangat ketat dalam persyaratan produk, terutama menyangkut faktor kesehatan dan mutu yang tinggi.Rachmi sebelumnya tinggal di Singapura bersama anaknya, dan kini ia bertekad mengembangkan warisan usaha ibundanya dan menjaga nama baik Sirup Markisa Noerlen.

42. Restoran pohon Pisang




Rumah makan pertama yang dapat Anda kunjungi adalah Rumah Makan Pohon Pisang. Namanya memang cukup unik, namun menu makanan yang disajikan di tempat ini sangat enak, dengan harga yang terjangkau. Berada di kompleks The Crown. Jl. S Parman, Medan Baru Blok A no 16-17 Medan, Sumatra Utara ini memang memiliki beberapa varian menu yang harus Anda coba, salah satu yang paling difavoritkan adalah Ayam Tangkap, yang disajikan dengan bumbu khas dan juga daun pandan. Aromanya tentu sangat menggugah selera makan Anda. Untuk masalah harga tidak pelru khawatir, menu makanan di tempat ini, dihargai sekitar RP 30.000 hingga Rp 50.000.

43. Pusat Oleh Oleh Jl. Mojopahit




Makanan khas suatu kota menjadi hal yang paling diburu wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh saat menyambangi sebuah tempat. Entah itu makanan dan minuman, setiap kota memiliki tujuan wisata yang menawarkan produk unggulan  sebagai oleh-oleh yang menjadi trade mark dari kota tersebut.Untuk membeli beberapa oleh-oleh tersebut, wisatawan hanya perlu  mengunjungi jalan Majapahit.Pasalnya, sepanjang jalan tersebut menawarkan aneka oleh-oleh yang menjadi trademark-nya Medan.Tiap ruko menawarkan hal yang berbeda sehingga wisatawan dibuat puas memilih dan belanja apa saja yang ingin dibawa.Aneka jenis makanan, kue-kue, minuman dan kopi khas Sumut rapi terpajang dalam etalase.Harga untuk tiap jenis oleh-oleh pun beragam, seperti sirup marqisa dibandrol Rp 25 hingga Rp 55 ribu tergantung ukuran, aneka kripik pisang, ubi dan lain-lain Rp 8 ribu hingga Rp 15 ribu tergantung ukuran.Selain itu, ada juga kopi sipirok pergram 25 ribuan, ikan teri Medan Rp 35 seperempat dan tauco perbungkusnya Rp 15 ribu.

44. Medan Napoleon



Medan Napoleon merupakan sebuah cake yang kini menjadi Oleh-oleh baru khas kota Medan. Medan Napoleon sendiri merupakan sebuah bisnis cake dari artis Irwansyah. Cake Medan Napoleon hadir dalam 5 Varian Rasa yaitu ada Banana Crezy, Caramel, Cheese, Green Tea, dan satu lagi yang istimewa yaitu rasa Durian. Cake ini berbentuk persegi panjang dan berukuran 25 x 9 cm. Alamat : Jl. Wahid Hasyim no.46/35 (samping Chirurgie Cafe) Medan 
Telepon. 061-88814431

45. Lontong Warung Bu' Tom




Tempatnya ada di Jalan Kelambir V, dekat pasar (pajak) Kampung Lalang Medan. Sejak pagi sekitar pukul 06.30, warung ini sudah buka. Kuah santan yang gurih sedap makin enak ketika ditambahkan dengan tauco pedas, sambal kering kentang dan bihun. Makin enak disantap dengan kerupuk dan balao telur. Dijamin bikin kenyang

46. Kia Cake



Satu lagi oleh-oleh yang wajib Anda kunjungi ketika berada di Kota Medan yaitu Kia Cake. Pemilik Kia cake adalah Zaskia Sungkar dan Irwansyah yang juga pemilik Medan Napoleon. Beralamat di Jalan Sisingamangaraja Medan, Kia Cake  menawarkan beragam varian kue berbahan pisang barangan.Ada beberapa varian kue berbahan pisang barangan yang bisa didapatkan di Kia Cake yang salah satunya adalah Cheese Delight.Harga Kue Its Kia Cake Cookies Cream - Rp 65.000, Strawberry Silky - Rp 68.00, Cheese Delight - Rp 65.000,Macha Torte - Rp 68.000,Cake Durian - Rp 68.000, Sweet Chocolate - Rp 68.000

47. Kuenya Ayu



Yang ini adalah kue milik Ayu Ting Ting. ada 3 gerai di medan diantaranya di pasar 4 Martelan, BINJAI (Jalan Soekarno Hatta No.2 Binjai)dan di Jalan Sisingamangaraja No.9 Medan Kota). Daftar harga dan varian kuenya Ayu : Kuenya Ayu Original Cheese IDR 35.000, Blueberry IDR 35.000, Nutella IDR 40.000, Chocolate IDR 35.000, Pandan IDR 29.000, Mango IDR 35.000, Choco Crunchy IDR 40.000,  Milo Cheese IDR 38.000  dan rasa Durian IDR 40.000 

48. Chruncy Banana Medan




Saat ini ada dua outlet Crunchy Banana Medan yang berada di Jalan Kapten Muslim No F4 dan Jalan Veteran No 103. Respon masyarakat cukup positif dengan kehadiran Crunchy Banana Medan. Hal tersebut terlihat dari jumlah penjualan setiap harinya mencapai 700 kotak per hari . Selain rasa tiramisu oreo, ada juga varian lainya seperti  cocomaltine, Green Tea, Coklat Keju. harga pastinya tidak menguras kantong cukup Rp 26.000 per paket cocok untuk oleh oleh jika Anda berkunjung ke Medan.

49. Medan Par Par




Setelah sukses dengan Surabaya Patata yang bekerja sama dengan adiknya, Ria Ricis, Artis dan ustadzah Oki Setiana Dewi membuka bisnis kue kekinian dan oleh-oleh kekinian di Kota Medan. Namanya Medan Par Par. Hal ini dilatarbelakangi, seringnya Oki Setiana Dewi ke Medan karena di Medan telah memulai usaha bisnis butik do Kota Medan. Nama Medan Par Par sendiri diambil dari Bahasa Batak yaitu Par Par yang arti nya adalah berlipat ganda atau beranak pinak dan berharap Medan Par Par ini bisa berlipat ganda dan semakin banyak atau bisa menghadirkan cabang Medan Par Par di mana-mana tetapi masih di wilayah Medan. karena Medan Par Par ini mempunyai konsep dan tujuan menjadi oleh-oleh Khas Medan. Harga Medan Par Par Pastry rasa Heavy Chocolate - Rp 75.000, rasa Olehloh - Rp 75.000, rasa Durian Nougatine - Rp 70.000, rasa Blueberry Cheese - Rp 70.000, rasa Mocca Tiramisu - Rp 70.000, rasa Greentea Darkness - Rp 65.000, rasa Talas Chocolate - Rp 65.000, rasa Creamy Cheese - Rp 65.000.

50. Bolu Toba




Satu lagi toko kue  di Kota Medan. Bolu Toba akan menambah deretan kue-kue kekinian artis milik Andika Pratama dan Ussy Sulistiawati . Bertempat di Jalan Abdullah Lubis No.63/77 Medan, Bolu Toba Medan, oleh-oleh kekinian resmi dibuka pada Minggu, 4 Februari 2018.

Load Comments

Subscribe Our Newsletter