Provinsi Bengkulu memiliki berbagai destinasi wisata. Pantai Panjang, Danau Dendam Tak Sudah, Gunung Berapi Bukit Kaba. Selain itu berbagai macam kekayaan hutan yang dapat ditemukan di Bengkulu seperti Bunga Rafflesia Arnoldi, Anggrek Air vanda Hookeriana, Kayu Medang, Meranti, Ratan dan Damar. Tanaman lainnya sangat dibudidayakan oleh masyarkat adalah Minyak Kelapa Sawit, Getah Karet, Kopi, Durian, Jeruk, Sayuran dan lainnya.Beberapa macam hewan seperti Harimau Sumatera, Gajah, Monyet dan Rangkong adalah hewan yang menempati hutan di Provinsi Bengkulu.  Pada rtikel ini Khanjadi Blog akan mengajak traveler untuk mengeksplore kekayaan alam air terjun di Bumi Rafflesia ini silahkan simak selengkapnya :

1. Air Terjun Paliak 



Air Terjun paliak berlokasi di Desa Embong I, Kecamatan Uram Jaya, Kabupaten Lebong mempunyai ketinggian 25 meter. Diperlukan sekitar 30 menit menembus hutan, menyeberangi sungai, dan melompati bebatuan. Siapkan nyali, kemampuan berenang, fisik, dan mental untuk menjumpai air terjun nan cantik itu. Maklum, selama ini Air Terjun Paliak cukup populer bagi masyarakat setempat, tetapi tak banyak wisatawan datang mengunjungi karena kurangnya promosi.

2. Air Terjun Batu Betiang



Air Terjun Batu Betiang berada di di Desa Babakan Baru, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu. Tinggi air terjun ini sekitar 2,5 meter. Di bagian kirinya, ratusan batu menyerupai tiang berbentuk balok dengan tinggi 10 – 100 cm tersusun rapi, membentuk tempat duduk sekaligus anak tangga hingga ke puncaknya. Sedangkan di sisi kanan, ratusan batu yang juga menyerupai tiang dengan tinggi hingga 500 cm tersusun rapat, membentuk dinding. Di atasnya, tumbuh banyak pohon. Dari Curup, Ibu Kota Rejang Lebong, perjalanan butuh waktu 15 – 20 menit dengan sepeda motor, menuju Dusun Mirasi, Desa Babakan Baru. Selanjutnya, perjalanan dilanjutkan berjalan kaki sekitar dua jam, santai dan dua kali istirahat dikarenakan licin. Bila musim kemarau, waktu tempuh akan lebih cepat 30 menit.

3. Air Terjun Kemumu / Palak siring



Air Terjun Kemumu berlokasi di Desa Kemumu, Bengkulu Utara. Air Terjun Kemumu. Tingginya sekitar 30 meter dan dengan aliran air yang cukup deras. Traveler memang harus menyiapkan stamina sebelum berangkat ke air terjun. Untuk melihat langsung si cantik Kemumu ini, wisatawan harus menuruni sekitar 200 anak tangga terlebih dahulu, kemudian lanjut berjalan kaki lagi sampai di depan air terjun.

4. Air Terjun Pemandian Punai 



Air terjun Pemandian Punai merupakan salah satu objek wisata alam baru yang ada di Dusun Air Lang Desa Empat Suku Menanti, Kecamatan Sindang Dataran, Kabupaten Rejang Lebong. Nama dari Pemandian Punai itu sendiri diambil dari nama burung yakni burung Punai, karena dilokasi itu merupakan tempat pemandian burung punai, bahkan pengunjung dapat melihat burung tersebut mandi pada pagi hari sebelum matahari terbit.

5. Air Terjun Datar Lebar



Air Terjun Datar ini berada di Bengkulu Tengah tepatnya berada di Desa Lebar, Bengkulu Tengah. Keindahan yang akan ditampilkan dan disajikan untuk para pengunjung berupa sebuah air terjun yang memiliki ketinggian mencapai 20 meter. Air terjun di sini diapit oleh dua buah batu besar atau tebing sehingga penampakannya terlihat semakin indah. Bebatuan yang menjadi saksi bisu dari jernihnya serta dinginnya air terjun ini akan nampak terlihat jelas.  Hadirnya bebatuan alam yang memiliki bentuk dan  ukuran yang bervariasi ini juga menjadi pendukung keindahan yang dimiliki oleh air terjun datar.

6. Air Terjun Sengkuang



Air terjun Sengkuang terletak di Desa Suka Sari, Kecamatan Kabawetan, Kabupaten Kepahiang .Untuk menuju ke Air Terjun Sengkuang ini anda akan menempuh jarak sejauh 35,4 Km dari pusat Kota Kepahiang waktu tempuh dari Pasar Kepahiang sekitar 45 menit. Jajaran bebatuan besar dan derasnya air menjadi tantangan tersendiri. Namun, segarnya air terjun alami ini akan menjadi pengobat letih kita sepanjang perjalanan. 

7. Air Terjun Curug Sembilan


Air Terjun Curug Sembilan merupakan salah satu air terjun paling indah di Indonesia terletak di Desa Tanah Hitam, Kecamatan Padang Jaya, Bengkulu Utara. Biasanya air terjun yang bertingkat hanya bisa dilihat dari tingkat teratas, atau bahkan antara satu tingkat dan tingkat lainnya berjauhan. Tapi air terjun ini sangat berjajar dan layaknya bertingkat-tingkat. Masyarakat yang mengunjungi lokasi Air terjun juga bisa dimanjakan dengan suasana hutan yang masih perawan berikut dengan flora dan fauna di dalamnya. Di sekeliling lokasi Curug 9 juga dikenal masih terdapat binatang-binatang hutan meskipun diyakini bukan binatang yang berbahaya.

8. Air Terjun Kokoi 



Air Terjun Kokoi berlokasi di Desa Taba Tembilang Bengkulu Utara. Air terjun ini  menarik kunjungan wisatawan dari sekitar wilayah Bengkulu Utara dan Provinsi lain. Daya tarik air terjun ini  adalah kejernihan airnya, yang di dalamnya banyak ikan dan tumbuhan.Kehidupan biota air tawar yang masih baik baik jenis ikan air tawar maupun hewan air lainnya.  Keunikan berikutnya adalah air terjun ini berbentuk tumpukkan batu yang mengendap dan terbentuk sudah puluhan tahun bahkan ratusan tahun lalu yang dan memiliki arus air yang cukup deras, 

9. Air Terjun Curug Tigo



Air Terjun Curug Tigo di Desa Napal Jungur Kecamatan Lubuk Sandi Kabupaten Seluma.. Lokasi yang ramai dikunjungi para remaja ini sebenarnya bukan air terjun Curug Tigo. Air terjun Curug Tigo keberadaanya masih diatasnya lagi dari tempat remaja itu mandi dan bermain air. Jarak tempuhnya sekira 800 meter lagi, atau 30 menit dengan berjalan kaki.

10.Air Terjun Lubuk Langkap.



Air Terjun Lubuk Langkap berada di Desa Sukamaju Air Nipis kecamatan Seginim Kabupaten Bengkulu Selatan. Berjarak sekitar 25 km dengan waktu tempuh kurang lebih 45 menit dengan mengendarai kendaraan dari kota Manna. Air terjun ini  belum banyak diketahui para wisatawan.

11. Air Terjun Geluguran



Air Terjun Geluguran terletak di Desa Pino, Kecamatan Ulu Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan. air terjun gelugiran ini memiliki tujuh tinggakatan. Para pengunjung dapat menyaksikan keindahan air terjun ini dari dekat, karena tepat dibawah air terjun ini para pengunjung dapat berenang bebas menikmati kesegaran dan kejernihan air yang dimiliki. Para pengungunjung uga tidak perlu khawatir karena lokasi untuk mandi atau berenang dibawah air terjun ini tidak terlalu dalam hanya sekitar kuramg lebih 2 meter saja. Namun para pengunjung juga tetap perlu berhati-hati saat mandi atau berenang di lokasi ini.

12. Air Terjun Kepala Curup. 


Air Terjun Kepala Curup terletak di Desa Kepala Curup Kecamatan Binduriang, Rejang Lebong. Air Terjun Kepala Curup memiliki ketinggian 100 meter dengan memiliki panorama alam yang sangat memukau. Akses untuk menuju ke lokasi ini terbilang tidak begitu sulit. Apabila anda memulai perjalanan dengan menggunakan kendaraan dan dari Kota Curup hanya berjarak kurang lebih sekitar 30 km dan dengan waktu tempuh sekita 1 jam. Anda juga dapat menuju lokasi dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun dengan menggunakan kendaraan umum. Selanjutnya untuk sampai di lokasi air terjun anda harus menempuh perjalanan dengan berjalan kaki. Perjalanan ini berjarak kurang lebih sekitar 300 meter dari jalan raya.

13. Air Terjun Tiga Tingkat.



Air terjun tiga tingkat Desa Air Putih Kecamatan Putri Hijau Bengkulu Utara . Disebut Air Terjun Tiga Tingkat karena objek wisata itu memang berupa air terjun yang terdiri dari tiga tingkat. Tingkat pertama dengan ketinggian sekitar 10 meter, tingkat kedua 20 meter dan tingkat ketiga sekitar 30 meter. Karena masih baru, untuk sampai ke lokasi air terjun pengunjung masih harus berjalan kaki menyusuri Sungai Sempiang. Dari Desa Air Tenam jaraknya sekitar 3-4 km atau satu jam perjalanan kaki. Artinya, butuh waktu 2-3 jam jika perjalanan dimulai dari Kota Manna menggunakan kendaraan bermotor.

14. Air Terjun Sangei



Air Terjun Sangei yang berada di kawasan Bukit Resam, Desa Padang Bano (versi Lebong)/Rena Jaya (versi Bengkulu Utara).Untuk menuju lokasi, dari ibukota Lebong di Tubei membutuhkan waktu tempuh kurang dari satu jam. Tiba di KM 12 Padang Bano, dari jalan raya Lebong-Arga Makmur, lokasinya bisa dicapai dengan jalan kaki selama sekitar 30 menit.

15. Air Terjun Batu Layang



Air terjun Batu Layang terletak di Desa Batu Layang, Hulu Palik,Kabupaten Bengkulu Utara. Berjarak sekitar 55 kilometer dari pusat kota Bengkulu. Air terjun ini sendiri memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 60-70 meter dengan lebar mencapai 40 meter. Keindahan air terjun ini juga masih sangat alami karena objek wisata ini memang belum setenar dengan objek wisata lainnya di Bengkulu. Air terjun ini bahkan memiliki 3 air terjun sekaligus dan dengan jarak yang saling berdekatan. Ketiga air terjun ini juga mengaliri satu sungai yang sama. Aliran air di sungai juga terbilang sedang, tidak terlalu deras sehingga lokasi ini cukup aman bagi para pengunjung yang ingin berenang bebas sambil menikmati segarnya air pegunungan.

16. Air Terjun Gelanggang



Air Terjun Gelanggang terletak di Kecamatan Air Besi tepatnya di  Dusun Curup Kabupaten Bengkulu Utara yaitu kira kira 25 menit dari Kota Arga Makmur.Objek Wisata Alam Air Terjun Gelanggang ini terbilang Cukup sejuk, karena tempat ini termasuk dalam kawasan perkebunan warga setempat yang dikelilingi pepohonan yang rindang .Objek Wisata  Air Terjun Gelanggang ini tidak terlalu Jauh dari pemukiman warga setempat, hal ini bisa kita gunakan untuk menitipkan kendaraan bermotor kita yang kita gunakna ke lokasi, jaraknya pun hanya sekitar 100 meter untuk menuju ke lokasi sehingga merasa aman saat mengisi liburan di tempat wisata air terjun gelanggang tersebut.

17. Curug Cay



Air terjun Curug Cay. terletak di Desa Bukit, Kecamatan Talang Empat, Kabupaten Bengkulu Tengah. Wisatawan dapat menempuh perjalanan darat dari Kota Bengkulu menuju lokasi dengan jarak sekira 25 kilometer, estimasi waktu tempuh 45 menit. Air terjun Curug Cay di Bumi Rafflesia memiliki tinggi sekira 12 meter. Di sekitar masih tumbuh pepohonan menjulang tinggi, Sejuk suasananya. Air terjun itu memiliki kolam seluas 15 hingga 20 meter. Airnya dingin, jernih. Kedalaman air kisaran 3 meter.

18.  Air terjun Tingkis Sakti



Air terjun Tingkis Sakti, namanya. Objek wisata itu di Kabupaten Seluma. Desa Sekalak Kecamatan Seluma Utara, tepatnya. Dari Kota Bengkulu sekira 30 kilometer (km), ditempuh dengan perjalanan darat. Tidak kurang dari 3 jam, lamanya.

19. Air Terjun Mandi Angin



Air terjun Mandi Angin adalah air terjun tertinggi di Bengkulu terletak di Desa Air Berau Kecamatan Pondok Suguh Kabupaten Mukomuko. Tingginya mencapai 135 meter. Berada di kawasan Hutan Produksi Terbatas (HPT) yang masih cukup alami, untuk menuju ke lokasi air terjun ini, relatif mudah karena bisa dicapai dengan mengendarai sepeda motor atau mobil hingga ke tebing air terjun. Butuh waktu perjalanan selama lebih kurang 3 jam dari Kota Mukomuko ke bukit tersebut, lalu ditambah dengan berjalan kaki menuruni tebing ke posisi air itu jatuh yang berupa telaga, antara 10-15 menit bila tak hujan.

19 Tempat Wisata Air Terjun Di Bengkulu Yang Wajib Anda Kunjungi

Provinsi Bengkulu memiliki berbagai destinasi wisata. Pantai Panjang, Danau Dendam Tak Sudah, Gunung Berapi Bukit Kaba. Selain itu berbagai macam kekayaan hutan yang dapat ditemukan di Bengkulu seperti Bunga Rafflesia Arnoldi, Anggrek Air vanda Hookeriana, Kayu Medang, Meranti, Ratan dan Damar. Tanaman lainnya sangat dibudidayakan oleh masyarkat adalah Minyak Kelapa Sawit, Getah Karet, Kopi, Durian, Jeruk, Sayuran dan lainnya.Beberapa macam hewan seperti Harimau Sumatera, Gajah, Monyet dan Rangkong adalah hewan yang menempati hutan di Provinsi Bengkulu.  Pada rtikel ini Khanjadi Blog akan mengajak traveler untuk mengeksplore kekayaan alam air terjun di Bumi Rafflesia ini silahkan simak selengkapnya :

1. Air Terjun Paliak 



Air Terjun paliak berlokasi di Desa Embong I, Kecamatan Uram Jaya, Kabupaten Lebong mempunyai ketinggian 25 meter. Diperlukan sekitar 30 menit menembus hutan, menyeberangi sungai, dan melompati bebatuan. Siapkan nyali, kemampuan berenang, fisik, dan mental untuk menjumpai air terjun nan cantik itu. Maklum, selama ini Air Terjun Paliak cukup populer bagi masyarakat setempat, tetapi tak banyak wisatawan datang mengunjungi karena kurangnya promosi.

2. Air Terjun Batu Betiang



Air Terjun Batu Betiang berada di di Desa Babakan Baru, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu. Tinggi air terjun ini sekitar 2,5 meter. Di bagian kirinya, ratusan batu menyerupai tiang berbentuk balok dengan tinggi 10 – 100 cm tersusun rapi, membentuk tempat duduk sekaligus anak tangga hingga ke puncaknya. Sedangkan di sisi kanan, ratusan batu yang juga menyerupai tiang dengan tinggi hingga 500 cm tersusun rapat, membentuk dinding. Di atasnya, tumbuh banyak pohon. Dari Curup, Ibu Kota Rejang Lebong, perjalanan butuh waktu 15 – 20 menit dengan sepeda motor, menuju Dusun Mirasi, Desa Babakan Baru. Selanjutnya, perjalanan dilanjutkan berjalan kaki sekitar dua jam, santai dan dua kali istirahat dikarenakan licin. Bila musim kemarau, waktu tempuh akan lebih cepat 30 menit.

3. Air Terjun Kemumu / Palak siring



Air Terjun Kemumu berlokasi di Desa Kemumu, Bengkulu Utara. Air Terjun Kemumu. Tingginya sekitar 30 meter dan dengan aliran air yang cukup deras. Traveler memang harus menyiapkan stamina sebelum berangkat ke air terjun. Untuk melihat langsung si cantik Kemumu ini, wisatawan harus menuruni sekitar 200 anak tangga terlebih dahulu, kemudian lanjut berjalan kaki lagi sampai di depan air terjun.

4. Air Terjun Pemandian Punai 



Air terjun Pemandian Punai merupakan salah satu objek wisata alam baru yang ada di Dusun Air Lang Desa Empat Suku Menanti, Kecamatan Sindang Dataran, Kabupaten Rejang Lebong. Nama dari Pemandian Punai itu sendiri diambil dari nama burung yakni burung Punai, karena dilokasi itu merupakan tempat pemandian burung punai, bahkan pengunjung dapat melihat burung tersebut mandi pada pagi hari sebelum matahari terbit.

5. Air Terjun Datar Lebar



Air Terjun Datar ini berada di Bengkulu Tengah tepatnya berada di Desa Lebar, Bengkulu Tengah. Keindahan yang akan ditampilkan dan disajikan untuk para pengunjung berupa sebuah air terjun yang memiliki ketinggian mencapai 20 meter. Air terjun di sini diapit oleh dua buah batu besar atau tebing sehingga penampakannya terlihat semakin indah. Bebatuan yang menjadi saksi bisu dari jernihnya serta dinginnya air terjun ini akan nampak terlihat jelas.  Hadirnya bebatuan alam yang memiliki bentuk dan  ukuran yang bervariasi ini juga menjadi pendukung keindahan yang dimiliki oleh air terjun datar.

6. Air Terjun Sengkuang



Air terjun Sengkuang terletak di Desa Suka Sari, Kecamatan Kabawetan, Kabupaten Kepahiang .Untuk menuju ke Air Terjun Sengkuang ini anda akan menempuh jarak sejauh 35,4 Km dari pusat Kota Kepahiang waktu tempuh dari Pasar Kepahiang sekitar 45 menit. Jajaran bebatuan besar dan derasnya air menjadi tantangan tersendiri. Namun, segarnya air terjun alami ini akan menjadi pengobat letih kita sepanjang perjalanan. 

7. Air Terjun Curug Sembilan


Air Terjun Curug Sembilan merupakan salah satu air terjun paling indah di Indonesia terletak di Desa Tanah Hitam, Kecamatan Padang Jaya, Bengkulu Utara. Biasanya air terjun yang bertingkat hanya bisa dilihat dari tingkat teratas, atau bahkan antara satu tingkat dan tingkat lainnya berjauhan. Tapi air terjun ini sangat berjajar dan layaknya bertingkat-tingkat. Masyarakat yang mengunjungi lokasi Air terjun juga bisa dimanjakan dengan suasana hutan yang masih perawan berikut dengan flora dan fauna di dalamnya. Di sekeliling lokasi Curug 9 juga dikenal masih terdapat binatang-binatang hutan meskipun diyakini bukan binatang yang berbahaya.

8. Air Terjun Kokoi 



Air Terjun Kokoi berlokasi di Desa Taba Tembilang Bengkulu Utara. Air terjun ini  menarik kunjungan wisatawan dari sekitar wilayah Bengkulu Utara dan Provinsi lain. Daya tarik air terjun ini  adalah kejernihan airnya, yang di dalamnya banyak ikan dan tumbuhan.Kehidupan biota air tawar yang masih baik baik jenis ikan air tawar maupun hewan air lainnya.  Keunikan berikutnya adalah air terjun ini berbentuk tumpukkan batu yang mengendap dan terbentuk sudah puluhan tahun bahkan ratusan tahun lalu yang dan memiliki arus air yang cukup deras, 

9. Air Terjun Curug Tigo



Air Terjun Curug Tigo di Desa Napal Jungur Kecamatan Lubuk Sandi Kabupaten Seluma.. Lokasi yang ramai dikunjungi para remaja ini sebenarnya bukan air terjun Curug Tigo. Air terjun Curug Tigo keberadaanya masih diatasnya lagi dari tempat remaja itu mandi dan bermain air. Jarak tempuhnya sekira 800 meter lagi, atau 30 menit dengan berjalan kaki.

10.Air Terjun Lubuk Langkap.



Air Terjun Lubuk Langkap berada di Desa Sukamaju Air Nipis kecamatan Seginim Kabupaten Bengkulu Selatan. Berjarak sekitar 25 km dengan waktu tempuh kurang lebih 45 menit dengan mengendarai kendaraan dari kota Manna. Air terjun ini  belum banyak diketahui para wisatawan.

11. Air Terjun Geluguran



Air Terjun Geluguran terletak di Desa Pino, Kecamatan Ulu Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan. air terjun gelugiran ini memiliki tujuh tinggakatan. Para pengunjung dapat menyaksikan keindahan air terjun ini dari dekat, karena tepat dibawah air terjun ini para pengunjung dapat berenang bebas menikmati kesegaran dan kejernihan air yang dimiliki. Para pengungunjung uga tidak perlu khawatir karena lokasi untuk mandi atau berenang dibawah air terjun ini tidak terlalu dalam hanya sekitar kuramg lebih 2 meter saja. Namun para pengunjung juga tetap perlu berhati-hati saat mandi atau berenang di lokasi ini.

12. Air Terjun Kepala Curup. 


Air Terjun Kepala Curup terletak di Desa Kepala Curup Kecamatan Binduriang, Rejang Lebong. Air Terjun Kepala Curup memiliki ketinggian 100 meter dengan memiliki panorama alam yang sangat memukau. Akses untuk menuju ke lokasi ini terbilang tidak begitu sulit. Apabila anda memulai perjalanan dengan menggunakan kendaraan dan dari Kota Curup hanya berjarak kurang lebih sekitar 30 km dan dengan waktu tempuh sekita 1 jam. Anda juga dapat menuju lokasi dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun dengan menggunakan kendaraan umum. Selanjutnya untuk sampai di lokasi air terjun anda harus menempuh perjalanan dengan berjalan kaki. Perjalanan ini berjarak kurang lebih sekitar 300 meter dari jalan raya.

13. Air Terjun Tiga Tingkat.



Air terjun tiga tingkat Desa Air Putih Kecamatan Putri Hijau Bengkulu Utara . Disebut Air Terjun Tiga Tingkat karena objek wisata itu memang berupa air terjun yang terdiri dari tiga tingkat. Tingkat pertama dengan ketinggian sekitar 10 meter, tingkat kedua 20 meter dan tingkat ketiga sekitar 30 meter. Karena masih baru, untuk sampai ke lokasi air terjun pengunjung masih harus berjalan kaki menyusuri Sungai Sempiang. Dari Desa Air Tenam jaraknya sekitar 3-4 km atau satu jam perjalanan kaki. Artinya, butuh waktu 2-3 jam jika perjalanan dimulai dari Kota Manna menggunakan kendaraan bermotor.

14. Air Terjun Sangei



Air Terjun Sangei yang berada di kawasan Bukit Resam, Desa Padang Bano (versi Lebong)/Rena Jaya (versi Bengkulu Utara).Untuk menuju lokasi, dari ibukota Lebong di Tubei membutuhkan waktu tempuh kurang dari satu jam. Tiba di KM 12 Padang Bano, dari jalan raya Lebong-Arga Makmur, lokasinya bisa dicapai dengan jalan kaki selama sekitar 30 menit.

15. Air Terjun Batu Layang



Air terjun Batu Layang terletak di Desa Batu Layang, Hulu Palik,Kabupaten Bengkulu Utara. Berjarak sekitar 55 kilometer dari pusat kota Bengkulu. Air terjun ini sendiri memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 60-70 meter dengan lebar mencapai 40 meter. Keindahan air terjun ini juga masih sangat alami karena objek wisata ini memang belum setenar dengan objek wisata lainnya di Bengkulu. Air terjun ini bahkan memiliki 3 air terjun sekaligus dan dengan jarak yang saling berdekatan. Ketiga air terjun ini juga mengaliri satu sungai yang sama. Aliran air di sungai juga terbilang sedang, tidak terlalu deras sehingga lokasi ini cukup aman bagi para pengunjung yang ingin berenang bebas sambil menikmati segarnya air pegunungan.

16. Air Terjun Gelanggang



Air Terjun Gelanggang terletak di Kecamatan Air Besi tepatnya di  Dusun Curup Kabupaten Bengkulu Utara yaitu kira kira 25 menit dari Kota Arga Makmur.Objek Wisata Alam Air Terjun Gelanggang ini terbilang Cukup sejuk, karena tempat ini termasuk dalam kawasan perkebunan warga setempat yang dikelilingi pepohonan yang rindang .Objek Wisata  Air Terjun Gelanggang ini tidak terlalu Jauh dari pemukiman warga setempat, hal ini bisa kita gunakan untuk menitipkan kendaraan bermotor kita yang kita gunakna ke lokasi, jaraknya pun hanya sekitar 100 meter untuk menuju ke lokasi sehingga merasa aman saat mengisi liburan di tempat wisata air terjun gelanggang tersebut.

17. Curug Cay



Air terjun Curug Cay. terletak di Desa Bukit, Kecamatan Talang Empat, Kabupaten Bengkulu Tengah. Wisatawan dapat menempuh perjalanan darat dari Kota Bengkulu menuju lokasi dengan jarak sekira 25 kilometer, estimasi waktu tempuh 45 menit. Air terjun Curug Cay di Bumi Rafflesia memiliki tinggi sekira 12 meter. Di sekitar masih tumbuh pepohonan menjulang tinggi, Sejuk suasananya. Air terjun itu memiliki kolam seluas 15 hingga 20 meter. Airnya dingin, jernih. Kedalaman air kisaran 3 meter.

18.  Air terjun Tingkis Sakti



Air terjun Tingkis Sakti, namanya. Objek wisata itu di Kabupaten Seluma. Desa Sekalak Kecamatan Seluma Utara, tepatnya. Dari Kota Bengkulu sekira 30 kilometer (km), ditempuh dengan perjalanan darat. Tidak kurang dari 3 jam, lamanya.

19. Air Terjun Mandi Angin



Air terjun Mandi Angin adalah air terjun tertinggi di Bengkulu terletak di Desa Air Berau Kecamatan Pondok Suguh Kabupaten Mukomuko. Tingginya mencapai 135 meter. Berada di kawasan Hutan Produksi Terbatas (HPT) yang masih cukup alami, untuk menuju ke lokasi air terjun ini, relatif mudah karena bisa dicapai dengan mengendarai sepeda motor atau mobil hingga ke tebing air terjun. Butuh waktu perjalanan selama lebih kurang 3 jam dari Kota Mukomuko ke bukit tersebut, lalu ditambah dengan berjalan kaki menuruni tebing ke posisi air itu jatuh yang berupa telaga, antara 10-15 menit bila tak hujan.

Load Comments

Subscribe Our Newsletter