Wisata  alam merupakan wisata favorit dari dulu. Selain memandang indahnya alam dan sejuknya udara, wisata alam merupakan wahan alam yang sangat cocok untuk menyegarkan badan, karena kita bisa menghirup sejuknya udara, menghilangkan penat selama dalam penat selama dalam pekerjaan, bahkan tak jarang kita bisa mandi sepuasnya di alam terbuka bersama keluarga dan teman teman. Di wilayah sekitar ibukota provinsi Sumatera Utara, Medan. Banyak tempat wisata pemandian alam, pemandian air panas bahkan air terjun yang eksotik dan danau ini tersebar di Kabupaten Deli Serdang, Binjai, dan Langkat  Ketiga wilayah ini merupakan daerah hulu sungai dan pegunungan. Ke 40 tempat wisata pemandian ini sudah dikelola oleh masyarakat setempat, sehingga kita tidak usah khawatir akan keselamatan dan keamanan lokasinya. bahkan beberapa tempat menjadi ikon wisata Sumatera Utara

1. Pemandian Alam Barbar Sari


Pemandian alam Babarsari terletak di wilayah Tuntungan  kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara , sekita 25 km arah Berastagi belok kanan ke arah Tuntungan, lokasinya tidak jauh asal kota Medan. atau 7 km dari Simpang Tuntungan arah Kutalimbaru. Tempatnya yang masih asri, membuat lokasi pemandian sangat nyaman bagi anak anak, pengelolaan tempat yang baik seperti fasilitas yang lengkap pondok istirahat yang bersih, musholla, tempat parkir, keamanan, akses menuju tempat lokasi dan masyarakat sekitar juga berpartisipasi menjual hasil kebunnya dan buah buahannya dengan harga yang sangat murah. Ini adalah bukti bahwa pemilik lokasi ini lebih memberikan kepuasan pengunjung daripada yang lainnya.

Ditempat wisata ini Anda dapat berenang sepuasnya di sungai yg tak terlalu deras dan  airnya cukup bening dan  tidak perlu khawatir tiba-datang terjadi banjir yg relatif deras karena di bagian hulu/ bukit barisan terjadi hujan lebat, yg berarti cukup aman bagi anda dan  famili berenang sepuasnya dengan tarif tiket masuk yg relatif murah. Cukup dengan tiket masuk Rp 25,000 per mobil  sudah bisa masuk lokasi dan dengan membayar pondok istirahat Rp 50.000 , sobat bisa berkumpul bersama keluarga dan menyegarkan diri mandi di alam terbuka dengan air yang sangat jernih dan tidak membahayakan bagi anak anak.

2. Pemandian Alam Karomah Sembahe


Letak Pemandian Karomah tepatnya di Desa Mbelin Kec. Sibolangit  Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara. Tempat pemandian ini menjadi idola baru bagi para wisatawan lokal. Air yang sangat dingin karena berasal dari pegunungan langsung. Lokasi pemandian airnya agak deras dan batu batu yang besar membuat tantangan sendiri. Namun berhati hati jika Anda membawa anak kecil harus tetap didampingi. Seperti lokasi pemandian pada umumnya fasilitas pondok/ gubuk pinggir kali, musholla yang luas, kamar mandi, tempat parkir juga tersedia dan layak pakai.


3. Wisata Alam Armaya Nature


Wisata Armaya Nature terletak di Desa Sukarende Kec. Kutalimbaru, Pancur Batu Deli Serdang. Sejak berdiri 2010 yang lalu, lokasi wisata ini menawarkan berbagai wahana alam yang sangat mengesankan. Tempatnya sangat indah, sejuk dan tentram, sehingga bisa menghilangkan penat dan beban fikiran saat bekerja. Ditempat ini Anda bisa berolahraga, berkuda, memancing , mandi dan lain lain. Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang ingin berwisata alam bersama komunitas. Fasilitasnya sangat lengkap mulai dari kolam renang, tempat pemancingan, lapangan rumput yang luas, tempat parkir dan restoran dan lain lain.


4. Pemandian alam Agape Jalan Talun Kenas


 Terletak di Dusun III Namo Pecawir - Jl. Besar Talun Kenas, Kab. Deli Serdang, 15 Km dari Medan, Pemandian Alam AGAPE merupakan salah satu sungai yang suasananya masih asri dan pemandangan yang indah akan membuat liburan keluarga anda semakin seru. Untuk menuju lokasi ini dapat menggunakan: KPUM P24 dari simpang Pos - menuju Deli Tua - Talun Kenas, dan Titi Kuning - Menuju Deli Tua - Talun Kenas. Juga bisa menggunakan Angkot Rajawali dari Amplas - menuju Talun Kenas. Disampaing Anda bisa mandi sepuasnya di sungai Agape, Fasilitas yang disediakan Kolam Pancing Keluarga, Kebun Jambu Kelutuk (Bisa Petik Sendiri), Kebun Jambu Air (Bisa Petik Sendiri), Camping Area , Tempat Parkir yang luas.


5. Pemandian Alam Sarilaba Biru Indah Sibiru-biru


Pemandian Alam Sibiru-biru tepatnya terletak di Kecamatan Sibiru-biru, kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Untuk dapat sampai dilokasi ini, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil, sepeda motor dan angkutan umum. Hanya satu angkutan umum yang bisa mengantarkan anda sampai ke objek wisata Biru-biru ini yaitu Angkot KPUM D95. Waktu yang dibutuhkan hanya sekitar  1-1.5 jam perjalanan dari kota Medan. Untuk tiket masuknya anda akan dikenakan biaya sekitar 5000-10000/orang. Pantai Sibiru-Biru ramai dikunjungi pada saat hari libur seperti minggu serta hari libur besar lainnya. Tempatnya cukup asik dan sejuk, disini juga anda bisa melakukan berbagai aktifitas seperti mandi dan berenang disungainya, Mancing, serta acara bakar-bakar ikan, seperti yang saya lakukan bersama teman.

6. Pemandian Alam Namorambe


Lokasinya berada di Kecamatan Namorambe Deli Serdang, pemandian alam di Namorambe justru menawarkan suasana privat yang lebih. Karena tempat ini sangat jauh dari hiruk pikuk kendaraan yang lalu lalang.spot pemandian yang bisa Anda coba disepanjang jalan Namorambe. Anda bisa pilih salah satu, cukup bayar parkir dan sewa pondok. Untuk menuju lokasi ini, akses yang paling mudah dan paling bagus adalah melalui Jalan Karya Jaya Medan Johor. Dari perempatan Lapangan Sejati atau Rumah Sakit Mitra Sejati kamu lurus aja hingga ketemu desa Namorambe. Jaraknya sekitar 15 hingga 20 kilometer. Untuk menuju lokasi ini kamu harus naik kendaraan pribadi, untuk akses jalan nya terbilang mulus.

7. Pemandian Putri Hijau


Berbeda dengan pemandian alam pada umumnya, Pemandian Putri Hijau bernama Pancuran Gading yang berada di desa Pamah, Deli Tua. Kecamatan Namorambe kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara merupakan pemandian yang mempunyai nilai sejarah. Keampuhan mandi air Putri Raja (Putri Hijau) bisa mengubah nasib, banyak dipercaya banyak kalangan. Mulai orang Melayu, Batak hingga orang Tiongkok pun banyak datang ke sini minta rezeki, jodoh dan kesembuhan.Selain itu khasiat air dari tempat pemandian ini dipercaya juga dapat menyembuhkan berbagai.penyakit. Bentuknya hanya sebuah kolam dengan pancuran air, sehingga jika Anda berkunjung kesini tidak bisa menikmati keindahan alam, namun tempat ini merupakan salah satu situs cagar budaya di sekitar kota Medan.

8. Pemandian Alam Sembahe


Pemandian ini merupakan salah satu pemandian tertua di Medan. Letaknya persis pinggir  lintas jalan Medan - Berastagi. Letaknya di Desa Sembahe Kec. Sibolangit Deli Serdang. Anda . Alam Sembahe ini hampir sama dengan kebanyakkan sungai lain yang pernah dilihat namun karena letaknya di daerah pegunungan inilah yang membuat daya tarik tersendiri oleh pengunjung. Jika para wisatawan ingin berwisata ke tempat ini, para wisatawan akan merasakan kesejukan dan deinginnya air di Pemandian Alam Sembahe tersebut. Aliran sungai ini tidak terlalu besar, dengan bebatuan yang menghiasi sungai ini, air sungai ini sangat jernih sehingga para pengunjung dapat berendap sepuasnya di sungai ini. Waktu yang cocok untuk berendam adalah pagi hari, ketika matahari baru menyingsing, setelah berendam anda dapat berjemur di atas bebatuan yang ada di sungai ini, sambil menikmati hangatnya sinar matahari. Selain itu udara di Sembahe pun masih asri, karena merupakan kawasan pedesaan dan bagian dari kaki pengunungan Bukit Barisan. Pengunjung bisa duduk-duduk di pondok yang ada di tepi sungai.

9.  Pemandian alam Sini Suka Biru Biru.


Pemandian ini masih belum terlalu dikenal oleh masyarakat dan pengelolaannyapun masih sederhana, lokasinya Di Desa Sari Laba Jahe, Biru-Biru, Deli Serdang


 10. Pemandian Alam Ketaren Group


Pemandian alam ketaren satu lokasi dengan taman wisata Ketaren Group, berada + 20 km dari pusat kota Medan ke arah Berastagi. Tempat ini ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal untuk menikmati suasana taman rekreasi dan  pemandian sungai yang sejuk airnya dan jarak serta waktu tempuh menuju objek relatif tidak lama serta mudah dijangkau. Biasanya Warga kota Medan, Deli Serdang, Binjai dan Langkat yang hobi rekreasi dan melihat keindahan alam pasti selalu mengunjungi dan mencari tempat-tempat wisata yang indah dan asri yang menurut meraka Taman rekreasi dan pemandian Alam Ketaren cocok untuk keluarga mereka. Lokasinya di Desa Perpanden ada satu taman rekreasi Ketaren Group yang di kelola oleh  putra daerah setempat, suku Karo Marga Ketaren di tanah milik mereka seluas 2,5 Ha yang di tata dengan rapi indah dan asri. Lokasi taman rekreasi tersebut terletak di Kecamatan Kutalimbaru kabupaten Deliserdang Propinsi Sumatera Utara.Taman rekreasi dan pemandian alam Ketaren Group setiap hari libur menyediakan pentas hiburan untuk para pengunjung yang hobbi music dan dapat bernyanyi bersama-sama maupun request lagu dapat dinyanyikan oleh artis- artis ibu kota medan  diiringi music Ketaren Group sambil menikmati indahnya panorama alam dan lambaian pohon hijau. Terkhusus dihari biasa Taman rekreasi ketaren group juga buka tanpa ada pengutipan bayaran tiket masuk dan bagi wisatawan yang ingin mengadakan  acara ulang tahun, arisan keluarga, dan pertemuan- pertemuan lainnya  di Taman rekreasi Ketaren tersebut dapat dilakukan  dengan cara menghubungi marketing dari Taman Rekreasi tersebut. Fasilitas yang disediakan tergolong lengkap mulai tempat parkir, restoran, musholla dll.

11. Pemandian Alam Batu Katak, Bohorok, Langkat 


Wisata Batu Katak yang berlokasi di kabupaten langkat, Kecamatan Bahorok, simpang empat pasar bahorok sebelah kiri kalau kita menuju wisata bukit lawang yang sudah sangat terkenal itu, dan dari simpang empat pasar bahorok kita akan menempuh perjalanan  sekitar 8 km selama 30 menit menuju lokasi objek wisata batu katak dengan rata-rata kecepatan kendaraan yang kita gunakan seperti  sepeda motor, jasa ojek trail, becak, atau mobil pribadi yaitu 30 km/jam.
 Lokasi wisata ini tidak jauh dari Objek Wisata Bukit Lawang yang sudah terkenal sampai ke manca negara. Objek Wisata Batu Katak ini jaraknya hanya ± 7 km dari Pekan Bohorok atau ± 80 km dari kota Medan. Perjalanan ditempuh dari Medan – Binjai – Pekan Bohorok – Batu Katak. Dari Simpang Pekan Bahorok ke kiri dan terus saja, sampai di penghujung maka jumpa dengan objek wisata ini. Lama perjalanan dari kota Medan menuju lokasi wisata batu katak ± 2 1/2 jam.

    Suasanya sangat nyaman pada hari-hari tertentu, jika tidak banyak pengunjung.
    Pepohonan yang rindang dan sejuk karena merupakan hutan Lauser.
    Terkadang tampak binatang siamang yang bergelantungan di pohon
    Sebagian arus ada yang deras dan ada yang tenang
    Khusus anak-anak juga bisa, karena ada yang hanya sebatas betis orang dewasa, sehingga aman bagi anak-anak.
    Airnya sangat jernih dan segar.

    Tiket masuk per orang : Rp.3.000,-
    Parkir Kendaraan Roda 4 : Rp.10.000,-
    Parkir Keandaraan Roda 2 : Rp 5000,-
    Sewa Tenda : Rp.20.000,-
    Sewa Ban : Rp.15.000,-
    Penginapan tersedia, per kamar : Rp.100.000,- s/d 150.000,- (Fasilitas : Extabed, Kipas angin, Kamar Mandi)
    Makanan dan Minuman, tersedia di warung, harga relatif dan masih terjangkau

12. Pemandian Pantai Salju, Bangun Purba

Entah kenapa disebut Pagar Salju, yang jelas objek wisata air ini tetap mengasyikkan untuk dikunjungi sama seperti destinasi wisata lain di Kabupaten Deli Serdang. Berada di Desa Mabar Kecamatan Bangun Purba, Pemandian Pagar Salju memang sangatlah rugi bila tak dikunjungi. Kesegaran air nan dingin mampu membuat anda menggigil kedinginan.
Pantai Salju atau Pantai Bela di Kecamatan Bangun Purba, Deli Serdang, Sumatera Utara. Selain memanjakan tubuh, dapat juga memanjakan pemandangan alam desa lengkap dengan bebatuan. Ketika bertemu dengan pantai, sebenarnya bukanlah pantai laut, tapi karena air bersih dan sungainya luar, maka bibir sungai seperti bibir pantai. Akan tetapi, warga Bangun Purna menyebutnya pantai. Itulah sebabnya, tempat pemandian yang segar itu dinamakan Pantai Bela atau Pantai Salju.Pengelolaan Pantai Salju dan Pantai Bela itu dilakukan oleh warga setempat dengan membayar Rp.15.000 atau kadang Rp.25.000 per mobil berikut orang yang didalamnya. Harga tergantung nego dan tidak ada patokan yang resmi.

13. Pemandian Alam Lau Sigembur


Pemandian Alam Lau Sigembur berada di Desa Simada-mada Kecamatan STM Hilir, jaraknya + 31 km dari Kota Medan, Dari kota Medan, atau  perjalanan selama 1 jam 15 menit, melewati Simpang Terminal Amplas, Patumbak, desa Talun Kenas, desa Siguci. Kecamatan STM Hilir ternyata memiliki pemandian alam nan asri. Letaknya yang jauh dari keramaian membuat objek wisata Deli Serdang ini masih terawat dengan sangat baik. Anda dapat menikmati segarnya air sungai yang mengalir diantara bebatuan seraya menikmati suguhan pemandangan nan hijau sejauh mata memandang.


14.Pemandian Air Panas Embun Pagi Penen


Pemandian Air Panas Embun Pagi terletak di di Desa Penen, Kecamatan Sibiru-biru, Kabupaten Deli Serdang, di Sumatera Utara. Pemandian Air Panas Embun Pagi Penen berbeda dengan tempat wisata sejenis lainnya di Deli Serdang. Penen berada di Desa Penen Kecamatan Sibiru-Biru. Air yang bersumber dari proses geologi ini mengandung unsur belerang dan suhunya cukup panas. Banyak pengunjung percaya bahwa Belerang dapat menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit kulit.Pemandian tersebut menawarkan pemandangan alam yang asri, suasana pedesaan yang masih terjaga, dan adanya sumber mata air panas.Selain kolam buatan juga ada kamar mandi dan ruang ganti baju, dan area parkir yang sudah disediakan untuk mobil dan sepeda motor. Biaya masuk ke Pemandian Air Panas Embun Pagi juga terjangkau, yaitu sebesar Rp 5 ribu.Pengunjung sudah bisa mandi sepuasnya dan memilih pondok-pondok yang disediakan untuk istirahat atau memakan bekal makanan.

15. Pemandian Alam Casanova Indah

Walaupun tempat pemandian ini sering dikunjungi muda-mudi yang sedang kasmaran, namun tidak menyurutkan pengunjung yang membawa keluarga berkunjung ke pantai ini. Lokasinya di Jalan Pantai Kasan, Kec. Patumbak, Deli Serdang, benar-benar memiliki tempat wisata yang tak jauh berbeda dengan mengandalkan potensi alam. 

Pemandian Kassanova telah menjadi favorit bagi para pengunjung karena kesegaran airnya yang terasa langsung masuk ke tulang. Hanya dengan Rp 15 ribu , Anda sudah mendapatkan sewa Pondok/gubuk terbuka, pondok dengan penutup terpal 20 ribu, pondok dengan pintu kayu dan yang berbentuk kamar Rp 30 ribu.

16. Pemandian Alam Sari

Pemandian ini masuk ke dalam Desa Sukadene Kecamatan Kutalimbaru sama seperti Pemandian Alam lainnya yakni Sue Bagan Tualang dan Taman Rekreasi Ketaren Group. Pemandian alam ini tak jauh berbeda dengan yang lain, selain menikmati kejernihan dan kesegaran airnya, anda juga dapat merasakan nikmatnya kuliner di sekitar bibir sungai.

17. Air Terjun Sampuren Putih, Sibolangit


Lokasinya bisa ditempuh dari  Pemandian Air panas Penen,menempuh perjalanan sekitar 12 km, Tepatnya diberlokasi di di Desa Cinta Rakyat/Basukum, Kecamatan Sibolangit Kab. Deli Serdang. Konon, air terjun ini memiliki 7 kelokan atau di sebut 7 tingkat. Namun, 6 tingkat lainnya tidak bisa kita lihat dari bawah air terjun. kita harus naik ke puncak dan meihatnya dari atas. tapi... tidak mudah untuk mendaki puncak itu karna tergolong angker. Dan kalau kita mandi di air terjun itu, kita tidak boleh dekat denagn pusaran air itu. Karna kita bisa tersedot oleh derasnya arus air yang dalamnya 12 m.

18. Air Terjun Siluman, Langkat.

Air Terjun Siluman berada di lokasi Desa Garunggang, Langkat. Untuk menuju ke lokasi wisata, Anda dapat menggunakan jasa Pemandu Track Alam Rumah galoh (Petar), Pemandu Goa dan Pemandu PJ yang berada di sepanjang jalan Desa Rumah Galuh. Akses jalan menuju kawasan objek wisata dari Medan sudah cukup bagus. Hanya saat di Desa Garunggang yang sulit. Dari desa Garunggung sepanjang 4 kilometer, ditambah tracking melewati jalan yang curam, jalan dengan kondisi tanah berlumpur dan licin sepanjang 6 km, kemudian jalan kaki sepanjang 4 km karena akses jalan berlumpur yang dalam.
Keindahan Air Terjun Siluman tidak memiliki kepastian, namanya saja sudah siluman, tiba-tiba ia memunculkan diri, kemudian bisa hilang seketika.Beningnya air kolam yang seperti kaca saja, sudah dapat memberikan kesenangan tersendiri. Jika dilihat dari atas, alirannya terhimpit batu besar. Sehingga jika tidak sedang banjir, aliran airnya sedikit sehingga tidak tampak seperti air terjun. Tempat ini pun baru ditemukan tahun 2012 dan dibuka akses untuk wisatawan pada 2013.

19. Air Terjun Tongkat, Sei Bingei


Disebut air terjun tongkat karena ada sebuah kayu yang bersandar di tebing air terjun ini. Selain kayu yang berdiri dan bersandar, ada banyak kayu besar yang berada di bawah. Kayu-kayu besar yang mulai lapuk itu sekaligus menajdi tempat untuk bersantai menikmati keindahan alam di air terjun tongkat ini. Lokasinya bisa ditempuh jika Anda dari Langkat, menuju ke Binjai lalu menuju ke Namo Ukur Pekan. Jika bertemu dengan Kantor Polisi Sei Bingei,akan muncul papan petunjuk  3 KM sebelum sampai dilokasi. Perjalanan yang sulit dengan menapaki tangga harus Anda lalui. Jika ingin menuju ke lokasi ini persiapkan fisik, bekal dan mental yang kuat. Airnya yang bening demikian menggoda untuk bermain-main didalamnya sembari melepaskan

20. Pemandian Alam Rumah Galuh (PELARUGA), Kolam Abadi ,Air Terjun Teroh-Teroh


Masih di lokasi Sei Bingei, tepatnya di Desa Galuh, Kecamatan Namu Ukur, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.Untuk menempuh lokasi ini, kita membutuhkan waktu paling lama satu jam perjalanan dari Kota Medan menuju Kotamadya Binjai.  Kemudian dari Binjai sekitar satu sampai satu setengah jam perjalanan lagi. Jadi, kalau di total bisa memakan waktu sekitar 2,5 atau bahkan 3 jam perjalanan total jika berangkat pada saat jam sibuk

 Air Terjun Teroh-teroh foto oleh www.medanwisata.com
Kolam Abadi adalah nama pemandian alamnya,sedangkan Teroh teroh adalah nama air terjunnya. Kolam Abadi memiliki kedalaman  airnya ada yang mencapai 3 meter, tapi kita dapat dengan jelas melihat segala sesuatu di dasar kolam seperti batu dan pasir. Airnya dingin, dan kelihatan kebiruan sangking jernih nya & tembus  hingga ke dasar sungainya. Sedangkan Air Terjun Teroh-teroh tidak terlalu tinggi namun memiliki keindahan tersendiri. Air Terjun Teroh-tero sendiri berasal dari bahasa Karo yang berarti Air terjun Bawah-bawah. Kenapa diberi nama itu ? karena memang Air terjun ini dibawah lembah yang cukup unik. Fegetasi flora dan fauna menaungi kawasan air terjun di kabupaten langkat ini. Hal tersebut membuat temperatur terasa semakin dingin,terlebih bila anda mencelupkan diri ke dalam jatuhnya air Teroh-teroh. Ketinggian air terjun Teroh-tero sekitar 12 meter,percikan air dan bebatuan di sekitarnya terasa begitu alami.


21. Pemandian Alam dan Air Terjun Betala



Air Terjun Betala berlokasi di Desa Sarilaba Jahe Penen, Kecamatan Sibirubiru, Kabupaten Deliserdang Provinsi Sumatera Utara atau sekitar 25 km sebelah selatan kodya Medan.

Menikmati pemandian alam dengan air terjunnya tak banyak pilihan. Selain masih jarang ditemukan pada lokasi yang dekat dengan Kota Medan, belum tentu semua air terjun aman. Pemandian alam Air Terjun Betala, selain relatif mudah dijangkau dan aman, panoramanya masih alami dan airnya segar.

Air terjun Betala masih alami dan relatif aman untuk menjadi tempat rekreasi keluarga. Air yang masih jernih terjun dari ketinggian tebing sekitar 25 meter dengan panorama yang masih asri di sekitarnya. Aliran Sungai Betala di bawahnya aman untuk mandi bersama keluarga dengan dasar yang landai dan dangkal.
Hawa sejuk segar dengan panorama menghijau di sekitarnya merupakan daya tarik tersendiri. Kalau kebanyakan pemandian alam menyisakan air “bekas” konsumsi oleh pengunjung pemandian alam di hulu, namun pemandian Betala menikmati air segar alami yang belum dikonsumsi dari hulu.

22. Pemandian Alam Dan Air Terjun Loknya


Terletak di Desa Bandar Baru, Sibolangit, Bentuk tebing yang tak beraturan juga tidak membuat wisatawan merasa sakit saat berada di bawahnya.Walaupun deras, air terlebih dahulu mengenai bagian tebing yang menonjol tersebut.Keindahan itu tentu membuat wisata pemandian Air Terjun Loknya yang tingginya 25 meter itu, semakin dinikmati, sesuai dengan namanya yang disingkat dari Lokasi Nyaman (Loknya)..Perpaduan wisata air terjun, sungai, pepohonan rimbun, dan suasana pedesaan ada di lokasi wisata Air Terjun Loknya.Di sana wisatawan akan melihat pemandangannya yang indah, ada air yang mengalir begitu jernih, pohon-pohon besar yang rimbun, dan batu-batu besar tidak beraturan.

23. Pemandian Alam Lau Penda, Pancur Batu


Lokasinya tidak jauh dari Armaya Nature, Anda bisa tempuh dari Kota Pancir Batu ke arah kanan (dari kota Medan) kurang lebih 30 menit. Lokasi yang cukup dekat dengan kota Medan bisa menjadi alternatif pemandian baru bagi Anda dan keluarga.

24. Pemandian Alam/Kolam  Lau Kulap, Air Terjun Mentari Pagi, Air Terjun Lau Bengaru,Telagah,Langkat. 


Kolam lau Kulap berasal dari mata air pegunungan langsung dan bisa di tempuh dengan mobil karena jalan yang cukup mulus. Tempat ini menjadi unk karena biasanya pemandian kolam air berada di kota, namun disini juga dibangun wahana air di tengan alam.
 Air Terjun Mentari Pagi 3 Sejoli Foto oleh http://salamsumu.blogspot.com

Selain pemandian kolam, ada juga air terjun Mentari Pagi 3 Sejoli, di Dusun Tanjung Bunga Desa Telagah, Kec. Sei Bingei, Langkat. Walaupun debit airnya kecil namun ketinggian airnya yang diatas 80 meter membuat air terjun ini patut dikunjungi, selain itu pemandangan disekitarnya yang sangat mengagumkan.

Air Terjun Lau Bengaru foto oleh http://salamsumu.blogspot.com

Masih dilokasi yang sama ada lagi Air terjun lau Bengaru, air terjun ini mempunyai ketinggian 25 meter
Ketiga tempat ini tidak berjauhan , semuanya berada di satu Desa Telagah, Langkat.

25. Air Terjun 24 Tingkat, Air Terjun Satu , Batang Serangan Langkat


 Air Terjun 24 Tingkat yang terletak di Desa Sei Musam, Kecamatan Batang Serangan, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara. Air terjun ini memiliki tingkatan hingga 24 tingkatan dengan ketinggian dari lima meter hingga 30 meter. Air terjun yang letaknya tersembunyi dan belum banyak diketahui wisatawan ini memiliki panorama yang indah dan memesona. . Air yang jernih yang meluncur melalui bukit bebatuan membuat pesona tersendiri air terjun ini

Selain Itu ada Air Terjun Satu. Wisatawan yang datang diharuskan memakai pemandu, selain untuk memandu ke tempat objek wisata, pemandu juga yang akan mengeluarkan surat izin (permit) untuk masuk berwisata ke hutan TNGL.
Apalagi, objek wisata Air Terjun Satu di kawasan Air Panas Glugur terbilang baru dan masih belum terekspos karena jaraknya yang jauh dan aksesnya yang ekstrim, jadi jasa pemandu lebih dari dari satu orang sangat direkomendasikan jika tertarik ke tempat ini.
Bukan karena untuk mencapai Air Terjun Satu cukup jauh ke dalam hutan, melainkan medannya yang ekstrim dan tidak tertebak. Dikarenakan air terjun berada di hutan tropis, kawasan hutan hujan, maka akses sering kali tertutup akibat longsor sehingga wisatawan harus berputar melewati akses lainnya, yang hanya diketahui pemandu. Padahal, jika sedang tidak ada longsor, menuju ke Air Terjun Satu hanya 10 menit atau sekitar 100 meter.

26. Air Terjun Saringana


Lokasinya Terletak di Desa Sulkam, Kecamatan Kutambaru Marike, Kabuapten Langkat. Provinsi Sumatera Utara. Air Terjun setinggi 60 meter dengan curahan airnya yang cukup deras serta pemandangan alam sekitarnya yang sangat indah dan memesona menjadikan Air Terjun Saringana merupakan Tempat Wisata Keren Di Kabupaten Langkat yang patut Anda coba.

27. Danau Linting

Danau Linting terletak di Kawasan desa Sibunga-bunga Hilir, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.
Untuk menikmati keindahan serta kesegaran danau traveller cukup membayar uang retribusi sebesar Rp 5 ribu per orang.
Untuk menuju ke lokasi tersebut traveller dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat, namun perlu berhati-hati karena jalan menuju ke Danau tersebut belum benar-benar mulus.
Untuk rute Anda harus melewati Simpang terminal Amplas (Kecamatan Patumbak) kemudian masuk Desa Talun Kenas dilanjutkan ke Desa Siguci dan Desa Kuta Jurung selanjutnya Anda akan sampai di desa Sibunga-bunga Hilir.

28.Air terjun Satu Hati Sibolangit


  Air Terjun Satu Hati memiliki ketinggian sekitar 20 meter dengan debit air yang jatuh cukup deras. Pada Air Terjun terdapat sebuah batang Pohon yang secara tidak sengaja berdiri miring menyandar ke air Terjun tersebut. Sehingga sepintas mirip Air Terjun Tongkat yang ada di Kabupaten Langkat. Udara hutan sibolangit sangatlah sejuk dan Asri, menatap air terjun membuat hati serasa tenang. Sudah sebulan tidak melakukan perjalanan seperti ini. Pengunjung bisa menikmati air terjun ini sambil mandi dibawahnya. Ada satu yang membuat kurang nyaman saat menikmati Air terjun Satu Hati ini, yaitu banyak tumpukan sampah di sekitar air Terjun. Kurang tahu juga dari mana sampah ini berasal, apakah dari para pengunjung ataukah sampah yang hanyut saat banjir.

29. Air Terjun Sikulikap Doulu

Masih tidak terlalu jauh dari Kota Medan menuju Berastagi , Air Terjun Sikulikap atau Sampuren Sikulikap menurut penduduk sekitar adalah sebuah air terjun eksotis yang cantik. Air Terjun Sikulikap berada di Jalan Jamin Ginting Km.54, Desa Doulu, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.Tepatnya berada di bawah Panatapan, sebuah tempat wisata kuliner bagi anak Medan dan sekitarnya yang ada di Berastagi. Tempat ini menyediakan tempat nongkrong, ngopi dan makan jagung bakar serta dapat melihat pemandangan bukit-bukitnya yang indah begitu juga dengan monyet Gibbon.

30. Air Terjun Tarunggang Deli Serdang


 Tidak Jauh dari wisata danau Linting,  Air Terjun Tarunggang ini merupakan salah satu tempat wisata yang berada di Kabupaten Deli Serdang. Tepatnya terletak di Desa Rumah Lengo, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda Hulu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, tepatnya persis berada sebelum lokasi Danau Linting. Air Terjun Tarunggang ini juga memiliki keunikan tersendiri. Air terjun ini memiliki pasir putih yang membuat kita merasa tengah berada di pantai. Meski tidak memiliki air yang jernih, namun Air Terjun Tarunggang ini dapat dijadikan tempat rekreasi dan refreshing di kala penat. Pasalnya, Air Terjun Tarunggang ini masih jauh dari jamahan tangan-tangan usil manusia. Hal ini dibuktikan sulitnya akses menuju air terjun ini. Kita harus melewati hutan dari kebun-kebun untuk sampai ke air terjun ini. Air terjun ini memiliki gua-gua kecil di pinggiran dindingnya. Selain itu, Air Terjun Tarunggang ini memiliki pasir putih yang membuat pemandangan air di sekitar air terjun menjadi selaras. Inilah yang menarik di wisata Air Terjun Tarunggang ini. Air Terjun Tarunggang ini sering dijadikan tempat memancing oleh warga sekitar. Karena letaknya yang berada di balik pepohonan, maka masih jarang wisatawan mengetahui tempat ini. Selain itu, untuk menikmati air terjun secara dekat, kita harus memarkirkan kendaraan kita di dekat rumah warga, karena akses jalan hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki. Kita harus turun ke bawah untuk menikmati keindahan alam ini.

31. Air Terjun Dua Warna

Air Terjun Dua Warna atau Dwi Warna, sebuah objek wisata yang terletak di Desa Durin Sirugun, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara ini memiliki keindahan yang memukau indra visual anda.. Air terjun yang berada di area kaki Gunung Sibayak sekaligus menjadi sumber dari air terjun tersebut benar sangat unik karena hanya dalam satu area saja anda akan dapat menikmati 3 air terjun dengan dua warna sekaligus. Keindahan alam yang luar biasa, sehingga tak perlu kaget ketika bertemu banyak wisatawan.
Air Terjun Dwi Warna berada di ketinggian 1270 mdpl, tak heran suhu di sini akan terasa sangat sejuk dan dingin. Air terjun ini bersumber dari Gunung Sibayak. Ketika anda sampai di sini, anda akan disambut dengan megahnya panorama alam karunia tuhan. Air terjun dengan dua warna yaitu warna putih keabu-abuan dan biu muda, ditambah lagi terdapat 3 buah air terjun dalam satu lokasi tersebut, sangat luar biasa. Kedua warna itu pun masing-masing memiliki suhu yang berbeda, hangat pada warna putih keabu-abuan, dan dingin pada biru muda.


32. Air Terjun Tanjung Raja


Air terjun ini tersembunyi jauh dari perkotaan, tepatnya berada di Kecamatan Sinembah Tanjung Muda Hulu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Medan atau 30 menit dari Danau Linting, suatu objek wisata eksotis lainnya yang masih berada di kecamatan ini.

Keberadaannya yang sedikit tersembunyi dan ditambah pepohonan yang rindang dan air yang masih bersih dan jernih membuat keberadaan Air Terjun Tanjung Raja terlihat masih asri dan alami. Adanya bebatuan-bebatuan besar di sekeliling air terjun ini juga menambah kesan eksotis pada Air Terjun Tanjung Raja ini.

Yang unik, meskipun Air Terjun Tanjung Raja tidak seberapa tinggi, tetapi adanya bebatuan yang seakan terukir di dinding air terjun secara alami karena gerusan air yang mengalir menambah eloknya pemandangan. Beberapa bebatuannya terbentuk seperti tangga bertingkat dan bebatuan yang teraliri air dari air terjun ini tidak licin dan berlumut, bebatuannya terasa kesat di kaki. Jadi tidak perlu khawatir terpeleset.

33. Air terjun Pelangi Indah

 Air Terjun Pelangi ini terletak di Desa Tanjung Timur, Deli Serdang, Sumatera Utara. Untuk sampai ke air terjun ini hanya membutuhkan waktu lebih kurang 2 jam saja dari Medan. Atau 30 menit saja dari Wisata Alam Danau Linting. Jika anda datang dari kawasan kota Medan, dari Danau Linting, anda tinggal lurus saja mengikuti jalan utama, terus saja sampai anda menemukan simpang 3, pada persimpangan tersebut silahkan anda belok kanan, lurus kembali sampai menemui simpang dua, lalu belok kanan kembali. selanjutnya anda bisa tanya warga sekitar mengenai lokasi Air Terjun Pelangi ini. Bisa anda lihat denah sederhana ini dibawah ini. Disarankan anda menggunakan Sepeda Motor saja.

34. Pemandian Alam Pangkal Namu Sira-Sira Sei Bingei


Sekitar 18 km dari Binjai atau 30 menit berkendara roda empat, kita akan menemukan sebuah tempat wisata asri. Ia dinamakan Pemandian Alam Pangkal Namu Sira-Sira, terletak di Desa Blinteng dan Durian Lingga, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Pemandiaan alam ini sebenarnya adalah Bendungan Irigasi Namu Sira-Sira, yang dibangun untuk mengairi sawah petani, air yang jernih dan bersih serta pesona alam yang indah membuat bendungan irigasi itu menjadi salah satu objek wisata yang ramai dikunjungi pada hari libur.

Namu Sira Sira, menyajikan kesegaran dan kesejukan udaranya. Walaupun kawasan ini merupakan proyek bendungan irigasi yang mampu mengairi 1,7 juta hektar lahan sawah, tapi lokasi ini cukup indah untuk dikunjungi. Karena, selain memiliki derasnya arus air sungai di bendungan irigasi, namun juga memiliki keindahan panorama alam yang masih asri.

Selain melihat pemandangan bendungan irigasi namu Sira-Sira, sobat juga bebas memanjakan diri di hulu sungai yang dangkal berbatu. Menikmati derasnya arus Sungai Bingai yang membelah Kecamatan tersebut. Yang tidak kalah penting, sobat juga bisa menikmati kesejukan air sungai, bagi sobat yang gemar berolah raga rafting (arung jeram) juga bisa menguji adrenalin di tempat tersebut.

35.Pemandian Alam Pulo Sari Tuntungan.


Pemandian yang satu ini sudah dikenal oleh masayarakat Medan puluhan tahun lalu. Sebelum banyak tempat pemandian Alam banyak di buka untuk berwisata, pemandian Tuntungan dulu menjadi yang paling favorit bagi masyarakat Medan. Namun seiring berjalannya waktu dan perkembangan Kota Medan yang pesat, kini sungai Tuntungan sudah tampak tidak lagi alami dan jernih. Itulah mengapa Pemandian yang berada posisinya didekat Pusat kota menjadi sepi pengunjung seperti pemandian yang satu ini. Lokasinya persis di simpang Tuntungan arah kanan kalau dari Kota Medan.

36. Paket Wisata Tangkahan


Tempat ini menjadi terkenal sejak dimulainya penagkaran Gajah Sumatera. Lokasinya di Desa Namo Sialang dan Sei Serdang. Ekowisata Tangkahan hadir di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser yang terletak di Kabupaten Langkat. Tangkahan mulai ramai dikunjungi karena panorama alamnya yang menakjubkan dan kesegaran udara yang disuguhkan membuat siapa saja betah berlama-lama di sini. Sambil mandi Anda bisa ikut memandikan Gajah, mengunjungi air terjun dan masih banyak lagi wisata alam lainnya. Tempat ini sangat recommended banget buat wisatawan mancanegara selain Bukit Lawang.Fasilitas yang super lengkap seperti penginapan, disarankan untuk memilih paket wisata untuk beberapa hari.

37. Pemandian Air Panas Lau Sidebuk-Debuk


 Lau Sidebuk-debuk merupakan sebuah desa yang memiliki sumber air panas dengan kandungan belerang. Belerang ini sangat bagus untuk kesehatan kulit. Dapat menghaluskan, menghilangkan gatal-gatal serta alergi pada kulit. Banyak pengunjung Lokal maupun wisatawan asing berkunjung ketempat ini untuk Relaksasi menikmati kehangatan air belerang di tengah dinginnya udara pegunungan. Lau sidebuk-debuk terletak lebih kurang 10 Km dari Bandar Baru menuju Berastagi, di kaki Gunung Sibayak yang memiliki ketingggian sekitar 2.100 km dari permukaan laut. Lau Sidebuk-debuk tepatnya berada di wilayah Karo, Sumatera Utara. Sumber mata air panas muncul melalui retakan dari aliran lava di daerah selatan gunung api Sibayak.  

38.Wisata Dan Pemandian Alam Bukit Lawang


Bukit Lawang merupakan tempat wisata alam di kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara. Tempat yang terkenal dengan arus sungainya yang deras dan jernih dan tempat pengamatan Orang utan Sumatera semi-liar di kawasan hutan lindung Taman Nasional Gunung Leuser. Orangutan Sumatra (Pongo abelii) adalah salah satu dari dua spesies orangutan di Indonesia dan hanya dapat ditemukan di pulau Sumatera. Selain mandi, banyak hal yang bisa Anda lakukan disini seperti : trekking, melihat satwa orang utan, tubing, caving, dan mandi di air terjun. Fasilitas penginapan pun sudah tersedia bagi anda yang ingin melewatkan malam di Bukit Lawang.


39. Wisata Alam Simolap Marike , Pemandian Air Panas Sei Murak, Gua Gelap Gua Terang, Air Terjun Sampuran Ganjang.


Desa Kuta Gajah sebagai desa sentra pengembangan wisata alam Simolap secara posisi berlokasi di Daerah Aliran Sungai (DAS) Sei Wampu yang kerapdigunakan sebagai lokasi arung jeram (rafting). Wilayah pengembangan utama terletak di dusun Kinangkong, diantara sungai Wampu dan Murak. Disinilah Sumber air panas Simurak berada.

Selain itu terdapat gua yang memiliki beberapa lorong untuk masuk dan lokasi air terjun Sampuran Ganjang dekat dengan pintu masuk ke kawasan Taman Nasional Gunung Leuser. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 7 hingga 15 m yang jatuh dan kemudian mengalir ke dalam gua. sangat Eksotis !




40. Air Terjun Namu Belanga


Air terjun Namu Belanga adalah salah satu wisata air terjun yang dimiliki oleh propinsi Sumatra Utara. Air terjun namu belanga yang terletak di kabupaten Langkat Sumatra Utara ini menjanjikan pemandangan alam yang menyejukkan bagi para wisatawan baik wisatawan asing maupun wisatawan  dalam negeri. Ada banyak keunikan yang dapat sobat temui di air terjun namu belanga ini seperti jumlah debit air yang berbeda-beda di setiap waktunya, namun jumlah debit air di air terjun ini tidak pernah surut di musim kemarau sekalipun. Adanya susunan tebing curam dengan tinggi sekitar 6-8m dan bebatuan yang beberapa ditumbuhi lumut di tepi air terjun menjadikan suasana menyenangkan untuk sobat berada berlama-lama di tempat tersebut. Kejernihan dan kesegaran air di air terjun ini membuat sobat mampu melihat bagian dasar air terjun saat sobat melakukan olahraga snorkeling atau hanya sekedar berenang. Karena kejernihan airnya yang sangat dijaga oleh warga daerah sekitar, jika kita berkunjung ke tempat ini hendaknya kita juga ikut menjaga kebersihan lingkngan dengan tidak membuang sampah sembarangan.Air terjun namu belanga ini dapat ditempuh dengan jalur darat menggunakan motor atau mobil pribadi dengan lama perjalanan sekitar dua jam dari kota Binjai, Langkat, Sumatra Utara.

40 Tempat Wisata Pemandian Alam Pemandian Air Panas Air Terjun Danau Di Sekitar Dekat Kota Medan Deli Serdang Binjai Langkat Sumatera Utara

Wisata  alam merupakan wisata favorit dari dulu. Selain memandang indahnya alam dan sejuknya udara, wisata alam merupakan wahan alam yang sangat cocok untuk menyegarkan badan, karena kita bisa menghirup sejuknya udara, menghilangkan penat selama dalam penat selama dalam pekerjaan, bahkan tak jarang kita bisa mandi sepuasnya di alam terbuka bersama keluarga dan teman teman. Di wilayah sekitar ibukota provinsi Sumatera Utara, Medan. Banyak tempat wisata pemandian alam, pemandian air panas bahkan air terjun yang eksotik dan danau ini tersebar di Kabupaten Deli Serdang, Binjai, dan Langkat  Ketiga wilayah ini merupakan daerah hulu sungai dan pegunungan. Ke 40 tempat wisata pemandian ini sudah dikelola oleh masyarakat setempat, sehingga kita tidak usah khawatir akan keselamatan dan keamanan lokasinya. bahkan beberapa tempat menjadi ikon wisata Sumatera Utara

1. Pemandian Alam Barbar Sari


Pemandian alam Babarsari terletak di wilayah Tuntungan  kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara , sekita 25 km arah Berastagi belok kanan ke arah Tuntungan, lokasinya tidak jauh asal kota Medan. atau 7 km dari Simpang Tuntungan arah Kutalimbaru. Tempatnya yang masih asri, membuat lokasi pemandian sangat nyaman bagi anak anak, pengelolaan tempat yang baik seperti fasilitas yang lengkap pondok istirahat yang bersih, musholla, tempat parkir, keamanan, akses menuju tempat lokasi dan masyarakat sekitar juga berpartisipasi menjual hasil kebunnya dan buah buahannya dengan harga yang sangat murah. Ini adalah bukti bahwa pemilik lokasi ini lebih memberikan kepuasan pengunjung daripada yang lainnya.

Ditempat wisata ini Anda dapat berenang sepuasnya di sungai yg tak terlalu deras dan  airnya cukup bening dan  tidak perlu khawatir tiba-datang terjadi banjir yg relatif deras karena di bagian hulu/ bukit barisan terjadi hujan lebat, yg berarti cukup aman bagi anda dan  famili berenang sepuasnya dengan tarif tiket masuk yg relatif murah. Cukup dengan tiket masuk Rp 25,000 per mobil  sudah bisa masuk lokasi dan dengan membayar pondok istirahat Rp 50.000 , sobat bisa berkumpul bersama keluarga dan menyegarkan diri mandi di alam terbuka dengan air yang sangat jernih dan tidak membahayakan bagi anak anak.

2. Pemandian Alam Karomah Sembahe


Letak Pemandian Karomah tepatnya di Desa Mbelin Kec. Sibolangit  Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara. Tempat pemandian ini menjadi idola baru bagi para wisatawan lokal. Air yang sangat dingin karena berasal dari pegunungan langsung. Lokasi pemandian airnya agak deras dan batu batu yang besar membuat tantangan sendiri. Namun berhati hati jika Anda membawa anak kecil harus tetap didampingi. Seperti lokasi pemandian pada umumnya fasilitas pondok/ gubuk pinggir kali, musholla yang luas, kamar mandi, tempat parkir juga tersedia dan layak pakai.


3. Wisata Alam Armaya Nature


Wisata Armaya Nature terletak di Desa Sukarende Kec. Kutalimbaru, Pancur Batu Deli Serdang. Sejak berdiri 2010 yang lalu, lokasi wisata ini menawarkan berbagai wahana alam yang sangat mengesankan. Tempatnya sangat indah, sejuk dan tentram, sehingga bisa menghilangkan penat dan beban fikiran saat bekerja. Ditempat ini Anda bisa berolahraga, berkuda, memancing , mandi dan lain lain. Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang ingin berwisata alam bersama komunitas. Fasilitasnya sangat lengkap mulai dari kolam renang, tempat pemancingan, lapangan rumput yang luas, tempat parkir dan restoran dan lain lain.


4. Pemandian alam Agape Jalan Talun Kenas


 Terletak di Dusun III Namo Pecawir - Jl. Besar Talun Kenas, Kab. Deli Serdang, 15 Km dari Medan, Pemandian Alam AGAPE merupakan salah satu sungai yang suasananya masih asri dan pemandangan yang indah akan membuat liburan keluarga anda semakin seru. Untuk menuju lokasi ini dapat menggunakan: KPUM P24 dari simpang Pos - menuju Deli Tua - Talun Kenas, dan Titi Kuning - Menuju Deli Tua - Talun Kenas. Juga bisa menggunakan Angkot Rajawali dari Amplas - menuju Talun Kenas. Disampaing Anda bisa mandi sepuasnya di sungai Agape, Fasilitas yang disediakan Kolam Pancing Keluarga, Kebun Jambu Kelutuk (Bisa Petik Sendiri), Kebun Jambu Air (Bisa Petik Sendiri), Camping Area , Tempat Parkir yang luas.


5. Pemandian Alam Sarilaba Biru Indah Sibiru-biru


Pemandian Alam Sibiru-biru tepatnya terletak di Kecamatan Sibiru-biru, kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Untuk dapat sampai dilokasi ini, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil, sepeda motor dan angkutan umum. Hanya satu angkutan umum yang bisa mengantarkan anda sampai ke objek wisata Biru-biru ini yaitu Angkot KPUM D95. Waktu yang dibutuhkan hanya sekitar  1-1.5 jam perjalanan dari kota Medan. Untuk tiket masuknya anda akan dikenakan biaya sekitar 5000-10000/orang. Pantai Sibiru-Biru ramai dikunjungi pada saat hari libur seperti minggu serta hari libur besar lainnya. Tempatnya cukup asik dan sejuk, disini juga anda bisa melakukan berbagai aktifitas seperti mandi dan berenang disungainya, Mancing, serta acara bakar-bakar ikan, seperti yang saya lakukan bersama teman.

6. Pemandian Alam Namorambe


Lokasinya berada di Kecamatan Namorambe Deli Serdang, pemandian alam di Namorambe justru menawarkan suasana privat yang lebih. Karena tempat ini sangat jauh dari hiruk pikuk kendaraan yang lalu lalang.spot pemandian yang bisa Anda coba disepanjang jalan Namorambe. Anda bisa pilih salah satu, cukup bayar parkir dan sewa pondok. Untuk menuju lokasi ini, akses yang paling mudah dan paling bagus adalah melalui Jalan Karya Jaya Medan Johor. Dari perempatan Lapangan Sejati atau Rumah Sakit Mitra Sejati kamu lurus aja hingga ketemu desa Namorambe. Jaraknya sekitar 15 hingga 20 kilometer. Untuk menuju lokasi ini kamu harus naik kendaraan pribadi, untuk akses jalan nya terbilang mulus.

7. Pemandian Putri Hijau


Berbeda dengan pemandian alam pada umumnya, Pemandian Putri Hijau bernama Pancuran Gading yang berada di desa Pamah, Deli Tua. Kecamatan Namorambe kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara merupakan pemandian yang mempunyai nilai sejarah. Keampuhan mandi air Putri Raja (Putri Hijau) bisa mengubah nasib, banyak dipercaya banyak kalangan. Mulai orang Melayu, Batak hingga orang Tiongkok pun banyak datang ke sini minta rezeki, jodoh dan kesembuhan.Selain itu khasiat air dari tempat pemandian ini dipercaya juga dapat menyembuhkan berbagai.penyakit. Bentuknya hanya sebuah kolam dengan pancuran air, sehingga jika Anda berkunjung kesini tidak bisa menikmati keindahan alam, namun tempat ini merupakan salah satu situs cagar budaya di sekitar kota Medan.

8. Pemandian Alam Sembahe


Pemandian ini merupakan salah satu pemandian tertua di Medan. Letaknya persis pinggir  lintas jalan Medan - Berastagi. Letaknya di Desa Sembahe Kec. Sibolangit Deli Serdang. Anda . Alam Sembahe ini hampir sama dengan kebanyakkan sungai lain yang pernah dilihat namun karena letaknya di daerah pegunungan inilah yang membuat daya tarik tersendiri oleh pengunjung. Jika para wisatawan ingin berwisata ke tempat ini, para wisatawan akan merasakan kesejukan dan deinginnya air di Pemandian Alam Sembahe tersebut. Aliran sungai ini tidak terlalu besar, dengan bebatuan yang menghiasi sungai ini, air sungai ini sangat jernih sehingga para pengunjung dapat berendap sepuasnya di sungai ini. Waktu yang cocok untuk berendam adalah pagi hari, ketika matahari baru menyingsing, setelah berendam anda dapat berjemur di atas bebatuan yang ada di sungai ini, sambil menikmati hangatnya sinar matahari. Selain itu udara di Sembahe pun masih asri, karena merupakan kawasan pedesaan dan bagian dari kaki pengunungan Bukit Barisan. Pengunjung bisa duduk-duduk di pondok yang ada di tepi sungai.

9.  Pemandian alam Sini Suka Biru Biru.


Pemandian ini masih belum terlalu dikenal oleh masyarakat dan pengelolaannyapun masih sederhana, lokasinya Di Desa Sari Laba Jahe, Biru-Biru, Deli Serdang


 10. Pemandian Alam Ketaren Group


Pemandian alam ketaren satu lokasi dengan taman wisata Ketaren Group, berada + 20 km dari pusat kota Medan ke arah Berastagi. Tempat ini ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal untuk menikmati suasana taman rekreasi dan  pemandian sungai yang sejuk airnya dan jarak serta waktu tempuh menuju objek relatif tidak lama serta mudah dijangkau. Biasanya Warga kota Medan, Deli Serdang, Binjai dan Langkat yang hobi rekreasi dan melihat keindahan alam pasti selalu mengunjungi dan mencari tempat-tempat wisata yang indah dan asri yang menurut meraka Taman rekreasi dan pemandian Alam Ketaren cocok untuk keluarga mereka. Lokasinya di Desa Perpanden ada satu taman rekreasi Ketaren Group yang di kelola oleh  putra daerah setempat, suku Karo Marga Ketaren di tanah milik mereka seluas 2,5 Ha yang di tata dengan rapi indah dan asri. Lokasi taman rekreasi tersebut terletak di Kecamatan Kutalimbaru kabupaten Deliserdang Propinsi Sumatera Utara.Taman rekreasi dan pemandian alam Ketaren Group setiap hari libur menyediakan pentas hiburan untuk para pengunjung yang hobbi music dan dapat bernyanyi bersama-sama maupun request lagu dapat dinyanyikan oleh artis- artis ibu kota medan  diiringi music Ketaren Group sambil menikmati indahnya panorama alam dan lambaian pohon hijau. Terkhusus dihari biasa Taman rekreasi ketaren group juga buka tanpa ada pengutipan bayaran tiket masuk dan bagi wisatawan yang ingin mengadakan  acara ulang tahun, arisan keluarga, dan pertemuan- pertemuan lainnya  di Taman rekreasi Ketaren tersebut dapat dilakukan  dengan cara menghubungi marketing dari Taman Rekreasi tersebut. Fasilitas yang disediakan tergolong lengkap mulai tempat parkir, restoran, musholla dll.

11. Pemandian Alam Batu Katak, Bohorok, Langkat 


Wisata Batu Katak yang berlokasi di kabupaten langkat, Kecamatan Bahorok, simpang empat pasar bahorok sebelah kiri kalau kita menuju wisata bukit lawang yang sudah sangat terkenal itu, dan dari simpang empat pasar bahorok kita akan menempuh perjalanan  sekitar 8 km selama 30 menit menuju lokasi objek wisata batu katak dengan rata-rata kecepatan kendaraan yang kita gunakan seperti  sepeda motor, jasa ojek trail, becak, atau mobil pribadi yaitu 30 km/jam.
 Lokasi wisata ini tidak jauh dari Objek Wisata Bukit Lawang yang sudah terkenal sampai ke manca negara. Objek Wisata Batu Katak ini jaraknya hanya ± 7 km dari Pekan Bohorok atau ± 80 km dari kota Medan. Perjalanan ditempuh dari Medan – Binjai – Pekan Bohorok – Batu Katak. Dari Simpang Pekan Bahorok ke kiri dan terus saja, sampai di penghujung maka jumpa dengan objek wisata ini. Lama perjalanan dari kota Medan menuju lokasi wisata batu katak ± 2 1/2 jam.

    Suasanya sangat nyaman pada hari-hari tertentu, jika tidak banyak pengunjung.
    Pepohonan yang rindang dan sejuk karena merupakan hutan Lauser.
    Terkadang tampak binatang siamang yang bergelantungan di pohon
    Sebagian arus ada yang deras dan ada yang tenang
    Khusus anak-anak juga bisa, karena ada yang hanya sebatas betis orang dewasa, sehingga aman bagi anak-anak.
    Airnya sangat jernih dan segar.

    Tiket masuk per orang : Rp.3.000,-
    Parkir Kendaraan Roda 4 : Rp.10.000,-
    Parkir Keandaraan Roda 2 : Rp 5000,-
    Sewa Tenda : Rp.20.000,-
    Sewa Ban : Rp.15.000,-
    Penginapan tersedia, per kamar : Rp.100.000,- s/d 150.000,- (Fasilitas : Extabed, Kipas angin, Kamar Mandi)
    Makanan dan Minuman, tersedia di warung, harga relatif dan masih terjangkau

12. Pemandian Pantai Salju, Bangun Purba

Entah kenapa disebut Pagar Salju, yang jelas objek wisata air ini tetap mengasyikkan untuk dikunjungi sama seperti destinasi wisata lain di Kabupaten Deli Serdang. Berada di Desa Mabar Kecamatan Bangun Purba, Pemandian Pagar Salju memang sangatlah rugi bila tak dikunjungi. Kesegaran air nan dingin mampu membuat anda menggigil kedinginan.
Pantai Salju atau Pantai Bela di Kecamatan Bangun Purba, Deli Serdang, Sumatera Utara. Selain memanjakan tubuh, dapat juga memanjakan pemandangan alam desa lengkap dengan bebatuan. Ketika bertemu dengan pantai, sebenarnya bukanlah pantai laut, tapi karena air bersih dan sungainya luar, maka bibir sungai seperti bibir pantai. Akan tetapi, warga Bangun Purna menyebutnya pantai. Itulah sebabnya, tempat pemandian yang segar itu dinamakan Pantai Bela atau Pantai Salju.Pengelolaan Pantai Salju dan Pantai Bela itu dilakukan oleh warga setempat dengan membayar Rp.15.000 atau kadang Rp.25.000 per mobil berikut orang yang didalamnya. Harga tergantung nego dan tidak ada patokan yang resmi.

13. Pemandian Alam Lau Sigembur


Pemandian Alam Lau Sigembur berada di Desa Simada-mada Kecamatan STM Hilir, jaraknya + 31 km dari Kota Medan, Dari kota Medan, atau  perjalanan selama 1 jam 15 menit, melewati Simpang Terminal Amplas, Patumbak, desa Talun Kenas, desa Siguci. Kecamatan STM Hilir ternyata memiliki pemandian alam nan asri. Letaknya yang jauh dari keramaian membuat objek wisata Deli Serdang ini masih terawat dengan sangat baik. Anda dapat menikmati segarnya air sungai yang mengalir diantara bebatuan seraya menikmati suguhan pemandangan nan hijau sejauh mata memandang.


14.Pemandian Air Panas Embun Pagi Penen


Pemandian Air Panas Embun Pagi terletak di di Desa Penen, Kecamatan Sibiru-biru, Kabupaten Deli Serdang, di Sumatera Utara. Pemandian Air Panas Embun Pagi Penen berbeda dengan tempat wisata sejenis lainnya di Deli Serdang. Penen berada di Desa Penen Kecamatan Sibiru-Biru. Air yang bersumber dari proses geologi ini mengandung unsur belerang dan suhunya cukup panas. Banyak pengunjung percaya bahwa Belerang dapat menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit kulit.Pemandian tersebut menawarkan pemandangan alam yang asri, suasana pedesaan yang masih terjaga, dan adanya sumber mata air panas.Selain kolam buatan juga ada kamar mandi dan ruang ganti baju, dan area parkir yang sudah disediakan untuk mobil dan sepeda motor. Biaya masuk ke Pemandian Air Panas Embun Pagi juga terjangkau, yaitu sebesar Rp 5 ribu.Pengunjung sudah bisa mandi sepuasnya dan memilih pondok-pondok yang disediakan untuk istirahat atau memakan bekal makanan.

15. Pemandian Alam Casanova Indah

Walaupun tempat pemandian ini sering dikunjungi muda-mudi yang sedang kasmaran, namun tidak menyurutkan pengunjung yang membawa keluarga berkunjung ke pantai ini. Lokasinya di Jalan Pantai Kasan, Kec. Patumbak, Deli Serdang, benar-benar memiliki tempat wisata yang tak jauh berbeda dengan mengandalkan potensi alam. 

Pemandian Kassanova telah menjadi favorit bagi para pengunjung karena kesegaran airnya yang terasa langsung masuk ke tulang. Hanya dengan Rp 15 ribu , Anda sudah mendapatkan sewa Pondok/gubuk terbuka, pondok dengan penutup terpal 20 ribu, pondok dengan pintu kayu dan yang berbentuk kamar Rp 30 ribu.

16. Pemandian Alam Sari

Pemandian ini masuk ke dalam Desa Sukadene Kecamatan Kutalimbaru sama seperti Pemandian Alam lainnya yakni Sue Bagan Tualang dan Taman Rekreasi Ketaren Group. Pemandian alam ini tak jauh berbeda dengan yang lain, selain menikmati kejernihan dan kesegaran airnya, anda juga dapat merasakan nikmatnya kuliner di sekitar bibir sungai.

17. Air Terjun Sampuren Putih, Sibolangit


Lokasinya bisa ditempuh dari  Pemandian Air panas Penen,menempuh perjalanan sekitar 12 km, Tepatnya diberlokasi di di Desa Cinta Rakyat/Basukum, Kecamatan Sibolangit Kab. Deli Serdang. Konon, air terjun ini memiliki 7 kelokan atau di sebut 7 tingkat. Namun, 6 tingkat lainnya tidak bisa kita lihat dari bawah air terjun. kita harus naik ke puncak dan meihatnya dari atas. tapi... tidak mudah untuk mendaki puncak itu karna tergolong angker. Dan kalau kita mandi di air terjun itu, kita tidak boleh dekat denagn pusaran air itu. Karna kita bisa tersedot oleh derasnya arus air yang dalamnya 12 m.

18. Air Terjun Siluman, Langkat.

Air Terjun Siluman berada di lokasi Desa Garunggang, Langkat. Untuk menuju ke lokasi wisata, Anda dapat menggunakan jasa Pemandu Track Alam Rumah galoh (Petar), Pemandu Goa dan Pemandu PJ yang berada di sepanjang jalan Desa Rumah Galuh. Akses jalan menuju kawasan objek wisata dari Medan sudah cukup bagus. Hanya saat di Desa Garunggang yang sulit. Dari desa Garunggung sepanjang 4 kilometer, ditambah tracking melewati jalan yang curam, jalan dengan kondisi tanah berlumpur dan licin sepanjang 6 km, kemudian jalan kaki sepanjang 4 km karena akses jalan berlumpur yang dalam.
Keindahan Air Terjun Siluman tidak memiliki kepastian, namanya saja sudah siluman, tiba-tiba ia memunculkan diri, kemudian bisa hilang seketika.Beningnya air kolam yang seperti kaca saja, sudah dapat memberikan kesenangan tersendiri. Jika dilihat dari atas, alirannya terhimpit batu besar. Sehingga jika tidak sedang banjir, aliran airnya sedikit sehingga tidak tampak seperti air terjun. Tempat ini pun baru ditemukan tahun 2012 dan dibuka akses untuk wisatawan pada 2013.

19. Air Terjun Tongkat, Sei Bingei


Disebut air terjun tongkat karena ada sebuah kayu yang bersandar di tebing air terjun ini. Selain kayu yang berdiri dan bersandar, ada banyak kayu besar yang berada di bawah. Kayu-kayu besar yang mulai lapuk itu sekaligus menajdi tempat untuk bersantai menikmati keindahan alam di air terjun tongkat ini. Lokasinya bisa ditempuh jika Anda dari Langkat, menuju ke Binjai lalu menuju ke Namo Ukur Pekan. Jika bertemu dengan Kantor Polisi Sei Bingei,akan muncul papan petunjuk  3 KM sebelum sampai dilokasi. Perjalanan yang sulit dengan menapaki tangga harus Anda lalui. Jika ingin menuju ke lokasi ini persiapkan fisik, bekal dan mental yang kuat. Airnya yang bening demikian menggoda untuk bermain-main didalamnya sembari melepaskan

20. Pemandian Alam Rumah Galuh (PELARUGA), Kolam Abadi ,Air Terjun Teroh-Teroh


Masih di lokasi Sei Bingei, tepatnya di Desa Galuh, Kecamatan Namu Ukur, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.Untuk menempuh lokasi ini, kita membutuhkan waktu paling lama satu jam perjalanan dari Kota Medan menuju Kotamadya Binjai.  Kemudian dari Binjai sekitar satu sampai satu setengah jam perjalanan lagi. Jadi, kalau di total bisa memakan waktu sekitar 2,5 atau bahkan 3 jam perjalanan total jika berangkat pada saat jam sibuk

 Air Terjun Teroh-teroh foto oleh www.medanwisata.com
Kolam Abadi adalah nama pemandian alamnya,sedangkan Teroh teroh adalah nama air terjunnya. Kolam Abadi memiliki kedalaman  airnya ada yang mencapai 3 meter, tapi kita dapat dengan jelas melihat segala sesuatu di dasar kolam seperti batu dan pasir. Airnya dingin, dan kelihatan kebiruan sangking jernih nya & tembus  hingga ke dasar sungainya. Sedangkan Air Terjun Teroh-teroh tidak terlalu tinggi namun memiliki keindahan tersendiri. Air Terjun Teroh-tero sendiri berasal dari bahasa Karo yang berarti Air terjun Bawah-bawah. Kenapa diberi nama itu ? karena memang Air terjun ini dibawah lembah yang cukup unik. Fegetasi flora dan fauna menaungi kawasan air terjun di kabupaten langkat ini. Hal tersebut membuat temperatur terasa semakin dingin,terlebih bila anda mencelupkan diri ke dalam jatuhnya air Teroh-teroh. Ketinggian air terjun Teroh-tero sekitar 12 meter,percikan air dan bebatuan di sekitarnya terasa begitu alami.


21. Pemandian Alam dan Air Terjun Betala



Air Terjun Betala berlokasi di Desa Sarilaba Jahe Penen, Kecamatan Sibirubiru, Kabupaten Deliserdang Provinsi Sumatera Utara atau sekitar 25 km sebelah selatan kodya Medan.

Menikmati pemandian alam dengan air terjunnya tak banyak pilihan. Selain masih jarang ditemukan pada lokasi yang dekat dengan Kota Medan, belum tentu semua air terjun aman. Pemandian alam Air Terjun Betala, selain relatif mudah dijangkau dan aman, panoramanya masih alami dan airnya segar.

Air terjun Betala masih alami dan relatif aman untuk menjadi tempat rekreasi keluarga. Air yang masih jernih terjun dari ketinggian tebing sekitar 25 meter dengan panorama yang masih asri di sekitarnya. Aliran Sungai Betala di bawahnya aman untuk mandi bersama keluarga dengan dasar yang landai dan dangkal.
Hawa sejuk segar dengan panorama menghijau di sekitarnya merupakan daya tarik tersendiri. Kalau kebanyakan pemandian alam menyisakan air “bekas” konsumsi oleh pengunjung pemandian alam di hulu, namun pemandian Betala menikmati air segar alami yang belum dikonsumsi dari hulu.

22. Pemandian Alam Dan Air Terjun Loknya


Terletak di Desa Bandar Baru, Sibolangit, Bentuk tebing yang tak beraturan juga tidak membuat wisatawan merasa sakit saat berada di bawahnya.Walaupun deras, air terlebih dahulu mengenai bagian tebing yang menonjol tersebut.Keindahan itu tentu membuat wisata pemandian Air Terjun Loknya yang tingginya 25 meter itu, semakin dinikmati, sesuai dengan namanya yang disingkat dari Lokasi Nyaman (Loknya)..Perpaduan wisata air terjun, sungai, pepohonan rimbun, dan suasana pedesaan ada di lokasi wisata Air Terjun Loknya.Di sana wisatawan akan melihat pemandangannya yang indah, ada air yang mengalir begitu jernih, pohon-pohon besar yang rimbun, dan batu-batu besar tidak beraturan.

23. Pemandian Alam Lau Penda, Pancur Batu


Lokasinya tidak jauh dari Armaya Nature, Anda bisa tempuh dari Kota Pancir Batu ke arah kanan (dari kota Medan) kurang lebih 30 menit. Lokasi yang cukup dekat dengan kota Medan bisa menjadi alternatif pemandian baru bagi Anda dan keluarga.

24. Pemandian Alam/Kolam  Lau Kulap, Air Terjun Mentari Pagi, Air Terjun Lau Bengaru,Telagah,Langkat. 


Kolam lau Kulap berasal dari mata air pegunungan langsung dan bisa di tempuh dengan mobil karena jalan yang cukup mulus. Tempat ini menjadi unk karena biasanya pemandian kolam air berada di kota, namun disini juga dibangun wahana air di tengan alam.
 Air Terjun Mentari Pagi 3 Sejoli Foto oleh http://salamsumu.blogspot.com

Selain pemandian kolam, ada juga air terjun Mentari Pagi 3 Sejoli, di Dusun Tanjung Bunga Desa Telagah, Kec. Sei Bingei, Langkat. Walaupun debit airnya kecil namun ketinggian airnya yang diatas 80 meter membuat air terjun ini patut dikunjungi, selain itu pemandangan disekitarnya yang sangat mengagumkan.

Air Terjun Lau Bengaru foto oleh http://salamsumu.blogspot.com

Masih dilokasi yang sama ada lagi Air terjun lau Bengaru, air terjun ini mempunyai ketinggian 25 meter
Ketiga tempat ini tidak berjauhan , semuanya berada di satu Desa Telagah, Langkat.

25. Air Terjun 24 Tingkat, Air Terjun Satu , Batang Serangan Langkat


 Air Terjun 24 Tingkat yang terletak di Desa Sei Musam, Kecamatan Batang Serangan, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara. Air terjun ini memiliki tingkatan hingga 24 tingkatan dengan ketinggian dari lima meter hingga 30 meter. Air terjun yang letaknya tersembunyi dan belum banyak diketahui wisatawan ini memiliki panorama yang indah dan memesona. . Air yang jernih yang meluncur melalui bukit bebatuan membuat pesona tersendiri air terjun ini

Selain Itu ada Air Terjun Satu. Wisatawan yang datang diharuskan memakai pemandu, selain untuk memandu ke tempat objek wisata, pemandu juga yang akan mengeluarkan surat izin (permit) untuk masuk berwisata ke hutan TNGL.
Apalagi, objek wisata Air Terjun Satu di kawasan Air Panas Glugur terbilang baru dan masih belum terekspos karena jaraknya yang jauh dan aksesnya yang ekstrim, jadi jasa pemandu lebih dari dari satu orang sangat direkomendasikan jika tertarik ke tempat ini.
Bukan karena untuk mencapai Air Terjun Satu cukup jauh ke dalam hutan, melainkan medannya yang ekstrim dan tidak tertebak. Dikarenakan air terjun berada di hutan tropis, kawasan hutan hujan, maka akses sering kali tertutup akibat longsor sehingga wisatawan harus berputar melewati akses lainnya, yang hanya diketahui pemandu. Padahal, jika sedang tidak ada longsor, menuju ke Air Terjun Satu hanya 10 menit atau sekitar 100 meter.

26. Air Terjun Saringana


Lokasinya Terletak di Desa Sulkam, Kecamatan Kutambaru Marike, Kabuapten Langkat. Provinsi Sumatera Utara. Air Terjun setinggi 60 meter dengan curahan airnya yang cukup deras serta pemandangan alam sekitarnya yang sangat indah dan memesona menjadikan Air Terjun Saringana merupakan Tempat Wisata Keren Di Kabupaten Langkat yang patut Anda coba.

27. Danau Linting

Danau Linting terletak di Kawasan desa Sibunga-bunga Hilir, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.
Untuk menikmati keindahan serta kesegaran danau traveller cukup membayar uang retribusi sebesar Rp 5 ribu per orang.
Untuk menuju ke lokasi tersebut traveller dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat, namun perlu berhati-hati karena jalan menuju ke Danau tersebut belum benar-benar mulus.
Untuk rute Anda harus melewati Simpang terminal Amplas (Kecamatan Patumbak) kemudian masuk Desa Talun Kenas dilanjutkan ke Desa Siguci dan Desa Kuta Jurung selanjutnya Anda akan sampai di desa Sibunga-bunga Hilir.

28.Air terjun Satu Hati Sibolangit


  Air Terjun Satu Hati memiliki ketinggian sekitar 20 meter dengan debit air yang jatuh cukup deras. Pada Air Terjun terdapat sebuah batang Pohon yang secara tidak sengaja berdiri miring menyandar ke air Terjun tersebut. Sehingga sepintas mirip Air Terjun Tongkat yang ada di Kabupaten Langkat. Udara hutan sibolangit sangatlah sejuk dan Asri, menatap air terjun membuat hati serasa tenang. Sudah sebulan tidak melakukan perjalanan seperti ini. Pengunjung bisa menikmati air terjun ini sambil mandi dibawahnya. Ada satu yang membuat kurang nyaman saat menikmati Air terjun Satu Hati ini, yaitu banyak tumpukan sampah di sekitar air Terjun. Kurang tahu juga dari mana sampah ini berasal, apakah dari para pengunjung ataukah sampah yang hanyut saat banjir.

29. Air Terjun Sikulikap Doulu

Masih tidak terlalu jauh dari Kota Medan menuju Berastagi , Air Terjun Sikulikap atau Sampuren Sikulikap menurut penduduk sekitar adalah sebuah air terjun eksotis yang cantik. Air Terjun Sikulikap berada di Jalan Jamin Ginting Km.54, Desa Doulu, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.Tepatnya berada di bawah Panatapan, sebuah tempat wisata kuliner bagi anak Medan dan sekitarnya yang ada di Berastagi. Tempat ini menyediakan tempat nongkrong, ngopi dan makan jagung bakar serta dapat melihat pemandangan bukit-bukitnya yang indah begitu juga dengan monyet Gibbon.

30. Air Terjun Tarunggang Deli Serdang


 Tidak Jauh dari wisata danau Linting,  Air Terjun Tarunggang ini merupakan salah satu tempat wisata yang berada di Kabupaten Deli Serdang. Tepatnya terletak di Desa Rumah Lengo, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda Hulu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, tepatnya persis berada sebelum lokasi Danau Linting. Air Terjun Tarunggang ini juga memiliki keunikan tersendiri. Air terjun ini memiliki pasir putih yang membuat kita merasa tengah berada di pantai. Meski tidak memiliki air yang jernih, namun Air Terjun Tarunggang ini dapat dijadikan tempat rekreasi dan refreshing di kala penat. Pasalnya, Air Terjun Tarunggang ini masih jauh dari jamahan tangan-tangan usil manusia. Hal ini dibuktikan sulitnya akses menuju air terjun ini. Kita harus melewati hutan dari kebun-kebun untuk sampai ke air terjun ini. Air terjun ini memiliki gua-gua kecil di pinggiran dindingnya. Selain itu, Air Terjun Tarunggang ini memiliki pasir putih yang membuat pemandangan air di sekitar air terjun menjadi selaras. Inilah yang menarik di wisata Air Terjun Tarunggang ini. Air Terjun Tarunggang ini sering dijadikan tempat memancing oleh warga sekitar. Karena letaknya yang berada di balik pepohonan, maka masih jarang wisatawan mengetahui tempat ini. Selain itu, untuk menikmati air terjun secara dekat, kita harus memarkirkan kendaraan kita di dekat rumah warga, karena akses jalan hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki. Kita harus turun ke bawah untuk menikmati keindahan alam ini.

31. Air Terjun Dua Warna

Air Terjun Dua Warna atau Dwi Warna, sebuah objek wisata yang terletak di Desa Durin Sirugun, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara ini memiliki keindahan yang memukau indra visual anda.. Air terjun yang berada di area kaki Gunung Sibayak sekaligus menjadi sumber dari air terjun tersebut benar sangat unik karena hanya dalam satu area saja anda akan dapat menikmati 3 air terjun dengan dua warna sekaligus. Keindahan alam yang luar biasa, sehingga tak perlu kaget ketika bertemu banyak wisatawan.
Air Terjun Dwi Warna berada di ketinggian 1270 mdpl, tak heran suhu di sini akan terasa sangat sejuk dan dingin. Air terjun ini bersumber dari Gunung Sibayak. Ketika anda sampai di sini, anda akan disambut dengan megahnya panorama alam karunia tuhan. Air terjun dengan dua warna yaitu warna putih keabu-abuan dan biu muda, ditambah lagi terdapat 3 buah air terjun dalam satu lokasi tersebut, sangat luar biasa. Kedua warna itu pun masing-masing memiliki suhu yang berbeda, hangat pada warna putih keabu-abuan, dan dingin pada biru muda.


32. Air Terjun Tanjung Raja


Air terjun ini tersembunyi jauh dari perkotaan, tepatnya berada di Kecamatan Sinembah Tanjung Muda Hulu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Medan atau 30 menit dari Danau Linting, suatu objek wisata eksotis lainnya yang masih berada di kecamatan ini.

Keberadaannya yang sedikit tersembunyi dan ditambah pepohonan yang rindang dan air yang masih bersih dan jernih membuat keberadaan Air Terjun Tanjung Raja terlihat masih asri dan alami. Adanya bebatuan-bebatuan besar di sekeliling air terjun ini juga menambah kesan eksotis pada Air Terjun Tanjung Raja ini.

Yang unik, meskipun Air Terjun Tanjung Raja tidak seberapa tinggi, tetapi adanya bebatuan yang seakan terukir di dinding air terjun secara alami karena gerusan air yang mengalir menambah eloknya pemandangan. Beberapa bebatuannya terbentuk seperti tangga bertingkat dan bebatuan yang teraliri air dari air terjun ini tidak licin dan berlumut, bebatuannya terasa kesat di kaki. Jadi tidak perlu khawatir terpeleset.

33. Air terjun Pelangi Indah

 Air Terjun Pelangi ini terletak di Desa Tanjung Timur, Deli Serdang, Sumatera Utara. Untuk sampai ke air terjun ini hanya membutuhkan waktu lebih kurang 2 jam saja dari Medan. Atau 30 menit saja dari Wisata Alam Danau Linting. Jika anda datang dari kawasan kota Medan, dari Danau Linting, anda tinggal lurus saja mengikuti jalan utama, terus saja sampai anda menemukan simpang 3, pada persimpangan tersebut silahkan anda belok kanan, lurus kembali sampai menemui simpang dua, lalu belok kanan kembali. selanjutnya anda bisa tanya warga sekitar mengenai lokasi Air Terjun Pelangi ini. Bisa anda lihat denah sederhana ini dibawah ini. Disarankan anda menggunakan Sepeda Motor saja.

34. Pemandian Alam Pangkal Namu Sira-Sira Sei Bingei


Sekitar 18 km dari Binjai atau 30 menit berkendara roda empat, kita akan menemukan sebuah tempat wisata asri. Ia dinamakan Pemandian Alam Pangkal Namu Sira-Sira, terletak di Desa Blinteng dan Durian Lingga, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Pemandiaan alam ini sebenarnya adalah Bendungan Irigasi Namu Sira-Sira, yang dibangun untuk mengairi sawah petani, air yang jernih dan bersih serta pesona alam yang indah membuat bendungan irigasi itu menjadi salah satu objek wisata yang ramai dikunjungi pada hari libur.

Namu Sira Sira, menyajikan kesegaran dan kesejukan udaranya. Walaupun kawasan ini merupakan proyek bendungan irigasi yang mampu mengairi 1,7 juta hektar lahan sawah, tapi lokasi ini cukup indah untuk dikunjungi. Karena, selain memiliki derasnya arus air sungai di bendungan irigasi, namun juga memiliki keindahan panorama alam yang masih asri.

Selain melihat pemandangan bendungan irigasi namu Sira-Sira, sobat juga bebas memanjakan diri di hulu sungai yang dangkal berbatu. Menikmati derasnya arus Sungai Bingai yang membelah Kecamatan tersebut. Yang tidak kalah penting, sobat juga bisa menikmati kesejukan air sungai, bagi sobat yang gemar berolah raga rafting (arung jeram) juga bisa menguji adrenalin di tempat tersebut.

35.Pemandian Alam Pulo Sari Tuntungan.


Pemandian yang satu ini sudah dikenal oleh masayarakat Medan puluhan tahun lalu. Sebelum banyak tempat pemandian Alam banyak di buka untuk berwisata, pemandian Tuntungan dulu menjadi yang paling favorit bagi masyarakat Medan. Namun seiring berjalannya waktu dan perkembangan Kota Medan yang pesat, kini sungai Tuntungan sudah tampak tidak lagi alami dan jernih. Itulah mengapa Pemandian yang berada posisinya didekat Pusat kota menjadi sepi pengunjung seperti pemandian yang satu ini. Lokasinya persis di simpang Tuntungan arah kanan kalau dari Kota Medan.

36. Paket Wisata Tangkahan


Tempat ini menjadi terkenal sejak dimulainya penagkaran Gajah Sumatera. Lokasinya di Desa Namo Sialang dan Sei Serdang. Ekowisata Tangkahan hadir di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser yang terletak di Kabupaten Langkat. Tangkahan mulai ramai dikunjungi karena panorama alamnya yang menakjubkan dan kesegaran udara yang disuguhkan membuat siapa saja betah berlama-lama di sini. Sambil mandi Anda bisa ikut memandikan Gajah, mengunjungi air terjun dan masih banyak lagi wisata alam lainnya. Tempat ini sangat recommended banget buat wisatawan mancanegara selain Bukit Lawang.Fasilitas yang super lengkap seperti penginapan, disarankan untuk memilih paket wisata untuk beberapa hari.

37. Pemandian Air Panas Lau Sidebuk-Debuk


 Lau Sidebuk-debuk merupakan sebuah desa yang memiliki sumber air panas dengan kandungan belerang. Belerang ini sangat bagus untuk kesehatan kulit. Dapat menghaluskan, menghilangkan gatal-gatal serta alergi pada kulit. Banyak pengunjung Lokal maupun wisatawan asing berkunjung ketempat ini untuk Relaksasi menikmati kehangatan air belerang di tengah dinginnya udara pegunungan. Lau sidebuk-debuk terletak lebih kurang 10 Km dari Bandar Baru menuju Berastagi, di kaki Gunung Sibayak yang memiliki ketingggian sekitar 2.100 km dari permukaan laut. Lau Sidebuk-debuk tepatnya berada di wilayah Karo, Sumatera Utara. Sumber mata air panas muncul melalui retakan dari aliran lava di daerah selatan gunung api Sibayak.  

38.Wisata Dan Pemandian Alam Bukit Lawang


Bukit Lawang merupakan tempat wisata alam di kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara. Tempat yang terkenal dengan arus sungainya yang deras dan jernih dan tempat pengamatan Orang utan Sumatera semi-liar di kawasan hutan lindung Taman Nasional Gunung Leuser. Orangutan Sumatra (Pongo abelii) adalah salah satu dari dua spesies orangutan di Indonesia dan hanya dapat ditemukan di pulau Sumatera. Selain mandi, banyak hal yang bisa Anda lakukan disini seperti : trekking, melihat satwa orang utan, tubing, caving, dan mandi di air terjun. Fasilitas penginapan pun sudah tersedia bagi anda yang ingin melewatkan malam di Bukit Lawang.


39. Wisata Alam Simolap Marike , Pemandian Air Panas Sei Murak, Gua Gelap Gua Terang, Air Terjun Sampuran Ganjang.


Desa Kuta Gajah sebagai desa sentra pengembangan wisata alam Simolap secara posisi berlokasi di Daerah Aliran Sungai (DAS) Sei Wampu yang kerapdigunakan sebagai lokasi arung jeram (rafting). Wilayah pengembangan utama terletak di dusun Kinangkong, diantara sungai Wampu dan Murak. Disinilah Sumber air panas Simurak berada.

Selain itu terdapat gua yang memiliki beberapa lorong untuk masuk dan lokasi air terjun Sampuran Ganjang dekat dengan pintu masuk ke kawasan Taman Nasional Gunung Leuser. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 7 hingga 15 m yang jatuh dan kemudian mengalir ke dalam gua. sangat Eksotis !




40. Air Terjun Namu Belanga


Air terjun Namu Belanga adalah salah satu wisata air terjun yang dimiliki oleh propinsi Sumatra Utara. Air terjun namu belanga yang terletak di kabupaten Langkat Sumatra Utara ini menjanjikan pemandangan alam yang menyejukkan bagi para wisatawan baik wisatawan asing maupun wisatawan  dalam negeri. Ada banyak keunikan yang dapat sobat temui di air terjun namu belanga ini seperti jumlah debit air yang berbeda-beda di setiap waktunya, namun jumlah debit air di air terjun ini tidak pernah surut di musim kemarau sekalipun. Adanya susunan tebing curam dengan tinggi sekitar 6-8m dan bebatuan yang beberapa ditumbuhi lumut di tepi air terjun menjadikan suasana menyenangkan untuk sobat berada berlama-lama di tempat tersebut. Kejernihan dan kesegaran air di air terjun ini membuat sobat mampu melihat bagian dasar air terjun saat sobat melakukan olahraga snorkeling atau hanya sekedar berenang. Karena kejernihan airnya yang sangat dijaga oleh warga daerah sekitar, jika kita berkunjung ke tempat ini hendaknya kita juga ikut menjaga kebersihan lingkngan dengan tidak membuang sampah sembarangan.Air terjun namu belanga ini dapat ditempuh dengan jalur darat menggunakan motor atau mobil pribadi dengan lama perjalanan sekitar dua jam dari kota Binjai, Langkat, Sumatra Utara.
Load Comments

Subscribe Our Newsletter